Comscore Tracker

5 Tips Memasak Menggunakan Coca-Cola pada Daging, Gampang Banget kok!

Ternyata gak cuma enak di minum lho, guys

Minuman ringan berkarbonasi yang banyak dijual di toko hingga vending machine ini diproduksi oleh The Coca-Cola Company asal Atlanta, Georgia, dan telah di pasarkan ke lebih dari 200 negara di dunia, termasuk Indonesia. Usut punya usut, selain dikonsumsi sebagai minuman, produk ini rupanya juga memiliki manfaat lain terhadap dunia dapur. Tepatnya soal daging, baik itu daging sapi, kambing, maupun ayam.

Nah, inilah beberapa kitchen hack yang dapat dilakukan oleh minuman ringan tersebut terhadap daging. 

1. Melenyapkan aroma amis, terutama pada daging kambing

5 Tips Memasak Menggunakan Coca-Cola pada Daging, Gampang Banget kok!mashed.com

Aroma amis pada daging dapat mempengaruhi selera makan apabila pengolahannya tak disiasati dengan baik, apalagi daging kambing yang memang pekat dengan bau prengus. Untuk mengatasinya, rendamlah daging tersebut di dalam larutan Coca-cola selama 15-20 menit. Pastikan seluruh bagian daging terendam, lalu tiriskan sebentar, dan masaklah daging seperti biasa.

2. Memberikan efek berkilau pada daging ayam

5 Tips Memasak Menggunakan Coca-Cola pada Daging, Gampang Banget kok!gofflepoultry.com

Misalnya dalam olahan sup ayam, daging ayam yang sebelumnya telah diberi atau direndam sebentar dalam larutan Coca-Cola akan membuat tampilan daging itu tampak berkilau. Selain itu, menambahkan sedikit Coca-Cola ke dalam sup ayam tersebut juga dapat memperkuat citarasa manis pada masakan. 

2. Mengempukkan daging, terutama pada daging kambing dan daging sapi

5 Tips Memasak Menggunakan Coca-Cola pada Daging, Gampang Banget kok!broughgammon.com

Kandungan soda di dalam minuman berkarbornasi dapat mengempukkan daging serta melembutkan serat-seratnya. Alhasil, daging pun tak malah alot saat disantap kelak. Rendamlah daging sapi ataupun daging kambing di dalam larutan Coca-cola sekitar 15 menit, pastikan seluruh bagian daging terendam sempurna, lalu masak sesuai olahan yang direncanakan.

Baca Juga: Masak di Dapur Jadi Lebih Mudah dan Menyenangkan dengan 10 Trik Ini

4. Memperkaya citarasa pada ayam ungkep

5 Tips Memasak Menggunakan Coca-Cola pada Daging, Gampang Banget kok!wholesomebabyfood.momtastic.com

Coca-cola juga dapat ditambahkan saat meramu bumbu untuk marinasi. Pasalnya, campuran rempah dan minuman berkarbonasi itu ternyata akan memperkaya citarasa ayam yang diolah dengan cara diungkep. Mulai dari manis, asam, hingga gurih.

5. Menggantikan fungsi gula pada masakan

5 Tips Memasak Menggunakan Coca-Cola pada Daging, Gampang Banget kok!paleoleap.com

Coca-cola yang memiliki kandungan gula cukup tinggi ini dapat pula dijadikan alternatif sebagai gula saat memasak. Rendam saja daging di dalam larutan Coca-cola, lalu biarkan hingga larutan tersebut meresap ke dalam daging. Selanjutnya, olah daging tersebut sesuai masakan yang diinginkan.

Sudah berhasil mencobanya, guys?

Baca Juga: 5 Tips Memasak Daging Bebek Empuk yang Enak dan Gak Ada Lagi Bau Amis

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya