Resep Pukis Tape yang Empuk dan Wangi, Teman Ngopi Terbaik nih!

Cara membuatnya gampang banget

Pencinta camilan jadul pasti tak asing dengan kue pukis. Kue manis yang empuk dan sering disajikan dengan aneka topping ini sangat mudah ditemukan. Harganya murah dan rasanya enak banget, apalagi buat teman ngopi atau ngeteh saat di rumah.

Selain beli di luar, kamu bisa membuat kue pukis sendiri dengan bahan yang ada di rumah. Seperti dengan menambahkan tapai singkong ke dalam adonan kue pukis. Hal ini akan meningkatkan rasa dan aroma kue pukis. Simak resep kue pukis tape berikut ini.

1. Bahan-bahan yang perlu disiapkan

Resep Pukis Tape yang Empuk dan Wangi, Teman Ngopi Terbaik nih!Ilustrasi tape bahan pukis (instagram.com/rina_mariani83)

Bahan utama:

  • 3 butir telur
  • 120 gram gula pasir
  • 250 gram tepung terigu
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 300 ml santan encer
  • 1/2 sdt pasta vanila
  • 150 gram tapai singkong
  • 2 sdm keju oles
  • 3 sdm margarin dilelehkan

Bahan biang ragi:

  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdt ragi instan
  • 2 sdm air hangat

2. Aduk semua bahan menggunakan mikser

Resep Pukis Tape yang Empuk dan Wangi, Teman Ngopi Terbaik nih!Ilustrasi mengaduk adonan (pexels.com/@katerina-holmes)

Siapkan wadah, lalu buat biangnya dengan cara mencampur ragi, air, dan gula. Aduk sampai tercampur dan diamkan selama 7-10 menit. Sambil menunggu, siapkan wadah besar, lalu campurkan telur, emulsifier, dan gula. Mikser sampai rata dan mengembang. 

Ciri-ciri adonan yang mengembang adalah kental putih dan berjejak. Untuk membuat pukis ini, bisa atau tanpa menggunakan emulsifer.

3. Tambahkan tape yang sudah dihaluskan

Resep Pukis Tape yang Empuk dan Wangi, Teman Ngopi Terbaik nih!Ilustrasi mengayak tepung(pexels.com/id-id/@reneasmussen)

Hancurkan tapai singkong menggunakan blender, lalu buang sumbunya. Masukkan ke dalam adonan telur dan tambahkan keju oles atau keju parut. Mikser kembali adonan.

Selanjutnya, kalau sudah tercampur rata, tambahkan tepung terigu. Masukkan dengan cara diayak agar tidak ada bagian yang bergerindil. Mikser kembali sampai tercampur.

Baca Juga: Resep Kue Pukis Tanpa Santan yang Gurih, Gak Butuh Mixer! 

4. Diamkan adonan sampai mengembang

Resep Pukis Tape yang Empuk dan Wangi, Teman Ngopi Terbaik nih!Kue pukis tape (instagram.com/cien_kitchen)

Masukkan santan, bahan biang, margarin cair, dan vanili cair ke dalam adonan. Aduk dengan spatula agar semuanya tercampur. Kemudian, tutup adonan dengan plastic wrap dan diamkan selama 2 jam.

Setelah dua jam adonan akan mengembang, tuang adonan ke dalam gelas takar agar lebih mudah saat menuang ke cetakan nantinya. Panaskan cetakan, lalu oles dengan margarin agar tidak lengket.

5. Masak adonan ke dalam cetakan

Resep Pukis Tape yang Empuk dan Wangi, Teman Ngopi Terbaik nih!Kue pukis tape (instagram.com/ocie_indwi)

Tuang adonan sebanyak 3/4 dari besarnya cetakan. Hal ini dilakukan karena nantinya adonan pukis akan mengembang. Masak dengan api kecil hingga matang. Angkat dan olesi permukaan pukis yang masih hangat dengan mentega. 

Selanjutnya, tambahkan topping yang disukai ke atas pukis, seperti keju, meses, atau sukade. Kue pukis tape siap disajikan bersama minuman kesukaanmu. 

Selalu laris manis diserbu saat sudah matang, kue pukis tape gak pernah bosan untuk selalu disajikan. Yuk, bikin yang banyak supaya gak kehabisan. Selamat mencoba di rumah, ya!

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Kue Pukis yang Rasanya Enak, Empuk, dan Mudah Dibuat

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya