Comscore Tracker

Ini Dia Cara Memasak Telur Supaya Tetap Sehat!

Salah satunya, jangan overcooked ya!

Telur merupakan bahan makanan yang murah namun menyehatkan. Bahan makanan yang satu ini mengandung sedikit kalori, tapi kaya akan protein, mineral, lemak sehat, dan beragam nutrisi lainnya.

Untuk mempertahankan nutrisi sehat yang ada dalam telur, maka kamu harus memperhatikan cara mengolahnya. Sebab tak sedikit orang yang salah dalam mengolah telur dan malah membuat masakan dari bahan telur menjadi kurang bernutrisi.

Agar tak salah langkah, berikut ini 5 tips mengolah telur agar tetap sehat.

1. Memilih metode memasak yang rendah kalori

Ini Dia Cara Memasak Telur Supaya Tetap Sehat!momonamission.me

Bagi yang ingin mengurangi kalori, maka bisa memilih metode memasak telur dengan cara merebus. Cara memasak yang satu ini tidak menambahkan kalori ekstra, jadi masakan akan lebih rendah kalori daripada jika digoreng menjadi omelet atau telur dadar.

2. Kombinasikan dengan sayuran

Ini Dia Cara Memasak Telur Supaya Tetap Sehat!unsplash.com

Telur sangat cocok jika dimasak dengan sayuran. Memasak telur dapat dikombinasikan dengan sayuran sehingga dapat menambah serat dan vitamin pada masakan.

Salah satu resep sederhana yaitu menambahkan potongan sayuran pada omelet ataupun telur urak-arik. Bisa juga dengan menambahkan sayuran rebus di samping telur atau dijadikan salad.

Baca Juga: 10 Olahan Telur yang Dijamin Bikin Kamu Makin Lapar, Sedap Abis!

3. Pilih minyak dengan hati-hati

Ini Dia Cara Memasak Telur Supaya Tetap Sehat!william-reed.com

Jika ingin menggoreng telur dengan minyak maka perlu memilih jenis minyak yang stabil pada temperatur tinggi. Pilihan minyak yang baik yaitu minyak kelapa dan extra virgin olive oil. Mentega juga bisa digunakan sebagai pengganti minyak.

4. Jangan terlalu matang atau overcooked

Ini Dia Cara Memasak Telur Supaya Tetap Sehat!incredibleegg.org

Semakin lama memasak telur maka akan semakin banyak nutrisi yang bisa hilang. Menggunakan panas yang lebih tinggi dalam waktu yang lama juga dapat meningkatkan kandungan kolesterol jahat. Jadi ada baiknya memasak telur tak terlalu lama dengan api sedang.

5. Memilih telur yang bernutrisi

Ini Dia Cara Memasak Telur Supaya Tetap Sehat!rd.com

Telur merupakan makanan sehat, namun jika bisa pilihlah telur yang memiliki nutrisi yang berkualitas. Kandungan nutrisi pada telur dapat dipengaruhi dari metode beternak dan pola makan ayam.

Secara umum telur organik memiliki nutrisi yang lebih baik daripada telur biasa. Jika mudah untuk didapatkan dan mampu, tak ada salahnya untuk memilih telur organik.

Bagi kamu yang seorang penggemar telur, itulah cara yang bisa dilakukan agar telur yang kamu konsumsi tetap sehat. 

Baca Juga: Telur Kulit Putih vs Telur Kulit Cokelat, Begini Perbedaannya!

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You