Comscore Tracker

Resep Membuat Ayam Goreng Bumbu Air Kelapa, Dijamin Gurih dan Nikmat 

Cita rasa ayam goreng yang berbeda 

Biasanya ayam goreng dibumbui dengan bumbu ungkep kuning, baik itu bumbu instan atau bumbu olahan. Rasanya pasti sudah biasa, bukan? Nah kali ini ada resep bumbu ayam goreng dengan menggunakan air kelapa. Belum pernah mencoba kan? Mau tahu resepnya seperti apa? Yuk simak berikut ini.

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Membuat Ayam Goreng Bumbu Air Kelapa, Dijamin Gurih dan Nikmat pixabay.com/id/users/StockSnap-894430/

Bahan untuk membuat ayam goreng air kelapa ini lebih simpel dibandingkan dengan ayam goreng ungkep kuning, yakni terdiri dari 500 gram daging ayam, 3 sdm minyak goreng, 5 siung bawang putih, 2 tangkai serai, 1 ruas lengkuas, 5 lembar daun salam, 250 ml Air kelapa, 1 sdm gula merah, 1 buah jeruk nipis, sejumput garam dan merica. 

2. Potong ayam dan bersihkan

Resep Membuat Ayam Goreng Bumbu Air Kelapa, Dijamin Gurih dan Nikmat pexels.com/@jeshoots

Potong ayam sesuai keinginan. Bisa berukuran kecil, sedang atau besar. Daging ayam tidak disarankan untuk dicuci secara langsung karena pada ayam mentah mengandung bakteri campylobscter yang dapat menyebabkan keracunan. Bakteri-bakteri tersebut dapat menyebar ketika ayam dicuci.

Maka dari itu dibutuhkan tips khusus saat mencuci daging ayam, yakni rendam ayam dengan air hangat lalu bilas dengan air mengalir. Usahakan tempat bilas ayam tidak ada alat masak atau alat makan untuk menghindari penyebaran bakteri. Agar ayam tidak bau amis bisa ditambahkan perasan jeruk nipis atau merebus ayam sebentar.

Baca Juga: Resep Ayam Kukus Sambal Matah yang Rendah Kalori, Cocok untuk Diet

3. Masak bumbu dan ungkep ayam

Resep Membuat Ayam Goreng Bumbu Air Kelapa, Dijamin Gurih dan Nikmat pexels.com/@tangjingao

Cara memasak ayam bumbu air kelapa sangat mudah. Caranya dengan haluskan bawang putih lalu tumis. Masukkan daun salam, lengkuas dan serai yang telah digeprek ke dalam wajan. Setelah bumbu wangi, masukkan ayam dan air kelapa. Tidak lupa masukkan bumbu perasa seperti garam, merica, gula merah. Jika kamu suka dengan rasa gurih bisa ditambah penyedap rasa. Masak ayam hingga air dan bumbunya meresap.

4. Menggoreng ayam 

Resep Membuat Ayam Goreng Bumbu Air Kelapa, Dijamin Gurih dan Nikmat www.maangchi.com

Jika bumbu telah meresap, angkat ayam lalu goreng. Agar ayam tidak alot setelah digoreng, tusuk-tusuk daging menggunakan garpu. Buat kamu yang takut minyak meletup saat menggoreng ayam bisa menambahkan garam atau tepung pada minyak panas sebelum ayam digoreng. Gunakan api kecil agar ayam tidak gosong. Jangan sering membolak-balik ayam. 

5. Ayam siap disajikan 

Resep Membuat Ayam Goreng Bumbu Air Kelapa, Dijamin Gurih dan Nikmat pexels.com/@harry-dona

Setelah ayam berwarna cokelat, angkat dan tiriskan. Hidangkan ayam selagi hangat dengan nasi hangat dan sambal bawang. Takaran bumbu disesuaikan dengan selera dan jumlah ayam yang digunakan.

Penggunaan air kelapa ini menghasilkan rasa yang unik. Dijamin rasanya sangat nikmat dan kamu bakal ketagihan. Resep ini bisa menjadi referensi jualan lho. Selamat mencoba.

Baca Juga: Resep Ayam Sisit Khas Bali yang Kaya Rempah, Nikmatnya Bikin Nagih 

rafni Asriani Photo Verified Writer rafni Asriani

Amour Pour Vous

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya