Comscore Tracker

6 Kiat Memaksimalkan Aroma Khas pada Bawang Putih untuk Masakan

Supaya masakanmu jadi makin sedap, nih

Bahan dasar yang satu ini agaknya harus senantiasa tersedia di dapur, terutama untuk mengolah masakan Nusantara. Mulai dari sajian tumis hingga berkuah, kehadiran bawang putih sudah kadung dikenal ampuh untuk memaksimalkan kelezatan masakan.

Nah, rupanya bawang putih tersebut sebaiknya diolah sedemikian rupa supaya fungsinya dapat lebih optimal. Misalnya saja seperti berikut ini.

1. Sebaiknya gunakanlah bawang putih yang masih baru supaya aroma khasnya lebih terjaga

6 Kiat Memaksimalkan Aroma Khas pada Bawang Putih untuk Masakaneconomictimes.indiatimes.com

Makna 'baru' bukan berarti bawang putih yang dicabut belum lama ini, melainkan bawang putih yang baru saja diiris, digeprek, ataupun digerus. Hal ini bertujuan untuk mempertahankan aroma tajam yang khas dari bawang putih tersebut pasca diolah, sehingga citarasa masakan pun dapat lebih maksimal.

2. Alih-alih memakai blender, haluskan bawang putih dengan cara digerus menggunakan cobek dan ulekan

6 Kiat Memaksimalkan Aroma Khas pada Bawang Putih untuk Masakanakc.org

Alih-alih memakai blender, penggunaan cobek dan ulekan agaknya memang membuat bumbu menjadi lebih sedap, termasuk bawang putih. Penggerusan ini akan membuat getah pada bawang putih tersebut keluar lebih banyak. Alhasil, aromanya tentu lebih intens untuk masakan kelak.

3. Namun jika tak sempat, maka cukup geprek bawang putih tersebut

6 Kiat Memaksimalkan Aroma Khas pada Bawang Putih untuk Masakannaturalfoodseries.com

Alternatif lain, terutama apabila tak sempat mengulek bawang putih tersebut, maka geprek (memarkan) bawang putih supaya aroma khasnya tetap dapat dikeluarkan. Pasalnya, aroma inilah yang menyumbang cita rasa masakan nantinya.

Baca Juga: 5 Cara Mudah & Singkat Kupas Kulit Bawang Putih Tanpa Pisau

4. Pasca digerus ataupun digeprek, diamkan bawang putih tersebut selama 5-10 menit

6 Kiat Memaksimalkan Aroma Khas pada Bawang Putih untuk Masakanmedicalnewstoday.com

Mendiamkan (membiarkan terpapar oksigen) bawang putih selama 5-10 menit pasca digerus ataupun digeprek bertujuan untuk membiarkan enzim dalam bawang putih tersebut supaya dapat bekerja lebih optimal guna mengaktifkan senyawa allicin. Alhasil, bawang putih pun dapat lebih maksimal memberikan cita

rasa maupun aroma pada masakan kelak.

5. Tumis bawang putih sebelum minyak menjadi terlalu panas

6 Kiat Memaksimalkan Aroma Khas pada Bawang Putih untuk Masakaninformationng.com

Pastikan untuk menumis bawang putih sebelum minyak menjadi terlalu panas. Sebab, minyak yang sudah terlanjur sangat panas akan membuat bawang putih menjadi matang terlalu cepat, kering, dan aroma khasnya pun sulit keluar, bahkan cenderung rentan gosong.

6. Pakai api kecil saat menumis bawang putih

6 Kiat Memaksimalkan Aroma Khas pada Bawang Putih untuk Masakaneditorchoice.com

Penggunaan api kecil tersebut bertujuan agar aroma khas dari bawang putih dapat menyebar secara merata pada minyak saat ditumis. Hal ini tentu akan membuat bahan-bahan lain dalam masakan olahan tersebut menjadi lebih sedap sebab aroma dan kandungan bawang putih yang meresap lebih sempurna.

Tuh, gampang banget kan? Cobain deh!

Baca Juga: 7 Hidangan Lezat Buat Pecinta Bawang Putih, Bikin Lupa Berhenti Makan!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You