Resep Cheese Straw ala Luvita Ho, Stik Keju Renyah dengan Empat Bahan

Cocok jadi suguhan saat kumpul keluarga

Pencinta keju, sudah pernah mencoba cheesestick straw belum? Camilan renyah berisi keju di dalamnya yang terbuat dari adonan rough puff pastry. Bentuknya memanjang seperti stik sehingga sangat praktis dijadikan snack di rumah.

Camilan ini sangat mudah dibuat, tapi membutuhkan proses yang cukup lama. Sebab, adonannya perlu didiamkan beberapa kali hingga teksturnya halus. Bila penasaran ingin membuatnya, coba sontek resep kreasi cheese straw dari Luvita Ho di bawah ini, yuk!

1. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Cheese Straw ala Luvita Ho, Stik Keju Renyah dengan Empat Bahanilustrasi mentega (unsplash.com/@sxtcxtc)

Bahan adonan:

  • 125 gram mentega tawar
  • 165 gram tepung protein sedang
  • 1 sdt garam
  • 45-50 ml air dingin

Bahan pelengkap:

  • Keju secukupnya untuk isian
  • Kocokan telur untuk olesan

2. Campurkan semua bahan menjadi satu

Resep Cheese Straw ala Luvita Ho, Stik Keju Renyah dengan Empat Bahanilustrasi mencampurkan adonan (instagram.com/luvitaho)

Campurkan tepung, garam, dan mentega menggunakan pengaduk. Tuang air secara bertahap sambil diaduk dengan tangan. Namun, jangan terlalu lama mengaduk agar suhu mentega tidak berubah karena terkena tangan. Sebelum mencampurkan, pastikan mentega benar-benar dingin.

Aduk sampai tercampur saja agar tekstur dari mentega tetap masih ada. Setelah tercampur simpan adonan dalam plastick wrap, masukkan ke kulkas. 

Baca Juga: Resep Stik Keju Mozarella, Bisa Jadi Camilan atau Ide Jualan

3. Pipihkan, lipat dan diamkan dalam kulkas

Resep Cheese Straw ala Luvita Ho, Stik Keju Renyah dengan Empat Bahanilustrasi melipat adonan (instagram.com/luvitaho)

Setelah 20 menit, pipihkan adonan hingga ketebalan sekitar 6 mm. Lalu lipat adonan ke atas kemudian lipat lagi ke samping. Bungkus dengan plastick wrap kembali dan diamkan di kulkas selama 20 menit. Lakukan langkah ini tiga kali berturut-turut sampai teksturnya halus. 

Setelah tiga kali didiamkan selama 20 menit. Pada proses keempat diamkan selama 30 menit. Kemudian pipihkan sampai tipis kurang lebih ketebalan 3 mm atau sesuai selera.

4. Bentuk menyerupai tali tambang

Resep Cheese Straw ala Luvita Ho, Stik Keju Renyah dengan Empat Bahanilustrasi adonan yang siap dipanggang (instagram.com/somebodyfeedseb)

Setelah pipih, potong adonan menjadi dua bagian. Olesi dengan kocokkan telur di atas permukaannya. Taburi parutan keju kemudian tutup dengan adonan pastry yang satunya. 

Pipihkan menggunakan rolling pin. Lalu rapikan pinggirnya menggunakan gunting atau pisau. Lalu potong-potong adonan memanjang dengan ukuran yang sama. Bentuk menyerupai tali tambang lakukan sampai adonan habis. 

5. Panggang dan sajikan

Resep Cheese Straw ala Luvita Ho, Stik Keju Renyah dengan Empat Bahanilustrasi cheese straw yang matang (instagram.com/somebodyfeedseb)

Panggang sampai matang dan berwarna kecokelatan dalam oven yang sudah dipanasi terlebih dahulu. Suhu oven berkisar 190-200 derajat Celsius.

Setelah matang, angkat dan biarkan dingin. Kemudian sajikan sebagai camilan keluarga di rumah. Teksturnya renyah dengan rasa keju yang nendang siap menyapa lidahmu, deh.

Bila kamu menyukai rasa manis, isian keju di dalamnya bisa diganti dengan cokelat atau gula, lho. Proses membuatnya memang cukup lama, namun hasilnya renyah dan pastinya enak banget buat camilan. Biar gak cepat habis, bikinnya yang banyak, ya! 

Baca Juga: 5 Sayuran Pelengkap Mac and Cheese supaya Makin Kenyang

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya