Comscore Tracker

Resep dan Cara Membuat Roti yang Empuk, Bisa Seenak Toko Mahal

Rahasia sukses bikin roti seenak toko bakery

Suka penasaran gak sih, kenapa roti yang dijual di toko bakery terasa lebih enak dan empuk? Sayangnya, harga roti empuk tersebut lebih mahal. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa bikin roti buatanmu seenak mereka, lho.

Simak rekomendasi dari IDN Times tentang resep dan cara membuat roti yang empuk, selain itu gak kalah rasanya dari toko-toko mahal diluar sana.

1. Perhatikan pemilihan bahan dasarnya

Resep dan Cara Membuat Roti yang Empuk, Bisa Seenak Toko Mahalfornobottaro.it

Kalau ingin menghasilkan roti berkualitas, kamu harus pintar memilih bahan dasarnya. Pertama tepung terigu, gunakan yang berprotein tinggi. Tujuannya untuk mendapatkan gluten yang banyak dan teksturnya bagus.

Jika bujet terbatas, kamu bisa mencampurkan tepung terigu protein sedang dengan protein tetap. Syaratnya, jumlah tepung terigu protein harus lebih banyak.

Selanjutnya ragi yang bisa membuat roti mengembang sempurna. Ada banyak jenisnya, sebisa mungkin pilihlah yang berkualitas bagus, meski instan.

Resep dan Cara Membuat Roti yang Empuk, Bisa Seenak Toko Mahalshanghaiyoungbakers.com

Untuk menambahkan rasa manis, kamu bisa menggunakan gula. Gula juga berfungsi mengembangkan roti, sehingga membantu kerja ragi menjadi lebih cepat. Selain itu, gula bisa memberikan warna pada tekstur roti jadi lebih kecokelatan.

Kamu juga bisa menambahkan garam. Namun, perhatikan jenis mentega yang digunakan. Gunakan garam bila menggunakan mentega tawar. Kalau menggunakan mentega asin, komposisi garam sudah tidak diperlukan.

Resep dan Cara Membuat Roti yang Empuk, Bisa Seenak Toko Mahalthestar.com

Rahasia membuat roti jadi lebih lembut yakni takaran putih dan kuning telurnya. Jika pengin teksturnya kenyal, gunakan putih telurnya saja. Tapi kalau kamu pengin rotinya empuk, gunakan lebih banyak kuning telur.

2. Faktor yang menyebabkan pembuatan roti gagal

Resep dan Cara Membuat Roti yang Empuk, Bisa Seenak Toko Mahalfayesfork.com

Ada beberapa hal yang mengakibatkan roti tidak mengembang sempurna. Biasanya disebabkan fermentasi kurang atau tidak elastis, sehingga ragi tidak aktif. Hasilnya roti cenderung keriput.

Beda lagi jika roti yang kamu buat terlihat pucat. Hal ini terjadi karena suhu apinya kurang panas, kurang gula, atau pengolesan mentega kurang tebal. Namun, roti yang tampak lebar dan tidak tinggi diakibatkan jumlah cairan terlalu banyak dibandingkan tepungnya.

Resep dan Cara Membuat Roti yang Empuk, Bisa Seenak Toko Mahalbourkestreetbakery.com.au

Pastikan suhu api dan pemilihan tepungmu tepat. Kalau tidak, roti akan menjadi keras. Bahkan, bila kamu tidak menguleni sampai elastis, proses pemanggangan bisa terlalu lama karena api terlalu kecil.

Kecilnya api yang digunakan berakibat roti tidak matang menyeluruh. Maka dari itu, pemilihan bahan-bahan dasar dalam pembuatan roti menjadi kunci utamanya.

Baca Juga: 5 Resep dan Cara Membuat Bakso Bakar Khas Malang, Gampang Kok!

3. Resep membuat roti manis dan lembut yang sederhana

Resep dan Cara Membuat Roti yang Empuk, Bisa Seenak Toko Mahalyasstribune.com.au

Bahan yang dibutuhkan:

  • 130 gram tepung terigu
  • 70 ml susu cair plain
  • 1 butir kuning telur
  • 30 gram gula pasir halus
  • 20 gram mentega biasa
  • ¼ sendok teh ragi instan
  • ¼ sendok teh garam

Cara membuat:

  1. Siapkan wadah dengan ukuran sedang, masukkan tepung terigu, gula pasir, dan garam. Aduk semua hingga tercampur rata.
  2. Tambahkan telur ke dalam adonan, aduk menggunakan mixer. Pastikan semua bahan tercampur rata dan berubah menjadi lebih menggumpal.
  3. Jika adonan sudah setengah kalis, kamu sudah bisa mematikan mixer.
  4. Tambahkan susu cair sedikit demi sedikit sambil menguleni adonan secara rata. Jika adonan sudah kalis dengan sempurna, tidak perlu menambahkan susu lagi.
  5. Masukkan mentega dan garam, uleni kembali adonan hingga lembut dan elastis secara rata.
  6. Selanjutnya, bagi adonan menjadi beberapa bagian. Ukur masing-masing adonan seberat 40 gram dengan rata. 
  7. Bulatkan adonan yang sudah dipisahkan dengan rata. Kemudian, gilas sajian menggunakan rolling pin hingga bentuknya seperti sebuah guling.
  8. Tata adonan di atas loyang yang sebelumnya sudah diolesi dengan menggunakan margarin secara merata. 
  9. Masukkan adonan dalam oven, panggang sekitar 30 menit sampai mengembang dan merata hingga matang.
  10. Roti siap untuk dihidangkan atau disimpan.

4. Cara menyimpan roti

Resep dan Cara Membuat Roti yang Empuk, Bisa Seenak Toko Mahalchatelaine.com

Roti yang sudah matang sebaiknya dibungkus dengan kantong plastik jika tidak dimakan. Kalau dibiarkan dalam suhu ruangan bisa bertahan 1-2 hari.

Untuk roti tawar besar, sebaiknya jangan dipotong-potong. Simpan saja dalam freezer agar tahan lebih lama. Sebelum dikonsumsi, biarkan dalam suhu ruangan dan panaskan sebentar di dalam oven.

Itulah rekomendasi resep dan cara membuat roti yang empuk dari IDN Times. Semoga setelah ini rotimu menjadi enak dan empuk setiap saat. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep dan Cara Membuat Udang Asam Manis, Bikin Makan Berkali-kali

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Just For You