5 Resep Manisan Kering dari Buah dan Ubi, Rasanya Unik Banget! 

Tak perlu bingung karena gampang dibuat

Manisan kering menjadi salah satu camilan manis yang disukai hampir semua kalangan. Manisan dari buah dan ubi ini memang ampuh membuat mood yang jelek jadi happy. Karena teksturnya kering, manisan yang satu ini memang menjadi camilan yang mudah dibawa. 

Meski rasanya enak, mencari manisan kering di pasaran terbilang gampang-gampang susah. Itulah mengapa tak ada salahnya membuat sendiri di rumah. Tenang saja, bahan-bahan untuk membuatnya pun terbilang mudah, kok. Yuk simak resep manisan kering dari buah dan ubi berikut ini.

1. Manisan kering kumquat 

5 Resep Manisan Kering dari Buah dan Ubi, Rasanya Unik Banget! ilustrasi manisan kering kumquat (freepix.com/KamranAydinov)

Memiliki rasa mirip seperti permen aroma jeruk, manisan kering kumquat terbilang mempunyai tekstur yang cenderung kenyal. Tak hanya dimakan langsung, tak jarang manisan ini menjadi topping dalam es krim, kue, roti, cake, dan makanan manis lainnya. Untuk membuatnya pun terbilang mudah, kok.

Bahan:

  • ½ cangkir
  • ½ gelas gula
  • 20 buah kumquat
  • Sedikit bubuk cabai untuk mempertegas rasa (opsional)

Cara membuat: dengan api kecil, didihkan gula dan air dalam panci dan aduk hingga gula larut. Kemudian, ubah jadi api sedang sampai air gula mendidih. Masukkan kumquat, aduk sampai air mendidih dan kecilkan api. Masak sekitar 20 menit sampai kumquat empuk dan cairan menjadi kental.

Matikan api, taruh kumquat dalam mangkuk hingga dingin. Pindahkan dalam lemari es. Manisan ini tahan hingga 2 minggu.

2. Manisan kering buah beet 

5 Resep Manisan Kering dari Buah dan Ubi, Rasanya Unik Banget! ilustrasi manisan kering buat beet (pexels.com/Eva Bronzini)

Rasa manis yang tidak terlalu kuat dari beet justru membuat manisan kering ini cocok untuk semua makanan, dari sup, salad, hingga kue dan roti.

Bahan:

  • beet yang diiris tipis
  • 1 ½ gelas air
  • ½ gelas gula

Cara membuat: Didihkah gula dan air hingga gula larut dalam api kecil. Tambahkan panas sampai mendidih. Masukkan beet, aduk dan didihkan air. Setelah itu, kecilkan api tunggu hingga larutan mengental. Masak sekitar 30 menit.

Jika ingin menghasilkan beet lebih kering dan transparan, panaskan oven sekitar 250 derajat. Pindahkan beet ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti. Panggang sekitar satu jam atau hingga keras. Diinginkan dan pindahkan dalam stoples bersih.

Baca Juga: Resep Manisan Kulit Jeruk Bali, Alternatif Camilan Enak biar Mood Naik

3. Manisan kering stroberi 

5 Resep Manisan Kering dari Buah dan Ubi, Rasanya Unik Banget! ilustrasi manisan kering stroberi (alphafoodie.com)

Teksturnya yang renyah dan warnanya yang menyegarkan membuat manisan kering stroberi ini disukai oleh orang. Tak mengherankan jika manisan ini kerap dijadikan toping pada panekuk, kue kering, dan sereal.

Bahan:

  • ½ cangkir gula
  • ½ cangkir air
  • 10 buah stroberi yang sudah dikupas kulitnya dan dipotong tipis

Cara membuat: panaskan gula dan air dalam panci di api kecil. Setelah gula larut, dinginkan. Panaskan oven 200 derajat.  Celupkan irisan stroberi pada larutan gula yang sudah dingin dan taruh di loyang yang dilapisi kertas roti. Panggang sampai kering dan jaga warnanya tetap merah, sekitar 2 jam. Angkat dan diinginkan. Lalu pindahkan dalam stoples.

4. Pepitas (manisan kering biji labu) 

5 Resep Manisan Kering dari Buah dan Ubi, Rasanya Unik Banget! ilustrasi biji labu atau pepitas (pexels.com/Nathan J Hilton)

Pepitas atau manisan kering biji labu ini mempunyai rasa manis dan gurih. Tak hanya dimakan langsung, pepitas ini juga enak sebagai bahan tambahan dalam dessert atau sup.

Bahan:

  • 1 cangkir biji labu
  • ¼ cangkir sirup maple
  • 1 sendok makan gula merah
  • Sedikit garam dan lada hitam untuk penguat rasa (opsional)
  • Sedikit minyak untuk mengolesi loyang

Cara membuat: masukkan biji ke dalam sirup yang sudah diberi garam dan lada hitam. Angkat biji dan taruh pada loyang yang sudah diolesi minyak. Panggang dengan suhu 300 derajat selama 20 menit. Sesekali diaduk sehingga semua permukaan biji berwarna emas dan karamel. Angkat, taburi gula, dan perasa sesuai selera. Dinginkan dan taruh dalam stoples.

5. Manisan kering lobak pedas (horseradish)

5 Resep Manisan Kering dari Buah dan Ubi, Rasanya Unik Banget! ilustrasi manisan kering lobak pedas - horseradish (howtocookaweed.com)

Memiliki rasa yang khas, lobak pedas dapat menjadi manisan kering unik untuk disajikan bersama sup atau hidangan gurih lainnya.

Bahan:

  • Beberapa lobak segar
  • ½ gelas gula
  • ¼ gelas air
  • Sejumput garam

Cara membuat: gosoklah lobak hingga bersih, potong jadi 5 cm dan ketebalan 1-1,5 cm (sesuai keinginan). Masaklah lobak dengan air mendidih yang sudah ditambah sedikit garam sekitar 15 menit atau sampai empuk. Tiriskan.

Didihkan air dan gula dalam api kecil, masukkan lobak dan didihkan perlahan. Aduk secara teratur hingga larutan gula menjadi kental. Diamkan hingga sedikit hangat dan lapisi dengan gula, biarkan mengering dan simpan dalam wadah kedap udara.

Tidak terlalu sulit membuatnya, kan? Kalau di sekitar rumahmu tak ada yang menjual manisan kering seperti ini, kamu bisa menjadikannya sebagai produk kulinermu, lho. Siapa tahu manisan kering dari buah dan ubi ini bisa laris di pasaran. Selamat mencoba!

 

Baca Juga: 5 Makanan Populer dengan Sukade, Manisan Wajib Para Pembuat Kue

IamLathiva Photo Verified Writer IamLathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya