Comscore Tracker

5 Tips Supaya Kentang Gorengmu Garing & Renyah, Cobain!

#MasakItuGampang Kriuk-kriuknya bikin ketagihan

Kentang merupakan salah satu bahan makanan yang kerap disantap sebagai kudapan maupun sajian untuk makanan berat. Ada yang lebih menggemari kentang goreng bertekstur lembek. Namun adapula yang lebih berselera dengan kentang yang digoreng kering.

Nah, tak jarang terjadi kesulitan dalam mengolah kentang hingga menjadi kentang goreng yang gurih dan renyah lho. Oleh sebab itu, agaknya lima tips berikut ini dapat dicoba untuk penggemar kentang goreng kering nih!

1. Pilihlah kentang yang berkadar air rendah

5 Tips Supaya Kentang Gorengmu Garing & Renyah, Cobain!epicurious.com

Salah satu trik dalam menebak kentang tersebut memiliki kadar air yang relatif sedikit yaitu kentang yang segar, bertekstur keras, dan permukaannya mulus. Selain itu, usahakan pula memilih kentang yang agak besar untuk memudahkan ketika memotong-motongnya menjadi tipis.

2. Potong kentang dengan ketebalan yang sama

5 Tips Supaya Kentang Gorengmu Garing & Renyah, Cobain!japanesestation.com

Setelah kentang dikupas dan dicuci bersih, potonglah melintang tipis dengan bentuk segi empat (atau sebesar batang korek api). Nah, untuk memudahkan dalam menakar tebal ukurannya, cukup gunakan alat serut.

Tujuan dari menyamakan ketebalan dari setiap irisan kentang tersebut adalah supaya potongan-potongan kentang tersebut memiliki waktu yang berbarengan untuk matang saat digoreng.

3. Goreng dalam minyak yang banyak

5 Tips Supaya Kentang Gorengmu Garing & Renyah, Cobain!myrecipes.com

Teknik menggoreng kentang yang renyah adalah dengan teknik deep frying. Gorenglah kentang dalam takaran minyak (dengan panas sedang) supaya seluruh bagian dari potongan kentang dapat terendam oleh minyak.

Jangan terlalu sering mengaduk potongan-potongan kentang tersebut, cukup biarkan matang secara perlahan. Ketika sudah matang, tiriskan potongan-potongan kentang tersebut hingga kering.

4. Goreng paduan bahan lain secara terpisah

5 Tips Supaya Kentang Gorengmu Garing & Renyah, Cobain!taste.com.au

Nah, apabila kentang tersebut akan dipadukan dengan bahan lain seperti irisan cabe merah, kacang, teri, hingga bawang merah goreng, maka gorenglah bahan-bahan paduan tersebut secara terpisah dari menggoreng potongan kentang. Hal ini bertujuan untuk menjaga supaya goreng kentang dan bahan lainnya dapat matang sesuai keinginan.

5. Rendam kentang dalam larutan air kapur sirih

5 Tips Supaya Kentang Gorengmu Garing & Renyah, Cobain!eatthis.com

Fungsi air kapur sirih yaitu membantu merenyahkan tekstur kentang ketika telah digoreng. Caranya adalah tambahkan 1 sendok makan air kapur sirih ke dalam 2-3 liter air. Kemudian rendam potongan kentang selama minimal setengah jam, lalu tiriskan potongan kentang tersebut, dan selanjutnya cuci kembali dengan air bersih.

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Hai, salam kenal. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya