Comscore Tracker

Resep Bolu Abon Ekonomis Cuma Pakai Tiga Telur, Enak Banget!

Pemula pasti bisa bikin bolu gurih ini

Kue bolu merupakan camilan empuk favorit orang Indonesia dalam segala acara. Tak hanya jadi snack favorit di rumah, namun juga banyak dihidangkan sebagai sajian acara resmi.

Tak hanya memiliki rasa manis, bolu juga bisa dikreasikan menjadi gurih agar tidak bosan. Salah satunya dengan menambahkan abon di atas kue bolu sehingga punya nama bolu abon. Berikut adalah resep bolu abon ekonomis yang untuk membuatnya hanya butuh tiga butir telur.

1. Bahan yang diperlukan

Resep Bolu Abon Ekonomis Cuma Pakai Tiga Telur, Enak Banget!ilustrasi bahan bolu (pexels.com/id-id/@vlada-karpovich/)
  • 3 butir telur
  • 48 gram tepung terigu protein rendah
  • 12 gram tepung maizena
  • 60 gram gula
  • 1/2 sdt cake emulsifer
  • 50 gram mayones
  • 15 gram susu kental manis
  • 50 gram abon sapi
  • 60 gram mentega
  • 1/2 sdt pasta vanilla
  • 12 gram susu bubuk
  • Bjji wijen sangrai

 

2. Mengocok telur dan bahan lain sampai kental berjejak

Resep Bolu Abon Ekonomis Cuma Pakai Tiga Telur, Enak Banget!ilustrasi mengocok adonan (pexels.com/id-id/@cristian-rojas/

Campurkan bahan kering yaitu tepung terigu, tepung maizena, dan susu bubuk dalam wadah. Lalu ayak dan pastikan tidak ada gumpalan. Setelah itu, lelehkan mentega dan sisihkan. 

Siapkan wadah lain. Masukkan telur  dan kocok dengan mikser sampai berbusa. Tambahkan SP/emulsifer dan gula, aduk sampai putih kental berjejak. 

Baca Juga: Resep Bolu Lapis Taro Vanilla, Kue dengan Tekstur Empuk dan Lembut 

2. Campurkan dengan bahan kering

Resep Bolu Abon Ekonomis Cuma Pakai Tiga Telur, Enak Banget!ilustrasi menambahkan tepung (pexels.com/id-id/@ron-lach/)

Masukkan bahan kering ke dalam wadah adonan basah atau telur secara perlahan dan bertahap sambil tetap diaduk dengan mikser berkecepatan rendah. Lanjutkan mengaduk menggunakan spatula agar tidak ada tepung yang mengendap di dasar mangkuk. 

Tambahkan vanilla bubuk, lalu masukkan juga mentega leleh secara bertahap. Aduk balik dengan menggunakan spatula sampai tercampur rata.

4. Panggang hingga matang

Resep Bolu Abon Ekonomis Cuma Pakai Tiga Telur, Enak Banget!Ilustrasi memanggang kue (pexels.com/id-id/@ron-lach/)

Siapkan loyang kotak berukuran 30*100cm, lapisi dengan baking paper dan olesi mentega. Tuangkan adonan ke dalamnya, hentakkan loyang agar tidak ada udara di dalamny. Panggang selama 180 derajat dalam waktu 20-25 menit. 

Untuk lama memanggang disesuaikan dengan oven masing-masing. Akan lebih baik sebelumnya oven dipanaskan terlebih dahulu agar panasnya merata 

5. Taburi dengan abon di atasnya dan sajikan

Resep Bolu Abon Ekonomis Cuma Pakai Tiga Telur, Enak Banget!Kue bolu abon (instagram.com/priscilla.kitchen)

Setelah matang, angkat dan keluarkan dari loyang. Letakkan di atas cooling rack dan biarkan dingin. Buat topping dengan cara mencampurkan mayonais dan susu kental manis. Oleskan di atas roti dan tambahkan abon serta biji wijen sangrai di atasnya. Potong sesuai selera dan sajikan. 

Meski memiliki rasa gurih di dalamnya, kue bolu abon tetap enak dinikmati bersama teh atau kopi. Cukup mudah dan gak ribet, yuk bikin sendiri!

 

Baca Juga: 5 Makanan Asia Ini Bisa Dikreasikan dengan Abon, Rasanya Jadi Melokal!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya