Comscore Tracker

5 Tips Mengolah Tiram yang Kenyal & Bebas Amis, Primadona Seafood Nih!

Salah satu primadona dalam sajian seafood, nih

Dibanderol dengan harga yang relatif mahal serta pasokan yang terbilang agak susah dijumpai, tiram tetaplah menjadi salah satu primadona dalam hidangan seafood. Varian kerang-kerangan ini kerap dimasak dengan cara dipanggang, dibakar, dikukus, bahkan disajikan mentah yang minim bumbu.

Nah, berikut adalah tips untuk mengolah tiram supaya dagingnya kenyal dan aromanya pun tak amis. Langsung praktek, deh!

1. Usahakan untuk membeli tiram yang masih dalam kondisi hidup

5 Tips Mengolah Tiram yang Kenyal & Bebas Amis, Primadona Seafood Nih!mnn.com

Sangat disarankan untuk membeli tiram yang masih hidup, ditempatkan pada es, cangkang yang tertutup rapat, tak berlendir, dan tak berbau terlampau amis yang menyengat. Jika cangkangnya tampak agak terbuka, maka ketuklah sedikit, sebab tiram yang masih hidup akan refleks menutup.

Namun jika cangkangnya tetap saja terbuka, ini mengindikasikan bahwa tiram tersebut sudah mati. Imbasnya, tiram ini malah akan mengakibatkan tiram-tiram di sekitarnya menjadi lebih berbau amis sebab kesegarannya yang menurun.

2. Bersihkan, dan simpan ke dalam kulkas jika belum akan segera digunakan

5 Tips Mengolah Tiram yang Kenyal & Bebas Amis, Primadona Seafood Nih!goodfood.com.au

Lekas bersihkan dan olah tiram supaya kesegarannya dapat lebih dipertahankan saat disajikan kelak. Cara membersihkannya yakni sikatlah tiram di bawah air mengalir, lalu singkirkan lapisan keras (kotoran ataupun lumpur) yang menempel pada permukaan cangkang dengan pisau dapur. Tujuannya, supaya tak mempengaruhi citarasa masakan nanti.

Namun, apabila belum akan segera dimasak, maka setelah dibersihkan lalu letakkan di dalam mangkuk dan tutuplah dengan handuk basah. Kemudian, masukkan ke dalam lemari pendingin. Selain itu, jangan pula singkirkan cairan di sekitar daging tiram agar tiram tersebut dapat disimpan lebih lama, bahkan sampai 3 hari.

Baca Juga: 5 Hidangan Tiram Ini Mampu Menggugah Selera Makan, Bikin Ketagihan!

3. Rendam tiram di dalam wadah tertutup yang diisi dengan perasan air jeruk nipis

5 Tips Mengolah Tiram yang Kenyal & Bebas Amis, Primadona Seafood Nih!kienthucdinhduong.vn

Setelah tiram tersebut dibersihkan dengan sempurna, maka rendamlah di dalam wadah tertutup yang berisi perasan air jeruk nipis. Biarkan saja selama beberapa saat. Ini bertujuan untuk meminimalisir aroma amis pada tiram tersebut.

4. Untuk memudahkan membuka tiram, dinginkan di dalam kulkas terlebih dahulu

5 Tips Mengolah Tiram yang Kenyal & Bebas Amis, Primadona Seafood Nih!foodandwine.com

Untuk memudahkan membuka tiram, maka dinginkanlah tiram tersebut sekitar 1 jam di dalam freezer terlebih dahulu. Lalu keluarkan, dan biarkan selama beberapa menit. Saat membuka tiram, tahanlah permukaan tiram dengan tangan kiri (gunakan handuk atau sarung tangan agar terhindar dari tergores pisau).

Selipkan pisau di antara cangkang atas dan bawah, lalu lakukan gerakan agak memutar hingga cangkang mulai terbuka. Lanjutkan dengan memotong otot tiram dengan memutarnya berkeliling hingga cangkang sepenuhnya terbuka, kemudian selipkan pisau lebih dalam hingga menyentuh bagian bawah daging tiram untuk melepaskannya dari cangkang.

Alternatif lainnya yakni mengkukus tiram ataupun memasukkannya ke dalam microwave selama beberapa menit hingga cangkang terbuka. Lalu, keluarkan, dan tiram pun sudah dapat digunakan untuk memasak.

5. Masak tiram dengan api sedang hingga tepian daging berkerut, lalu tambahkan aneka bumbu

5 Tips Mengolah Tiram yang Kenyal & Bebas Amis, Primadona Seafood Nih!seriouseats.com

Ketika membuka cangkang tiram tersebut, jangan malah lekas membuang cangkangnya begitu saja. Pasalnya, cairan di dalam cangkang tersebut dapat diolah ke dalam masakan sebab memang memiliki citarasa sedap yang alami.

Sedangkan daging tiramnya harus dimasak perlahan dengan api kecil untuk mencegah daging tiram tersebut menjadi alot. Tunggu hingga tepian daging mulai tampak berkerut, lalu tambahkan bumbu-bumbu sesuai masakan yang hendak diolah. Jangan dimasak terlalu lama sebab malah akan membuat daging tiram rentan alot.

Kalau kamu paling gemar mengolah tiram ke dalam masakan apa, sih?

Baca Juga: Resep Tumis Bunga Bawang Udang Saus Tiram, Enak dan Bergizi!

Rahmadila Eka Putri Photo Community Writer Rahmadila Eka Putri

Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You