Resep Jamu Tradisional ala Presiden Jokowi, Bugar Setiap Hari

Pantesan gak pernah sakit ya, Pak?

Aktivitas Presiden Joko Widodo yang sangat amat padat seringkali membuat kita bertanya-tanya, apa rahasianya supaya tetap bugar meski rasanya waktu istirahat sangat sempit, ya gak?

Akhirnya hari ini Presiden Jokowi membagikan rahasia yang membuat badannya sehat, kuat, dan bugar setiap hari. Dia membagikan resep jamu spesialnya yang telah diminum sejak 17-18 tahun lalu. 

"Saya merasakan manfaat yang baik untuk kebugaran tubuh," tutur Presiden Jokowi melalui akun resminya di Instagram. Biasanya jamu tersebut diminum setiap pagi sebelum beraktivitas. Inilah resep jamu tradisional Presiden Joko Widodo yang telah dipaparkan juru masak presiden, Tri Supriharjo.

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Bahan-bahan:

  • 8 potong temu lawak
  • 6 potong kunyit
  • 3 potong jahe
  • 600 ml air

2. Cara membuat jamu spesial ala Presiden Jokowi

Resep Jamu Tradisional ala Presiden Jokowi, Bugar Setiap HariYoutube.com/Presiden Joko Widodo

Cara membuat:

  1. Cuci bersih temu lawak, kunyit, dan jahe.
  2. Kupas, lalu dipotong kecil-kecil atau tumbuk halus.
  3. Panaskan air, lalu masukkan bahan-bahan tersebut.
  4. Masak hingga airnya menyusut setengahnya, matikan api.
  5. Sari jamu ke dalam cangkir, sebelum siap diminum.

Baca Juga: 6 Makanan Favorit Presiden Jokowi, Rahasia Selalu Bugar Setiap Hari

3. Manfaat jamu khas Presiden Jokowi

Resep Jamu Tradisional ala Presiden Jokowi, Bugar Setiap Hariinstagram.com/jokowi

Temu lawak, jahe, dan kunyit merupakan herba yang selama ini kerap dikonsumsi masyarakat Indonesia. Masing-masing punya manfaat dan efek sampingnya tersendiri. 

Rahasia kebugaran Presiden Jokowi didapatkan dari temu lawak yang memang bisa menjaga daya tahan tubuh. Nafsu makanmu juga akan meningkat, karena temu lawak merangsang produksi cairan empedu di kantong empedu.

Resep Jamu Tradisional ala Presiden Jokowi, Bugar Setiap Haribodymindinstitute.com

Jahe mengandung antioksidan kuat sebagai obat pereda stres. Spesialnya lagi, saat diseduh dengan air panas, jahe mampu menyerap nutrisi penting dalam tubuh. Nafsu makanmu juga bertambah kalau dikonsumsi secara rutin.

Sedangkan, kunyit dipercaya dapat menambah tenaga, melancarkan aliran darah, dan membuat seseorang mampu lebih berkonsentrasi. Gak heran, kan kalau Presiden Jokowi selalu terlihat bugar?

Secara keseluruhan, para peneliti dari University of Maryland Medical Center menjelaskan bahan-bahan herbal dipercaya dapat membantu menghentikan pertumbuhan kanker. Sebab, zat antioksidan yang terkandung di dalamnya sangat tinggi.

Mau buktikan sendiri manfaatnya? "Ingin mencoba, ya buat sendiri," kata Presiden Jokowi. Yuk, langsung bikin sendiri jamu bugar ala Presiden Jokowi dengan resep di atas!

Baca Juga: 10 Makanan Favorit Para Pemimpin Dunia, Gak Melulu Harus Mewah

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto

Just For You