Comscore Tracker

5 Tips Membuat Ayam Ungkep, Cepat Empuk dan Bumbu Meresap

Perhatikan cara memasaknya yang benar, ya!

Ayam ungkep sering dihidangkan dalam acara besar yang identik dengan acara-acara tradisional. Olahan ayam yang simpel ini disukai banyak orang.

Nah, hal yang menjadi permasalahannya adalah cara memasak ayamnya tidak benar, maka hasilnya akan cenderung keras dan alot. Untuk itu, perlu trik untuk mengakali agar ayam ungkep tetap enak dan tidak alot saat dihidangkan dengan waktu yang lama.

Kalau kamu masih bingung, ada beberapa tips membuat ayam ungkep yang cepat empuk dan bumbunya meresap. Pencinta olahan ayam pasti suka, deh!

1. Pilih ayam negeri dibandingkan ayam kampung

5 Tips Membuat Ayam Ungkep, Cepat Empuk dan Bumbu Meresapilustrasi ayam dan bumbu rempah (Pexels.com/Vanessa Loring)

Pada dasarnya, setiap jenis daging ayam bisa dijadikan dan diolah untuk ayam ungkep. Namun, untuk mendapatkan tekstur lembut dan tidak keras, kamu bisa memilih ayam negeri dibandingkan ayam kampung.

Ayam negeri lebih lembut dan dagingnya tebal dan lembap. Namun, untuk acara-acara tertentu terkadang diharuskan untuk menggunakan ayam kampung. Untuk menyiasati itu, maka kita perlu memasaknya lebih lama daripada ayam negeri.

2. Pastikan bumbu sudah sesuai dengan porsi

5 Tips Membuat Ayam Ungkep, Cepat Empuk dan Bumbu Meresapilustrasi bumbu rempah ungkep (Pixabay.com/Taken)

Sebelum diungkep, alangkah lebih baik jika ayam dimarinasi dengan bumbu terlebih dahulu. Ada berbagai cara memasak ayam ungkep, tetapi agar bumbu lebih cepat meresap ke dalam daging, maka kamu bisa memarinasinya terlebih dahulu. 

Caranya, siapkan wadah berisi daging ayam, lalu masukkan semua bumbu rempah yang digunakan. Kemudian, campur merata semua bahan dengan ayam. Sebaiknya jangan dicampur air selama masa marinasi, ya!

3. Masak ayam dengan api kecil 

5 Tips Membuat Ayam Ungkep, Cepat Empuk dan Bumbu Meresapilustrasi minyak untuk menggoreng (Pixabay.com/Hans)

Siapkan panci untuk mengungkep ayam yang sudah dimarinasi. Gunakan api kecil agar ayam matang sampai ke dalam daging, ya.

Setelah itu, aduk-aduk sampai bumbu tercampur merata. Jika ayam sudah mulai mengeluarkan air atau kaldu, kamu bisa menambahkan air sampai merata menutupi seluruh daging ayam. 

Selanjutnya, tunggu sampai kaldu ayam mulai mendidih. Kemudian, apabila airnya mulai menyusut, segera angkat dan tiriskan sebentar ke dalam wadah.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Ungkep Bumbu Kuning, Stok Lauk selama Ramadan

4. Jangan terlalu lama menggoreng ayam 

5 Tips Membuat Ayam Ungkep, Cepat Empuk dan Bumbu Meresapilustrasi ayam goreng ungkep (Pixabay.com/Jumi Kang)

Selanjutnya ada pada tahap penggorengan ayam. Ayam yang sudah diungkep pada dasarnya sudah matang, tinggal diolah sebentar saja pun sudah cukup.

Untuk tahap penggorengan, ayam ungkep digoreng dengan minyak yang banyak supaya lebih cepat matang. Setidaknya, minyak mampu merendam semua ayam saat digoreng. Gunakan api panas saat menggoreng ayam. 

Jika terlihat sudah agak kuning keemasan, langsung angkat dan tiriskan menggunakan tisu dapur untuk mengurangi kadar minyak dalam daging ayam. Jangan lupa, kamu tidak perlu terlalu lama menggorengnya supaya tidak gosong.

5. Sajikan ayam ungkep goreng dengan kremesan

5 Tips Membuat Ayam Ungkep, Cepat Empuk dan Bumbu Meresapilustrasi kremesan ayam ungkep (Instagram.com/Lestarisahidin)

Ayam ungkep siap disajikan dengan nasi hangat dan lauk lainnya. Biasanya, ayam ungkep ini sering dinikmati dengan kremesan sebagai pengganti kerupuk.

Cara membuatnya pun cukup mudah. Kamu hanya memerlukan bahan, seperti tepung beras, penyedap rasa, tepung sagu, maizena, garam, sedikit kunyit bubuk, dan air secukupnya. Kemudian, campur semua bahan dalam satu wadah.

Pastikan adonan kremesan encer agar bentuknya bersarang dan krispi. Goreng dengan api panas, lalu masukkan adonan sedikit demi sedikit. Jangan lupa untuk membalik adonan agar tidak gosong.

Jika sudah krispi, kremesan bisa langsung diangkat, tetapi tiriskan terlebih dahulu menggunakan tisu dapur agar minyaknya terserap semua. Kremesan pun siap untuk disajikan bersama ayam ungkep goreng.

Ayam ungkep ini memang digemari banyak orang. Bumbu yang kaya rempah dengan cita rasa yang gurih dan enak membuat siapa pun pasti ingin mencicipinya. Kamu bisa mempraktikkan beberapa tips dan trik di atas supaya ayam ungkep makin enak.

Baca Juga: Resep Ayam Ungkep Lezat Tanpa Digoreng, Cocok untuk Pejuang Diet 

Qoni'ah Musallamah Photo Verified Writer Qoni'ah Musallamah

Jika ingin melihat dunia bacalah. Jika ingin diingat dunia menulislah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya