Comscore Tracker

Pesta Daging, Ini 7 Bahan Alami untuk Mengempukkan Daging Kurban

Dijamin daging kurban empuk dan tidak alot

Hari raya Idul Adha tentu identik dengan hidangan makan-makanan lezat, salah satunya adalah olahan dari daging kurban. Mengolah daging memang gampang-gampang susah, apalagi jika daging tersebut malah menjadi alot atau tidak empuk saat diolah.

Berikut 7 bahan alami yang dapat mengempukkan daging yang mudah untuk didapatkan.

1. Buah nanas

Pesta Daging, Ini 7 Bahan Alami untuk Mengempukkan Daging KurbanInstagram.com/fit_shortie_eats

Untuk daging yang akan diolah dengan cara ditumis, buah nanas juga bisa menjadi pilihan untuk membuat empuk daging. Caranya adalah blender buah nanas ukuran menyesuaikan. Lalu balurkan pada daging dan diamkan selama 45 menit. Atau, cara lain dengan memotong nanas dan rebus bersama daging.

2. Daun nangka

Pesta Daging, Ini 7 Bahan Alami untuk Mengempukkan Daging KurbanInstagram.com/pmanurung

Daun nangka mampu membuat daging lebih empuk. Satu lembar daun nangka untuk 1 kg daging sapi atau kambing. Caranya adalah merebus daging dan daun nangka secara bersamaan hingga daging menjadi empuk, selama kurang lebih 30-40 menit.

3. Daun pepaya

Pesta Daging, Ini 7 Bahan Alami untuk Mengempukkan Daging KurbanYouTube.com/sajian sedap

Jika akan membuat sate atau steak, daun pepaya muda bisa untuk membuat daging menjadi empuk. Caranya adalah remas-remas daun pepaya sampai getahnya keluar atau sampai tangan terasa lengket. Lalu rapikan kembali remasan daun pepaya dan letakkan daging ditengahnya kemudian bungkus. Diamkan selama 25-30 menit.

Baca Juga: 10 Olahan Daging Kambing Khas Indonesia yang Paling Menggugah Selera

4. Buah kiwi

Pesta Daging, Ini 7 Bahan Alami untuk Mengempukkan Daging KurbanPexels.com/pixabay

Buah kiwi mampu mengempukkan daging sehingga mudah diolah. Caranya adalah blender buah kiwi lalu oleskan pada daging. Diamkan selama 30 menit, bersihkan dengan bilasan air dan siap untuk diolah.

5. Buah apel

Pesta Daging, Ini 7 Bahan Alami untuk Mengempukkan Daging KurbanPexels.com/Aphiwat Chuangchoem

Sama seperti buah kiwi, apel juga mampu untuk mengempukkan daging. Caranya pun sama seperti dengan buah kiwi. Blender atau haluskan buah apel, setelah itu oleskan pada daging. Diamkan selama 30 menit, bersihkan dengan bilasan air dan daging siap untuk diolah.

6. Buah tomat

Pesta Daging, Ini 7 Bahan Alami untuk Mengempukkan Daging Kurbanhttps://www.pexels.com/photo/green-fruit-fresh-kiwi-51312/

Tomat merupakan buah yang selalu ada di dapur. Tomat mampu untuk mengempukkan daging. Caranya adalah blender tomat sesuai dengan kebutuhan, rendam atau oleskan tomat pada daging. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu bersihkan dengan bilasan air dan daging siap untuk diolah

7. Buah pir

Pesta Daging, Ini 7 Bahan Alami untuk Mengempukkan Daging KurbanInstagram.com/freshstoreid

Selain enak untuk dimakan, ternyata buah pir mampu membuat daging menjadi empuk saat akan diolah. Caranya adalah blender buah pir sesuai kebutuhan, lalu oleskan pada daging. Diamkan selama 30 menit. Setelah itu bilas dengan air bersih dan daging siap untuk diolah.

Itulah 7 bahan alami di sekitar yang bisa digunakan untuk membuat empuk daging. Tak perlu membeli obat untuk membuat daging empuk, cara di atas wajib kamu coba. Selain murah dan mudah tentu juga aman ya.

Baca Juga: 6 Cara Membedakan Daging Sapi Asli Vs Daging Oplosan, biar Gak Tertipu

Rakhma Fauzia Photo Verified Writer Rakhma Fauzia

Mari bermanfaat untuk banyak orang

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya