Comscore Tracker

Resep Bolu Marmer ala Chef Devina MCI, Lembutnya Manjakan Lidah

Jangan terlalu lama mengaduk adonannya, ya!

Kalau kamu menyukai camilan manis dan lembut, kue bolu marmer bisa jadi pilihan tepat untukmu. Selain rasanya yang enak, kue ini memiliki motif cantik di dalamnya. Selain jadi camilan, bolu marmer cocok juga dijadikan suguhan acara.

Meski terkesan ribet, tetapi cara membuat bolu marmer ternyata mudah dan gampang. Kalau kamu pengin coba bikin sendiri di rumah, berikut resep bolu marmer ala chef Devina Hermawan.

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Bolu Marmer ala Chef Devina MCI, Lembutnya Manjakan LidahIlustrasi bahan bolu (pexels.com/id-id/@elly-fairytale/)

Bahan-bahan:

  • 140 gram tepung protein
  • 30 gram susu bubuk
  • 4 gram baking powder
  • 4 butir putih telur
  • 70 gram margarin
  • 70 gram mentega
  • 70 gram butter
  • 6 butir kuning telur
  • 180 gram gula halus
  • 5 gram cokelat bubuk

2. Kocok mentega hingga putih pucat

Resep Bolu Marmer ala Chef Devina MCI, Lembutnya Manjakan LidahIlustrasi menuang mentega (pexels.com/id-id/@felicity-tai/)

Siapkan wadah, lalu kocok mentega, margarin, butter, dan gula halus hingga mengembang menggunakan mikser. Tambahkan kuning telur ke dalam adonan secara bertahap. Kemudian, kocok kembali dengan mikser hingga berwarna putih pucat. 

Setelah itu, tambahkan susu bubuk, tepung terigu, dan baking powder yang sudah di ayak ke dalam wadah. Aduk dengan whisk atau spatula dengan teknik aduk balik.

3. Campur semua adonan dengan spatula

Resep Bolu Marmer ala Chef Devina MCI, Lembutnya Manjakan LidahIlustrasi mengocok telur (pexels.com/id-id/@cristian-rojas/)

Kocok putih telur, sambil ditambahkan gula halus sedikit demi sedikit di dalam wadah berbeda. Aduk hingga adonan putih pucat dan kaku menggunakan mikser. Kalau diangkat adonan membentuk paruh burung, itu tandanya adonan sudah kaku.

Selanjutnya, campurkan putih telur ke dalam adonan mentega sedikit demi sedikit dengan spatula. Aduk sampai tercampur, tetapi hindari diaduk terlalu berlebihan supaya adonan gak terlalu keras.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Es Pisang Ijo Anti Gagal ala Devina Hermawan 

4. Tuang adonan ke dalam loyang

Resep Bolu Marmer ala Chef Devina MCI, Lembutnya Manjakan LidahIlustrasi menuang ke loyang (pexels.com/@cristian-rojas/)

Olesi loyang dengan margarin, lalu taburi dengan tepung. Tuang setelah adonan ke dalam loyang dan ratakan. Buat adonan cokelatnya dengan mencampurkan seperempat adonan mentega dengan cokelat bubuk, lalu aduk dengan rata. 

Kalau dirasa warnanya kurang pekat, tambahkan cokelat pasta. Jangan terlalu banyak, karena penambahan cokelat bubuk yang terlalu banyak akan menyerap air di dalam kue sehingga membuatnya teksturnya keras.

Setelah itu, masukkan kembali adonan kuning di atas adonan cokelat. Buat motif marmer atau swirl dengan mengaduk adonan menggunakan sumpit.

5. Panggang adonan kue marmer hingga matang

Resep Bolu Marmer ala Chef Devina MCI, Lembutnya Manjakan LidahIlustrasi bolu marmer (instagram.com/debbie_ariesthea)

Panggang adonan di dalam oven dengan suhu 180 derajat Celsius selama 30-45 menit, tergantung oven masing-masing. Setelah matang, angkat kue dan biarkan dingin. Kemudian, jika sudah dingin, keluarkan dari loyang dan potong sesuai selera. 

Tips yang perlu diperhatikan adalah memastikan adonan tercampur rata dengan menyatukan semua yang menempel pada dinding mangkuk ke tengah wadah. Dengan begitu, bolu marmer buatanmu pasti enak.

Penggunaan butter membuat kue marmer menjadi lebih wangi dan sedap. Cocok jadi teman ngemil di rumah, kue bolu marmer ini gak bikin seret dan lembut saat digigit. Yuk, coba bikin bolu marmer ala chef Devina Hermawan.

Baca Juga: 5 Kreasi Kue Bolu Cream Cheese untuk Ide Bisnis Kuliner

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya