Comscore Tracker

5 Tips Olahan Terong Panggang ala Bule, Berasa Lagi di Eropa 

Biar gak jadi lalapan terus

Biasanya, terong dijadikan lalapan atau pelengkap menu utama. Dijadikan sayur atau dipenyet bersama sambel terasi, membuat terong menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia.

Tapi, tahukah kamu kalau terong juga bisa dijadikan menu utama? Kalau bosan dengan olahan terong yang itu-itu saja, kamu bisa menerapkan resep terong out of the box berikut ini.

Bahan bakunya sederhana, kok. Terong dipanggang setengah matang, lalu dikreasikan dengan saus ala bule, seperti di bawah ini.

1. Romesco sauce

5 Tips Olahan Terong Panggang ala Bule, Berasa Lagi di Eropa realsimple.com

Terong panggang yang sudah ada, tinggal diberikan dressing berupa romesco saus. Romesco saus terbuat dari kacang almond giling, keju parmesan, dan bawang putih.

Romesco bisa ditambahkan dengan sedikit minyak zaitun, cuka anggur merah, tepung roti, dan 12 ons cabai yang sudah dibakar. Blender saja semua bahan itu untuk dijadikan bahan cocolan terong bakar.

2. Lemon, parsley, and caper sauce

5 Tips Olahan Terong Panggang ala Bule, Berasa Lagi di Eropa realsimple.com

Balurkan terong dengan beberapa bahan. Seperti minyak zaitun yang dicampurkan dengan cacahan peterseli, perasan lemon, sedikit kismis pemanis, sesendok cuka anggur merah, 3/4 sendok garam, dan seperempat sendok merica. Semua bumbu tersebut dicampur jadi satu dan dituangkan ke atas terong. Yummy!

3. Cous cous and tomato tabouleh

5 Tips Olahan Terong Panggang ala Bule, Berasa Lagi di Eropa realsimple.com

Buat yang belum familiar dengan hidangan Timur Tengah bernama couscous ini, mungkin bisa mulai hunting bahan makanan ini di minimarket impor. Sebab, couscous ternyata juga bisa berjodoh dengan terong panggang, lho.

Campurkan setengah bungkus couscous dengan sedikit peterseli dan mint. Lalu, tambahkan seperempat gelas jus lemon, sedikit bawang putih, dan masing-masing seperempat sendok garam dan merica. Jika mau, tambahkan potongan tomat supaya dress up-nya semakin segar. 

Baca Juga: 10 Ragam Olahan Thai Tea yang Bikin Kamu Gak Sabar Mencicipi

4. Tahini yogurt sauce

5 Tips Olahan Terong Panggang ala Bule, Berasa Lagi di Eropa realsimple.com

Terong panggang juga bisa dijodohkan dengan tahini dan yogurt. Sama seperti couscous, kamu bisa mendapatkan tahini di supermarket yang menjual bahan makanan impor.

Tahini berbahan dasar bubuk wijen, bisa langsung dicampurkan dengan 1/3 cup yogurt dengan rasa netral. Nanti tinggal dimasukkan ke mangkuk kecil sebagai bahan cocolan. Sepertinya enak dimakan sambil bersantai bersama keluarga.

5. Dill and feta dressing

5 Tips Olahan Terong Panggang ala Bule, Berasa Lagi di Eropa realsimple.com

Kalau mau rasa terong panggang jadi semakin tebal, kreasikan dengan dress up berupa kombinasi keju feta dan yogurt. Tambahkan dan campurkan 3 ons keju feta ke mangkuk kecil. Kalau mau, bisa juga ditaburi tanaman herbal seperti dill, yang fungsinya nyaris sama dengan kemangi.

Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Olahan Unik Serangga dari Berbagai Negara, Merinding & Bikin Ngilu!

Topic:

  • Dewi Suci R.

Just For You