Comscore Tracker

Resep Ayam Goreng Serai Ketumbar, Aroma Gurihnya Menggugah Selera

Gurih dari ketumbar memang gak ada lawan!

Olahan ayam ayam goreng memang selalu jadi menu andalan. Selain dibuat ayam tepung, menu ayam goreng bumbu pun juga jadi idola. Terlebih jika bumbu racikannya lengkap, bikin makin lezat dan oriental.

Salah satu ayam goreng yang enak adalah ketika diberi bumbu serai dan ketumbar. Nikmatnya gak ada lawan, deh. Harum dari serai, ditambah ketumbar bikin makin gurih.

Kalau bosan dengan olahan ayam goreng yang itu-itu saja, kamu bisa mencoba bikin ayam goreng serai ketumbar. Resep dan cara membuatnya gampang banget, kok.

1. Bahan membuat ayam goreng serai ketumbar

Resep Ayam Goreng Serai Ketumbar, Aroma Gurihnya Menggugah Selerailustrasi ayam (pixabay.com/ritae-19628)

Bahan utama:

  • 1 ekor ayam
  • 8 batang serai
  • 1 sdt gula
  • 2 sdm saus tiram
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm kaldu ayam
  • minyak goreng secukupnya
  • tepung maizena secukupnya
  • air secukupnya
  • garam secukupnya

Bahan bumbu halus:

  • 10 siung bawang putih
  • 4 sdt ketumbar
  • 2 sdt merica
  • 1 ruas kunyit

2. Potong ayam dan blender serai 

Resep Ayam Goreng Serai Ketumbar, Aroma Gurihnya Menggugah Selerailustrasi memotong ayam (pixabay.com/congerdesign-509903)

Potong daging ayam menjadi beberapa bagian. Supaya bumbu makin meresap, ukuran memotong ayam jangan terlalu besar, ya. Kemudian, cuci bersih daging ayam menggunakan air mengalir. Sisihkan dan keringkan.

Setelah itu, cuci serai yang sudah disiapkan. Kemudian, potong-potong batang serai menjadi ukuran lebih kecil. Masukkan serai ke dalam blender, lalu haluskan hingga lembut.

3. Masukkan air dan bumbu 

Resep Ayam Goreng Serai Ketumbar, Aroma Gurihnya Menggugah Selerailustrasi memanaskan wajan (pexels.com/id-id/@rodnae-prod)

Sebelumnya, blender atau ulek semua bumbu halus. Kemudian, siapkan wajan untuk memasak. Masukkan air, bumbu halus, dan serai yang sudah di blender ke dalam wajan. Gunakan api sedang, aduk dan tunggu hingga air mendidih.

Setelah air mendidih, masukkan ayam yang sudah dipotong ke dalam wajan. Aduk merata hingga semua ayam tercampur dengan bumbu. Tambahkan juga gula, saus tiram, kecap asin, kaldu ayam, dan garam. Kemudian, tambahkan air lagi sampai ayam terendam.

Baca Juga: Resep Ayam Goreng Mentega, Menu Spesial untuk Keluarga

4. Ungkep ayam hingga air menyusut 

Resep Ayam Goreng Serai Ketumbar, Aroma Gurihnya Menggugah Selerailustrasi memasak ayam (pexels.com/@vimgs)

Setelah semua bahan masuk ke wajan, tutup wajan. Masak ayam menggunakan api paling kecil. Tunggu hingga air menyusut, sambil sesekali diaduk.

Setelah air menyusut, matikan kompor. Kamu bisa langsung menggoreng atau menyimpan ayam di freezer buat stok. Jika berniat menyimpan di freezer, letakkan di stoples tertutup supaya tidak mudah terkontaminasi.

5. Goreng ayam dan sajikan 

Resep Ayam Goreng Serai Ketumbar, Aroma Gurihnya Menggugah Selerailustrasi ayam serai ketumbar (instagram.com/dhy_kitchenworld)

Siapkan tepung maizena, masukkan ke dalam mangkuk sedang. Gulingkan ayam yang sudah diungkep hingga permukaannya terkena tepung secara merata. Sambil di tepuk-tepuk biar menghasilkan bentuk yang sempurna.

Panaskan minyak dalam wajan. Setelah panas, goreng ayam yang sudah dibaluri maizena. Biar gak gosong, goreng menggunakan api sedang saja. Setelah ayam berwarna kuning keemasan, angkat dan sajikan.

Memasaknya sangat simpel dan cepat banget, kan? Kamu juga bisa mengolahnya buat stok persediaan makanan. Ayam goreng serai ketumbar ini cocok banget buat kamu yang gak punya banyak waktu memasak.

Baca Juga: Resep Ayam Ungkep Lezat Tanpa Digoreng, Cocok untuk Pejuang Diet 

senja sandera Photo Verified Writer senja sandera

.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya