Comscore Tracker

Resep Mini Chicken Cordon Bleu, Ide Bekal Praktis Favorit Anak-anak

Dimakan pakai nasi juga enak, lho

Bingung mau bikin bekal apa lagi? Yuk coba bikin mini chicken cordon bleu. Makanan yang berasal dari Prancis ini punya banyak penggemar. Isiannya ada daging ayam, daging asap/ham, juga keju. Rasanya tentu saja lezat dan gurih. 

Biasanya menu olahan ayam ini disajikan bersama kentang. Namun kamu juga bisa menjadikannya lauk makan nasi. Sama enaknya kok. Ingin langsung bikin? Begini resep chicken cordon bleu dan cara membuatnya.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Mini Chicken Cordon Bleu, Ide Bekal Praktis Favorit Anak-anakilustrasi daging ayam (pexels.com/id-id/@olyakobruseva/)
  • 300 gram dada ayam fillet
  • 2 butir telur kocok lepas
  • 200 gram tepung roti
  • 1 sdt bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt merica bubuk
  • 4 buah daging asap
  • 100 gram keju mozarela
  • 250 ml minyak goreng

 

2. Marinasi daging ayam dengan bumbu

Resep Mini Chicken Cordon Bleu, Ide Bekal Praktis Favorit Anak-anakilustrasi marinasi daging (pexels.com/@mateusz-feliksik-1896604/)

Memarkan daging ayam agar tidak terlalu tebal dan mudah matang saat digoreng. Ketebalan daging yang pas juga membuat mini chicken cordon bleu bisa matang sempurna hingga ke dalam.

Bila daging ayamnya lebar-lebar, potong ke ukuran sebesar ibu jari atau sesuai selera. Lalu marinasi daging ayam dengan garam, bawang putih, dan merica bubuk diamkan 10-30 menit. Tujuannya agar bumbu yang digunakan meresap sampai ke dalam.  

Baca Juga: 5 Tips Bikin Chicken Cordon Bleu ala Devina MCI, Juicy Banget!

3. Mengocok telur untuk baluran daging

Resep Mini Chicken Cordon Bleu, Ide Bekal Praktis Favorit Anak-anakilustrasi mengocok telur (pexels.com/id-id/@sasha-kim/)

Setelah dimarinasi, letakkan daging ayam dalam loyang. Lalu isi bagian tengahnya dengan daging asap/smoked beef dan irisan keju. Gulung hingga semuanya terselimuti. Lakukan sampai semua dagingnya terisi. Lalu siapkan kocokan telur dan tepung roti dalam wadah berbeda. 

Celupkan gulungan ayam ke dalam kocokan telur lalu balur dengan tepung roti. Lakukan langkah ini sebanyak dua kali agar semakin renyah permukaannya. Ulangi hal yang sama pada semua gulungan daging ayamnya. 

4. Goreng hingga matang dan tiriskan

Resep Mini Chicken Cordon Bleu, Ide Bekal Praktis Favorit Anak-anakilustrasi menggoreng (unsplash.com/@tysonbrand)

Siapkan wajan isi dengan minyak. Nyalakan api kecil cenderung sedang. Jangan menggunakan minyak yang terlalu panas agar tidak mudah gosong dan matang merata.

Cukup setelah minyak goreng terlihat hangat, masukkan ayam satu per satu. Kemudian goreng hingga kecokelatan. Jangan lupa untuk membaliknya agar tidak gosong. Lalu angkat dan tiriskan.

5. Sajikan dan kemas setelah dingin

Resep Mini Chicken Cordon Bleu, Ide Bekal Praktis Favorit Anak-anakmini chicken cordon bleu (instagram.com/phie999)

Biarkan mini chicken cordon bleu yang sudah matang agar dingin terlebih dahulu sebelum dikemas. Supaya teksturnya renyah dan tidak mudah lembek karena berkeringat. Setelah itu, masukkan ke dalam kotak bekal anak. Tambahkan saus dan nasi pada wadah terpisah, ya.

Rasanya lezat dan bentuknya imut, bekal mini chicken cordon bleu ini pasti jadi favorit anak-anak. Dijamin habis tak bersisa, deh. Ayo mulai bikin di rumah, ya! 

 

 

 

 

 

 

Baca Juga: 10 Olahan Dada Ayam yang Paling Enak, Cocok buat Kamu yang Sedang Diet

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya