Comscore Tracker

Anti Gagal, Patuhi 5 Kiat Membuat Salad Pepaya Muda Ini

Cita rasa segar sekaligus asam, manis, dan pedas

Bahan baku dalam pembuatan salad tak melulu adalah sayuran. Pasalnya, buah seperti pepaya, tepatnya pepaya muda, pun kerap diolah menjadi salad. Sajian ini akan menyuguhkan cita rasa segar sekaligus asam, manis, dan juga pedas. Nah, inilah langkah yang dapat diikuti untuk membuat salad pepaya muda tersebut.

1. Iris pepaya muda dengan potongan memanjang dan tipis, baluri dengan garam sambil diremas-remas, cuci bersih

Anti Gagal, Patuhi 5 Kiat Membuat Salad Pepaya Muda Inihonestcooking.com

Siapkan wadah kosong, dan pepaya muda yang sudah dikupas kulitnya. Iris tipis pepaya muda itu dengan bentuk potongan memanjang berukuran yang tak terlalu tebal (tipis). Selanjutnya, baluri irisan pepaya muda di dalam wadah tersebut dengan garam sembari diremas-remas. Diamkan beberapa saat, lalu cuci hingga bersih.  

2. Sediakan bumbu-bumbu untuk salad, tumbuk kasar semua bumbu secara bertahap

Anti Gagal, Patuhi 5 Kiat Membuat Salad Pepaya Muda Inithai-food-online.co.uk

Sediakan ebi, bawang putih, cabai rawit, dan kacang. Tumbuk kasar semua bahan tersebut. Kemudian, campurkan dengan kacang panjang dan tomat, lalu tumbuk kasar kembali. Usut punya usut, tekstur kasar dari bumbu tersebut ditujukan untuk meningkatkan cita rasa dan aroma dari sajian kelak.

Baca Juga: Resep Membuat Som Tam, Salad Pepaya Khas dari Thailand!

3. Tambahkan beberapa bumbu lain, aduk merata dengan bumbu yang sudah ditumbuk kasar tadi

Anti Gagal, Patuhi 5 Kiat Membuat Salad Pepaya Muda Inibrasswok.com

Selanjutnya, tambahkan gula pasir, kecap ikan, dan perasan jeruk lemon ke dalam bumbu yang telah ditumbuk kasar tadi. Sesuaikan takarannya dengan banyak bumbu. Kemudian, aduk hingga tercampur merata. 

4. Masukkan irisan pepaya muda (dan bahan pelengkap) ke dalam campuran bumbu tadi, aduk merata hingga bumbu meresap

Anti Gagal, Patuhi 5 Kiat Membuat Salad Pepaya Muda Inithespruceeats.com

Langkah berikutnya, masukkan pepaya muda yang sudah diiris tipis tadi ke dalam campuran bumbu tersebut. Bahan lain seperti taoge, irisan timun, dan potongan tomat juga dapat ditambahkan sebagai pelengkap. Aduk merata hingga bumbu tampak meresap. 

5. Simpan di dalam kulkas selama beberapa saat sebelum disajikan untuk meningkatkan rasa segar ketika disantap kelak

Anti Gagal, Patuhi 5 Kiat Membuat Salad Pepaya Muda Inifoodnetwork.com

Salad pepaya muda pun siap untuk disajikan. Santaplah dengan taburan kacang, ataupun tanpa tambahan bahan pelengkap. Kendati demikian, sebelum disantap, disarankan untuk mendiamkannya terlebih dahulu di kulkas selama beberapa saat. Tujuannya, agar cita rasa segar dari salad pepaya muda tersebut menjadi lebih intens. 

Tuh, ternyata gampang banget, ya? Coba sendiri, yuk! 

Baca Juga: 10 Buah-buahan yang Cocok untuk Diolah Menjadi Menu Salad, Segar! 

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya