Comscore Tracker

5 Tips Masak Tumis Kangkung agar Tetap Hijau dan Segar, Bikin Laper!

Terkesan sepele, tapi ampuh, lho

Selain sebagai pelengkap gizi, sayur juga dapat membuat selera makan jadi meningkat. Salah satu menu sayuran yang kerap tersaji yakni tumis kangkung. Pada dasarnya, proses pengolahan tumis kangkung terbilang praktis dengan bahan-bahan yang juga sederhana.

Kendati demikian, tumis kangkung tersebut kadang memiliki tampilan kangkung yang menghitam sehingga tampak tak segar. Nah, di bawah ini adalah tips untuk mengakalinya agar tetap hijau dan segar!

1. PIlih kangkung dengan batang kecil dan tak terasa keras saat dipetik

5 Tips Masak Tumis Kangkung agar Tetap Hijau dan Segar, Bikin Laper!ilustrasi tumis kangkung (instagram.com/being_nutritious)

Hasil akhir dari suatu masakan sangat dipengaruhi oleh kualitas bahan yang digunakan. Hal ini pun berlaku saat memasak tumis kangkung.

Pastikan kangkung yang digunakan masih segar. Selain itu, pilihlah kangkung yang bercirikan batang kecil. Untuk teskturnya, batang tersebut tak terasa begitu keras ketika dipetik.

2.  Rebus bumbu hingga setengah matang, masukkan garam saat memanaskan minyak

5 Tips Masak Tumis Kangkung agar Tetap Hijau dan Segar, Bikin Laper!ilustrasi tumis kangkung (instagram.com/in__dri)

Alih-alih membubuhkan garam saat kangkung telah masak, sebaiknya tambahkanlah garam secukupnya saat memanaskan minyak. Hal ini bertujuan agar aroma tumis kangkung menjadi lebih kuat nantinya. Kemudian, tumis bumbu-bumbu sebentar, tambahkan air seperlunya. Rebus hingga setengah matang.

Baca Juga: Resep Tumis Kangkung Tauco Seenak Restoran, Dijamin Ketagihan

3. Gunakan minyak bekas memasak lauk-pauk, dan tambahkan dengan minyak kelapa

5 Tips Masak Tumis Kangkung agar Tetap Hijau dan Segar, Bikin Laper!ilustrasi tumis kangkung (instagram.com/mixframe)

Untuk lebih memperkaya cita rasa, daripada menggunakan minyak baru, sebaiknya pakailah minyak bekas masak lauk-pauk. Misalnya, minyak goreng usai menggoreng ayam, ikan, udang, dan lainnya. Tak hanya itu, menambahkan minyak kelapa juga dapat membuat aroma dan cita rasa tumis kangkung jadi lebih sedap.

4. Masukkan batang kangkung terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan bagian daunnya

5 Tips Masak Tumis Kangkung agar Tetap Hijau dan Segar, Bikin Laper!ilustrasi tumis kangkung (instagram.com/akka_cakery)

Selanjutnya, saat air dan bumbu-bumbu hampir matang, masukkanlah batang kangkung terlebih dahulu. Apabila batang tersebut sudah terasa empuk, lanjutkan dengan memasukkan daun kangkung. Tambahkan air bila perlu, tutup wajan, biarkan kangkung tersebut sekitar 1 menit. Angkat dan sajikan.

5. Pakai hotplate sebagai alternatif dari wajan biasa

5 Tips Masak Tumis Kangkung agar Tetap Hijau dan Segar, Bikin Laper!ilustrasi tumis kangkung (instagram.com/enny_tjuatja)

Selain bahan dan proses memasak, peralatan yang digunakan juga turut andil dalam menghasilkan makanan yang prima. Alternatif alat masak untuk tumis kangkung yakni menggunakan hotplate. Alat masak yang satu ini memang dikenal unggul soal menjaga panas saat memasak bahkan saat disajikan. 

 

Hayo, siapa yang suka banget makan didampingi sayuran yang satu ini, nih? Kangkung mudah diolah dan dibanderol dengan harga ekonomis. Yuk, praktikkan sendiri di rumah!

Baca Juga: 5 Resep Cah Kangkung dan Tumis Kangkung yang Enak dan Gampang Bikinnya

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya