Comscore Tracker

Jangan Panik, Segera Cek 7 Bagian Ini Jika Oven Tak Panas Merata

Gak usah buru-buru memanggil petugas reparasi

Kadang masih ada bagian masakan yang belum matang sempurna walaupun sudah menyetel suhu yang pas pada oven. Hal ini disebabkan oleh panas dari oven tersebut memang tak tersebar merata.

Sebelum memutuskan untuk memanggil petugas reparasi, alangkah baiknya untuk terlebih dahulu mencoba memeriksa beberapa bagian pada oven yang berkemungkinan menjadi penyebab tak meratanya panas tersebut. Nah, berdasarkan lansiran dari Foodbeast, inilah 7 bagian tersebut.

1. Elemen bakar

Jangan Panik, Segera Cek 7 Bagian Ini Jika Oven Tak Panas Meratamuneebaashfaq.com

Bagian ini merupakan tabung logam sempit yang terletak di dekat bagian bawah oven. Untuk memeriksa keberfungsian elemen bakar, maka perhatikan kondisinya dengan seksama. Misalnya, adanya lubang yang lecet sehingga menyebabkan gangguan pada penghasilan panas. Lekas ganti elemen bakar untuk mengatasinya. 

2. Igniter

Jangan Panik, Segera Cek 7 Bagian Ini Jika Oven Tak Panas Meratard.com

Igniter (alat penyala) berfungsi menyalakan gas di oven. Ciri igniter yang rusak yaitu menghabiskan waktu lama untuk dinyalakan sehingga berimbas pada suhu. Untuk memeriksa kelayakan fungsinya, maka hidupkanlah oven dan uji kontinuitas listrik alat penyala tersebut menggunakan multimeter. Ataupun, perhatikan saja nyalanya, apabila menyala selama lebih dari 90 detik (tanpa menghidupkan api gas), berarti iginiter tersebut sudah patut diganti.

3. Elemen panggang

Jangan Panik, Segera Cek 7 Bagian Ini Jika Oven Tak Panas Meratasimplyhealthyfamily.org

Mirip seperti elemen bakar, namun bagian ini terletak di bagian atas oven. Elemen panggang juga akan menyala merah apabila dipanaskan dengan tepat. Cara memeriksa keberfungsiannya pun sama dengan elemen bakar.

Baca Juga: 5 Resep Kue Kering Tanpa Oven, Sederhana dan Tetap Enak

4. Sensor suhu

Jangan Panik, Segera Cek 7 Bagian Ini Jika Oven Tak Panas Meratamashed.com

Sensor suhu berfungsi untuk mengatur suhu oven. Bagian inilah yang menjadi penyebab paling umum mengapa panas oven tak menyebar merata. Tepatnya, apabila sensor suhu tersebut kehabisan kalibrasi, maka masakan dalam oven tak dapat matang secara merata. Ujilah kerja bagian ini dengan ohm meter.

5. Papan kontrol

Jangan Panik, Segera Cek 7 Bagian Ini Jika Oven Tak Panas Merataasianfoodchannel.com

Sejalan dengan sensor suhu, papan kontrol bertugas membaca sensor suhu. Apabila sensor suhu tak berfungsi, maka papan kontrol pun tak dapat bekerja dengan pas. Cobalah untuk mengatur ulang papan kontrol tersebut, dan ganti apabila masih tetap tak berfungsi dengan tepat.

6. Elemen konveksi

Jangan Panik, Segera Cek 7 Bagian Ini Jika Oven Tak Panas Meratacanstarblue.com.au

Oven jenis tertentu umumnya memiliki elemen konveksi yang terpisah, guna membantu memanaskan udara yang bersirkulasi di dalamnya. Apabila bagian ini terbakar, maka oven tak mampu menyebarkan panas secara merata. Nah, pakailah multimeter untuk memeriksa kontinuitas listriknya.

7. Konveksi motor

Jangan Panik, Segera Cek 7 Bagian Ini Jika Oven Tak Panas Meratagoodhousekeeping.com

Supaya panas pada oven konveksi dapat tersebar merata, maka udara (yang dialirkan di dalam oven oleh kipas konveksi) harus berfungsi dengan baik. Pastikan motor berputar dengan tepat supaya dapat bekerja dengan tepat. Selain itu, gunakan pula multimeter untuk menguji kontinuitas listriknya.

Begitulah trik memeriksa bagian-bagian oven apabila panasnya tak merata sempurna. Semoga berhasil, ya!

Baca Juga: 7 Perbedaan Oven dan Microwave yang Wajib Kamu Ketahui

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You