Comscore Tracker

Fakta Klappertaart, Camilan Khas Manado yang Meleleh di Lidah

Satu suapan bikin candu!

Manado dengan segudang kuliner, seringnya tak pernah mengecewakan lidah. Selalu ada jejak rasa yang tertinggal dalam ingatan sehingga membuat raga ingin kembali menikmati kuliner khas Manado.

Salah satu kuliner Manado yang sukses membuat kita gagal move on adalah penganan klapertart. Dibalik kehebatannya membolak balikkan perasaan si penikmat, berikut fakta klappertaart yang belum diketahui.

1. Peninggalan Belanda yang tertinggal di Minahasa

Fakta Klappertaart, Camilan Khas Manado yang Meleleh di Lidahinstagram.com/saridestrya

Sebagai kota bekas penjajahan Belanda, Manado punya cerita yang panjang di balik kelezatan cemilan khasnya. Salah satu yang punya cerita tersebut adalah kabupaten Minahasa. Dengan tangan terbuka, masyarakat Minahasa menerima 'harta karun' berupa resep klappertaart yang diperkenalkan oleh pedagang Belanda.

Mungkin kita heran mengapa mereka sangat terbuka sekali pada budaya luar, bahkan pada negara yang menjajahnya. Rupanya Manado memang dikenal dengan toleransinya yang tinggi terhadap budaya lain. Sehingga kalau kita perhatikan baik-baik, tidak hanya klappertaart yang diwariskan kepada Manado, budaya pesta, arsitektur rumah, kuliner sampai nama anak pun juga 'tertular' dari Belanda.

2. Nama berasal dari bahasa Belanda

Fakta Klappertaart, Camilan Khas Manado yang Meleleh di Lidahinstagram.com/renata_widianto

Saat ini, tulisan namanya telah bertransformasi dari klappertaart menjadi klapertart. Berhubung resep penganan ini dibuat oleh orang Belanda, maka tak heran bila namanya pun diadopsi dari bahasa Belanda.

Seperti kata 'klapper' yang artinya buah kelapa dan kata 'taart' yang berarti kue tarcis. Jadi, secara keseluruhan artinya adalah kue tarcis yang menggunakan bahan kelapa dalam olahannya.

Mengapa harus kelapa?

Di zaman itu, bahkan hingga hari ini, perkebunan kelapa sungguh bertebaran di tanah Minahasa sehingga Belanda memanfaatkan tanaman tersebut menjadi sumber pangan mereka.

Baca Juga: 5 Resep Bumbu Legendaris Khas Manado, Bikin Masakanmu Spesial

3. Dibuat dari bahan-bahan yang mudah dicari

Fakta Klappertaart, Camilan Khas Manado yang Meleleh di Lidahinstagram.com/simply_culinary

Untuk yang udah pernah cobain, pasti penasaran sebenarnya klappertaart dibuat dari bahan apa sih sampai rasanya bisa seenak itu? Pasti bahannya susah dicari.

Eits, nggak sama sekali. Jadi, klappertaart ini merupakan kombinasi dari daging kelapa muda, tepung terigu, susu, vanili, mentega dan telur. Yang bikin cita rasanya makin identik, kuat, dan susah dilupakan karena klappertaart juga memakai walnut, kismis, dan taburan bubuk kayu manis sebagai toping.

4. Sukses jadi ikon kuliner Indonesia

Fakta Klappertaart, Camilan Khas Manado yang Meleleh di Lidahinstagram.com/anis_elfienie

Meski tidak sepenuhnya resep asli masyarakat Manado, klappertaart sudah terdaftar sebagai 30 ikon kuliner Nusantara yang disahkan oleh Kementerian Pariwisata sejak tahun 2012 lalu. Klappertaart menyisihkan ratusan kuliner Indonesia lainnya yang nggak kalah lezat.

Nantinya, klappertaart dan 29 ikon kuliner lainnya bisa menjadi hidangan atau jamuan perwakilan kuliner Indonesia di acara keistimewaan, baik itu di dalam maupun di luar negeri.

5. Menjadi jembatan penghasilan bagi pebisnis

Fakta Klappertaart, Camilan Khas Manado yang Meleleh di Lidahinstagram.com/ayuoctavia18

Karena rasanya yang manis dan teksturnya yang creamy, wajar kalau klappertaart banyak diminati oleh orang-orang. Tak hanya masyarakat daerah, suku lain pun banyak yang ketagihan sama rasanya. Sampai-sampai klappertaart dimanfaatkan sebagai lahan bisnis nih. Tentunya hal ini semakin membuka peluang ketenaran bagi klappertaart.

Nah, untuk memuaskan lidah masyarakat, pebisnis klappertaart membuat rasa yang variatif. Nggak rasa original saja, klappertaart cokelat, keju, stroberi, blueberry, sampai durian juga bisa menjadi pilihan alternatif buat kita yang ingin merasakan sensasi rasa yang berbeda.

Meski selalu membuat candu, kandungan kalori klappertaart cukup tinggi nih. Lihat saja bahan-bahan yang dipakai terdiri dari karbo dan lemak. Agak membuat deg-degan tapi sekali-sekali bolehlah.

Jadi, apakah setelah ini kamu langsung berburu klappertaart untuk merasakan sensasi nikmatnya?

Download aplikasi ide resep Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Manado yang Layak Kamu Coba, Siap Menggoyang Lidahmu

Ribka Damanik Photo Verified Writer Ribka Damanik

musik, dance, menulis, dan hal-_hal berbau fun adalah penyeimbang hidup

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Novaya
  • Jumawan Syahrudin
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya