Comscore Tracker

5 Cara Membuat Kaldu Ayam yang Bercita Rasa Intens dan Bebas Amis

Wajib dicoba bagi kamu yang suka hidangan berkuah, nih

Kendati kaldu ayam kemasan yang siap pakai sudah marak dijual, namun tak ada salahnya untuk membuat sendiri kaldu ayam tersebut di rumah. Selain menghindari konsumsi bahan pengawet dalam makanan kemasan, kaldu ayam ala rumahan pun lebih fleksibel sesuai selera.

Caranya ternyata tak sulit, kok. Ikuti saja cara membuat kaldu ayam berikut!

1. Pilih bagian ayam sesuai selera, jangan gunakan ayam fillet

5 Cara Membuat Kaldu Ayam yang Bercita Rasa Intens dan Bebas Amismyjewishlearning.com

Usut punya usut, bagian ayam yang digunakan untuk membuat kaldu akan sangat menentukan cita rasa yang dihasilkan. Misalnya, dada ayam memberikan cita rasa yang lebih intens, sedangkan sayap ataupun paha akan menghasilkan bobot kuah yang lebih intens dengan cita rasa seimbang.

Selain itu, gunakan pula ayam yang masih bertulang (bukan ayam fillet). Tujuannya, supaya cita rasa kaldu dapat semakin kuat.

2. Didihkan air, siapkan bumbu aromatik

5 Cara Membuat Kaldu Ayam yang Bercita Rasa Intens dan Bebas Amiswholefoodrepublic.com

Sembari menunggu air hingga benar-benar mendidih, potonglah ayam ke dalam ukuran kecil yang muat di panci dan siapkan bumbu-bumbu aromatik seperti bawang bombay, daun bawang, jahe, serai, daun jeruk, daun seledri, hingga wortel.

Tujuannya, supaya bau amis dari daging ayam dapat diminimalisir dan cita rasa kaldu pun lebih gurih dengan aroma yang harum.

Baca Juga: Makin Gurih Tanpa Micin, Yuk Bikin Kaldu Bubuk Sendiri di Rumah!

3. Rebus potongan ayam, bersihkan kotoran yang mengambang ke permukaan

5 Cara Membuat Kaldu Ayam yang Bercita Rasa Intens dan Bebas Amisprepdish.com

Apabila air sudah mendidih, masukkanlah potongan ayam tersebut, gunakan pula api kecil untuk merebusnya. Perebusan ini berguna untuk menyaring kotoran yang mengambang ke permukaan. Angkat kotoran tersebut, terus bersihkan hingga tak ada lagi kotoran yang muncul.

Kemudian angkat, buang air rebusan, dan tiriskan ayam. Hal lain yang patut diperhatikan adalah jangan merebus ayam yang masih beku, tunggulah hingga mencair. 

4. Rebus kembali, tambahkan bumbu, dan koreksi rasa

5 Cara Membuat Kaldu Ayam yang Bercita Rasa Intens dan Bebas Amisseriouseats.com

Didihkan kembali air, lalu masukkan ayam yang sudah direbus sebelumnya, serta tambahkan bumbu aromatik yang sudah disiapkan tadi, dan garam. Rebus sekitar 2 jam menggunakan api kecil. Koreksi rasa dengan cara mencicipinya secara berkala, tambahkan pula bumbu lain seperti lada butiran supaya cita rasanya lebih pekat.

5. Jika belum akan digunakan, simpan dalam wadah tertutup dan masukkan ke kulkas

5 Cara Membuat Kaldu Ayam yang Bercita Rasa Intens dan Bebas Amissimplyrecipes.com

Angkat ketika kaldu ayam sudah matang dengan cita rasa sesuai selera. Kaldu ayam ala rumahan pun siap untuk diolah. Nah, jika belum akan digunakan, simpanlah kaldu tersebut dalam wadah tertutup dan masukkan ke kulkas. Kaldu ayam ini dapat bertahan hingga 5 bulan, lho. Ketika akan dipakai, rebus kaldu ayam tersebut untuk mencairkannya.

Gak ribet kan cara membuat kaldu ayam di atas? Ayamnya dapat kamu santap dan air rebusannya pun sedap untuk diolah kelak.

Baca Juga: Cooking 101: Mengenal Bahan Dasar yang Digunakan Dalam Pembuatan Kaldu

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You