Comscore Tracker

Resep Jalabria, Jajanan Tradisional Sunda yang Tak Lekang Waktu

Rasa manisnya pas, gak bikin enek #LokalIDN

Jalabria adalah camilan manis yang memiliki bentuk unik seperti donat. Warnanya hitam dan teksturnya lengket. Rasanya manis karena menggunakan campuran tepung ketan dan gula sebagai bahan bakunya.

Jalabria sering dijual bersama gemblong di pasar tradisional Jawa Barat, meski tak sebanyak dulu yang berjualan. Jangan sedih, buat kamu yang ingin bernostalgia merasakan manisnya jalabria, bisa bikin sendiri di rumah kok dengan menggunakan resep jalabria berikut ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Jalabria, Jajanan Tradisional Sunda yang Tak Lekang Waktuilustrasi bahan makanan (pexels.com/id-id/@mart-production)

Bahan utama :

  • 250 gram tepung ketan
  • 200 ml santan cair
  • 200 gram kelapa parut
  • 50 gram tepung beras
  • Minyak goreng
  • 1/2 sdt garam

Bahan saus gula :

  • 150 gram gula pasir/gula merah
  • 8 sdm air

 

2. Mengaduk adonan dengan tangan

Resep Jalabria, Jajanan Tradisional Sunda yang Tak Lekang Waktuilustrasi menguleni adonan (pexels.com/id-id/@mikhail-nilov)

Rebus santan di atas kompor. Masak dan aduk hingga mendidih, lalu angkat dan sisihkan. Dalam wadah lain, campurkan tepung beras, tepung ketan, santan, kelapa parut dan garam. Aduk dengan spatula.

Lalu lanjutkan mengaduk dengan tangan sampai adonan bisa dibentuk. Diamkan adonan sebentar, kemudian tutup dengan kain lap bersih. 

Baca Juga: Resep Sayur Pencok Kacang Panjang Khas Sunda, Raos Pisan!

3. Mencetak adonan ke dalam bentuk yang diinginkan

Resep Jalabria, Jajanan Tradisional Sunda yang Tak Lekang Waktuilustrasi mencetak adonan (instagram.com/maylrecipes)

Ambil adonan secukupnya, buat bulat dan lubangi bagian tengahnya seperti donat. Lakukan sampai adonan habis. Untuk membuat bentuk jalabria, bisa dengan alat cetakan atau memakai tangan. Selain bentuk donat, jalabria juga bisa dibuat dalam bentuk lain sesuai selera

Panaskan wajan, masukkan adonan ke dalam minyak. Goreng hingga matang dan renyah.

4. Campurkan jalabria dengan saus gula

Resep Jalabria, Jajanan Tradisional Sunda yang Tak Lekang Waktuilustrasi memasak gula (instagram.com/alinett_cooknfood)

Siapkan teflon/panci masak gula pasir, hingga mencair. Aduk terus hingga mengental seperti karamel. Tuang air ke dalam panci lalu aduk rata hingga mendidih. Masukkan jalabria yang sudah matang ke dalam larutan gula. Campurkan hingga semua terlapisi gula. 

Setelah semua terendam gula, angkat satu persatu. Letakkan di atas kertas minyak atau peniris. Pisahkan agar tidak menempel dan biarkan hingga mengeras. 

5. Sajikan jalabria

Resep Jalabria, Jajanan Tradisional Sunda yang Tak Lekang Waktujalabria (instagram.com/ani.rony)

Sajikan jalabria dalam piring. Bila ingin lebih manis tambahkan taburan gula halus di atasnya. Tepung ketan yang digunakan untuk membuat jalabria bisa yang putih atau hitam. Penggunaan gula pasir pun bisa diganti dengan gula merah. 

Sering disandingkan dengan gemblong, rasa manis gurih khas jalabria mampu memanjakan lidah orang yang mencicipinya, terutama bagi pencinta makanan manis. Cobain bikin, yuk!

Baca Juga: 7 Resep Camilan Pedas Khas Sunda, Ngeunah Pisan Euy!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya