Comscore Tracker

5 Trik Jitu Membuat Kaldu dari Kepala & Kulit Udang yang Bebas Amis

Daripada dibuang, lebih baik digunakan untuk kaldu

Selain kaldu ayam dan kaldu sapi, kaldu udang pun dapat membuat citarasa suatu masakan menjadi lebih kaya. Alih-alih dibuang, kepala dan kulit udang yang tak terpakai saat mengolah udang rupanya juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan baku untuk kaldu. Nah, supaya kaldu udang tersebut tak berbau amis, yuk ikuti trik berikut!

1. Sangrai kepala dan kulit udang

5 Trik Jitu Membuat Kaldu dari Kepala & Kulit Udang yang Bebas Amisus.kiwilimon.com

Kepala dan kulit udang yang akan digunakan haruslah masih dalam kondisi segar. Kemudian, cucilah hingga bersih sembari memanaskan wajan anti lengket, lalu sangrai sebentar kulit dan kepala udang tersebut sampai kering dan berwarna agak kemerahan.

Jangan sampai gosong sebab akan membuat citarasa kaldu malah menjadi pahit. Selanjutnya, langsung masukkan ke dalam air mendidih yang menggunakan api kecil. Tunggu hingga kuah berubah agak keruh, lalu angkat dan saring.

2. Masukkan jahe ke dalam air rebusan

5 Trik Jitu Membuat Kaldu dari Kepala & Kulit Udang yang Bebas Amiseatsmarter.com

Jahe memang salah satu bahan ampuh untuk memudarkan bau amis pada masakan. Setelah menyangrai udang, rebuslah dalam air mendidih, lalu tambahkanlah satu ruas jahe yang sudah digeprek ke dalam air rebusan tersebut. Tunggu hingga airnya agak menyusut serta kuah berubah kecokelatan. Kemudian, angkat dan saring.

3. Rendam di dalam air dingin yang matang

5 Trik Jitu Membuat Kaldu dari Kepala & Kulit Udang yang Bebas Amissoscuisine.com

Cara lainnya yakni merendam kepala dan kulit udang (yang sudah disangrai) ke dalam wadah berisi air dingin. Pastikan pula air yang dipakai tersebut adalah air matang. Selanjutnya, tutup rapat wadah, biarkan sekitar 5 jam, lalu saring. 

4. Rendam dalam air dingin ditambah rempah

5 Trik Jitu Membuat Kaldu dari Kepala & Kulit Udang yang Bebas Amisfoodandwine.com

Alternatif lainnya adalah merendam kepala dan kulit udang (yang sudah disangrai) ke dalam wadah berisi air dingin yang juga ditambahkan serai, jahe, dan sedikit merica butir yang semuanya dimemarkan. Kemudian, rebus menggunakan api kecil, tunggu hingga airnya menyusut sekitar seperempat bagian, lalu angkat dan saring.

5. Jangan beri garam, simpan dalam kulkas

5 Trik Jitu Membuat Kaldu dari Kepala & Kulit Udang yang Bebas Amisthefeedfeed.com

Nah, setelah kaldu matang, simpanlah di dalam bungkus-bungkus kantong plastik (sebaiknya dilengkapi pula dengan informasi takaran dan tanggal pembuatan). Ini bertujuan untuk lebih memudahkan penggunaan saat akan akan diolah ke dalam masakan.

Selain itu, jangan menambahkan bumbu apapun, termasuk garam, saat merebus kaldu. Tujuannya, agar citarasanya tak malah membuat masakan menjadi terlalu asin. Masukkan kaldu yang hendak disimpan ke dalam kulkas, dan lumerkan sesaat akan dipakai saja. 

Kalau kamu, paling gemar mengolah kaldu udang ke dalam masakan apa sih?

Baca Juga: 5 Cara Membuat Kaldu Ayam yang Bercita Rasa Intens dan Bebas Amis

Rahmadila Eka Putri Photo Verified Writer Rahmadila Eka Putri

Indonesian, currently living in Malaysia. Terima kasih sudah membaca tulisan saya. Mari terhubung melalui Facebook (Rahmadila Eka Putri), Instagram (@rahmadilaekaputri), ataupun Twitter (@ladilacious), kritik dan sarannya juga dipersilahkan, lho.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You