Comscore Tracker

Resep Roti Sobek Isi Vla yang Meleleh dalam Sekali Gigitan!

Bisa buat bekal ke kantor atau sekolah

Kamu pasti sudah gak asing dengan roti sobek, kan? Camilan satu ini terasa gurih dan manis serta mengenyangkan saat dimakan. Selain gurih tanpa isian, ada pula roti sobek dengan vla atau krim di dalamnya.

Saat digigit, roti sobek akan terasa lebih enak dan mudah diterima bagi yang kurang menyukai roti gurih. Bila kamu termasuk pencinta roti, wajib banget cobain resep roti sobek isi vla ini. Dijamin bikin kamu pengin membuatnya terus, deh!

1. Bahan membuat roti sobek isi vla

Resep Roti Sobek Isi Vla yang Meleleh dalam Sekali Gigitan!Ilustrasi bahan bahan roti (unsplash.com/@calumlewis)

Baham roti:

  • 200 gram tepung terigu protein tinggi
  • 1 sdt ragi instan
  • 25 gram gula halus
  • 1 kuning telur
  • 120 ml susu dingin
  • 25 gram mentega
  • 1/4 sdt garam

Bahan vla:

  • 10 gram tepung maizena
  • 10 gram tepung terigu protein sedang
  • 50 gram gula
  • 2 buah kuning telur
  • 200 ml susu cair
  • 15 gram mentega tawar
  • 1/2 sdt vanila cair

2. Aduk dan bagi adonan jadi beberapa bagian

Resep Roti Sobek Isi Vla yang Meleleh dalam Sekali Gigitan!Ilustrasi mengaduk adonan (unsplash.com/@backen_de)

Siapkan wadah, lalu masukkan tepung terigu, gula halus, dan ragi instan. Campur menggunakan mikser, lalu tambahkan kuning telur dan aduk kembali.

Setelah itu, masukkan susu dingin, lalu aduk dengan mikser sampai tercampur. Bila adonan dirasa terlalu kering, tambahkan susu secukupnya. Kemudian, tambahkan mentega dan garam ke dalam adonan. Aduk kembali dengan kecepatan sedang.

Selanjutnya, letakkan adonan di atas alas datar dan bagi adonan menjadi masing-masing 31 gram. Ambil 1 adonan, lalu bulatkan. Saat membentuk adonan, tutup adonan lain dengan kain lap agar tidak kering.

Lakukan hal yang sama pada adonan lainnya sampai habis. Diamkan 10 menit, lalu gilas adonan memanjang. Gulung adonan menjadi bentuk guling dan rapikan pinggirnya.

3. Panggang adonan roti sobek hingga matang

Resep Roti Sobek Isi Vla yang Meleleh dalam Sekali Gigitan!Ilustrasi memanggang roti (unsplash.com/@mvnce)

Siapkan loyang 20x10 cm, lalu olesi dengan mentega dan lapisi menggunakan baking paper. Tata adonan di dalam loyang, lalu beri jarak satu sama lain. Kemudian, tutup loyang dengan plastic wrap, dan biarkan mengembang selama 45-60 menit.

Setelah itu, olesi dengan campuran kuning telur dan air di atasnya. Jika sudah, lanjutkan dengan memanaskan  oven selama 20 menit dengan api bawah. Kemudian, panggang roti dengan suhu 150 derajat selama 20-25 menit.

Setelah matang, olesi bagian atasnya dengan mentega selagi panas. Setelah tidak terlalu panas dan lepaskan dari loyang dan biarkan dingin.

Baca Juga: 9 Tips Bikin Roti Sobek Pakai Teflon ala Devina Hermawan

4. Masak vla untuk isian roti

Resep Roti Sobek Isi Vla yang Meleleh dalam Sekali Gigitan!Ilustrasi membuat vla (unsplash.com/@andreaedavis)

Untuk membuat vla, siapkan panci dan campurkan kuning telur dengan gula pasir hingga rata. Masukkan terigu dan maizena dengan cara diayak, lalu campur sampai rata. Kemudian, tambahkan susu dan masak dengan api sedang sampai meletup sambil diaduk.

Setelah itu, kecilkan api dan aduk sampai mengental. Tambahkan mentega tawar dan pasta vanila, lalu aduk kembali hingga rata dan saring. Aduk terus sampai suhunya dingin. Kemudian, tutup dengan plastic wrap sampai menyentuh atas permukaannya.

Jika sudah, keluarkan dan aduk kembali vla nya. Kemudian, masukkan vla ke dalam pipping bag. 

5. Sajikan roti sobek isi vla selagi hangat

Resep Roti Sobek Isi Vla yang Meleleh dalam Sekali Gigitan!Ilustrasi roti sobek isi vla (unsplash.com/@carlevarino)

Iris bagian tengah roti, lalu spuitkan vla ke dalamnya. Supaya lebih nikmat, tambahkan lelehan cokelat atau parutan keju di atasnya.

Setelah itu, sajikan roti sobek sebagai pelengkap minum teh atau kopi. Kamu juga bisa membawanya sebagai bekal anak ke sekolah atau kamu saat ngantor, lho.

Membuat roti sobek memang sedikit tricky, karena roti bisa gagal mengembang. Meski begitu, kamu pasti bisa kalau mengikuti resep di atas dengan saksama. Yuk, langsung praktik bikin roti sobek isi vla di rumah!

Baca Juga: Resep Roti Sobek Pandan yang Empuk, Gak Perlu Pakai Telur!

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya