Comscore Tracker

5 Tips Cerdas Memasak Tumis Ayam agar Sajian Lebih Sedap!

Bisa jadi ide untuk menu makan siangmu hari ini, nih

Daging ayam dapat diolah menjadi beragam kreasi masakan. Mulai dari digulai, digoreng, dipanggang, hingga ditumis. Kendati tumis ayam terbilang sederhana, namun tetap saja harus disiasati dengan tepat supaya sajian tersebut dapat lebih sedap maksimal. Nah, inilah beberapa tips yang bisa diterapkan!

1. Pastikan bahan-bahan yang akan digunakan masih dalam kondisi bagus

5 Tips Cerdas Memasak Tumis Ayam agar Sajian Lebih Sedap!taste.com.au

Periksa kembali kualitas dari bahan-bahan yang akan digunakan. Mulai dari daging ayam, sayur pelengkap, dan sebagainya. Tujuannya, supaya olahan tumis ayam kelak dapat terhidang dengan optimal, serta menghindari kemungkinan akan keracunan makanan basi.

2. Sebelum dimasak, keringkan bahan-bahan yang akan digunakan terlebih dahulu

5 Tips Cerdas Memasak Tumis Ayam agar Sajian Lebih Sedap!realfood.tesco.com

Misalnya pascamencuci bahan-bahan yang akan digunakan, maka tiriskan atau bilaslah terlebih dahulu melalui diangin-anginkan, diseka dengan tisu makan ataupun paper towel. Tujuannya, supaya bahan-bahan tersebut tak terkesan 'benyek' saat ditumis kelak.

Baca Juga: 5 Olahan yang Sebaiknya Dihindari Saat Sarapan, Perhatikan Ya!

3. Sebaiknya gunakan daging ayam bagian dada dan paha untuk olahan tumis

5 Tips Cerdas Memasak Tumis Ayam agar Sajian Lebih Sedap!allchickenrecipes.com

Untuk olahan tumis ayam, sebaiknya gunakanlah daging ayam bagian dada dan paha. Pasalnya, bagian tersebut memiliki tekstur yang lebih lembut dan juicy, serta cita rasa yang lebih gurih sehingga tumis ayam pun menjadi lebih sedap.

4. Sebelum ditumis, marinasi daging ayam terlebih dahulu agar bumbu lebih meresap

5 Tips Cerdas Memasak Tumis Ayam agar Sajian Lebih Sedap!foodandwine.com

Proses marinasi akan membuat bumbu menjadi lebih meresap ke dalam daging ayam. Bahan untuk bumbu marinasi tersebut dapat berupa aneka rempah ataupun dicampur dengan saus, lalu dibalurkan pada daging ayam atau bahkan merendam daging ayam dalam bumbu marinasi tersebut selama beberapa saat.

5. Tumis daging ayam hingga layu, lalu tambahkan bahan-bahan pelengkap lain

5 Tips Cerdas Memasak Tumis Ayam agar Sajian Lebih Sedap!biamaith.ie

Pastikan minyak sudah panas sesaat akan menumis, sebaiknya gunakan pula api sedang agar tekstur asli daging ayam yang empuk dan juicy dapat lebih dipertahankan. Tumislah daging hingga layu, selanjutnya barulah masukkan bahan-bahan pelengkap. Aduk semua bahan supaya matangnya lebih merata, serta berbau wangi.

Tuh, ternyata gak susah kan? Yuk, sajikan sebagai menu makan siang nanti.

Baca Juga: 7 Tips Mengolah Kikil Supaya Bebas Amis & Tak Alot, Buktikan Sendiri!

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You