Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Abuih Pucuak Ubi ala Sajian Minang, Sedap Tiada Dua! 

Abuih pucuak ubi adalah nama lain dari daun singkong rebus 

Tak hanya umbinya yang kerap diolah menjadi kudapan, daun singkong pun sedap untuk dijadikan lalapan. Selain mudah dijumpai dan dibanderol dengan harga relatif murah, proses pengolahan sajian berbahan baku daun singkong pun terbilang praktis. Misalnya saja daun singkong rebus yang kerap disajikan di rumah makan Padang.

Nah, ini lho tips agar daun singkong rebus buatanmu gak kalah sedap! 

1. Pilih daun singkong yang masih muda (pada bagian pucuk), cuci sembari diremas-remas 

5 Tips Mengolah Abuih Pucuak Ubi ala Sajian Minang, Sedap Tiada Dua! cookpad.com/farhah

Pilih daun singkong yang masih muda (pada bagian pucuk) sesuai takaran yang hendak diolah. Kemudian, cuci daun singkong tersebut sembari diremas-remas agar kotoran yang sekiranya menempel pada permukaannya dapat luruh, lalu tiriskan.

2. Didihkan air, masukkan daun salam, serai, irisan bawah putih, garam, dan sedikit baking powder apabila air sudah mendidih 

5 Tips Mengolah Abuih Pucuak Ubi ala Sajian Minang, Sedap Tiada Dua! cookpad.com/sakli abdi

Didihkan air sesuai banyak daun singkong. Apabila sudah mendidih, masukkan daun salam, serai, dan irisan bawang putih, lalu aduk merata. Tambahkan garam secukupnya apabila air rebusan tersebut sudah mulai wangi.

Untuk mempertahankan warna hijau pada daun singkong, bubuhkan pula sedikit baking powder saat air sudah mendidih. 

Baca Juga: 6 Lauk Nasi Padang yang Tidak Kalah Nikmatnya dari Rendang 

3. Masukkan daun singkong apabila air sudah benar mendidih. Rebus dengan api sedang

5 Tips Mengolah Abuih Pucuak Ubi ala Sajian Minang, Sedap Tiada Dua! cookingwsheila.com

Masukkan daun singkong apabila air sudah benar mendidih, rebus dengan api sedang, dan biarkan panci atau wajan terbuka (tak ditutup). Pasalnya, panci atau wajan yang ditutup tersebut berpotensi membuat warna daun singkong menjadi kehitaman. Agar matangnya sempurna, balikkan daun singkong apabila warnanya sudah tampak berubah (hijau terang).

Jangan sering mengaduk daun singkong yang sedang direbus agak tekstur aslinya dapat lebih dipertahankan. Angkat jika sudah empuk. 

4. Peras daun singkong pasca ditiriskan. Lalu rendam ke dalam wadah berisi air dingin

5 Tips Mengolah Abuih Pucuak Ubi ala Sajian Minang, Sedap Tiada Dua! cookpad.com

Sesaat setelah meniriskan daun singkong pasca direbus, peras daun singkong tersebut, lalu rendam ke dalam wadah berisi air dingin. Pastikan seluruh permukaan daun singkong dapat terendam. Biarkan beberapa saat.

5. Daun singkong rebus pun siap untuk dihidangkan sebagai lalapan maupun diolah kembali menjadi sajian lain

5 Tips Mengolah Abuih Pucuak Ubi ala Sajian Minang, Sedap Tiada Dua! resepkoki.id/

Daun singkong rebus pun siap untuk dihidangkan sebagai lalapan. Tak hanya itu, daun singkong rebus tersebut pun dapat diolah kembali menjadi tumisan maupun gulai. Sesuaikan saja dengan selera masing-masing.

Baca Juga: 5 Kuliner khas Padang yang Bikin Berdecak Tambuah Ciek!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya