Comscore Tracker

Resep Potato Cheese Bread ala Luvita Ho, Simpel Tanpa Oven

cemilan sore bareng kopi

Luvita Ho yang merupakan juara Masterchef Indonesia sesion 4 ini aktif dalam membagikan resep masakannya di salah satu media sosial yaitu YouTube. Dalam akun YouTube-nya yang sudah memiliki subscriber lebih dari 300 ribu ini, banyak sekali ide roti juga kue yang bisa jadi inspirasimu. Sesekali ia juga akan mengajak alumni Masterchef lainnya untuk ikut berbagi resep bersama penontonnya.

Telah memasuki dua tahun sejak video pertamanya diupload, channel ini cukup diminati karena penyampaian yang simpel dan langsung dapat diterapkan. Luvita juga kerap memberi edukasi tentang proses memasak dengan cara yang mudah dicerna. Salah satu resep yang simpel yaitu potato cheese bread.

Roti dan kentang merupakan paduan yang sempurna jika dikombinasikan, ditambah dengan sentuhan kenju menjadikan menu ini sangat menggugah selera. Namun, seringkali membuat hidangan ini membutuhkan alat dan juga bahan yang rumit. Nah, Luvita Ho memberikan resep simpel tanpa oven dan tanpa mixer, bahkan juga tanpa ragi. Berikut penjelasannya.

1. Persiapkan bahan untuk kulit dan isian

Resep Potato Cheese Bread ala Luvita Ho, Simpel Tanpa Ovenilustrasi bahan masakan (pixabay.com/sontung57)

Potato Cheese Bread terdiri dari dua komponen utama yaitu kulit dan isian. Isiannya berisi mashed potato dan juga taburan keju mozarella. Berikut bahan dan takaran lengkapnya.

1. Kulit:

  • 100 gram tepung protein tinggi
  • 2 cubit garam
  • 1/2 sendok teh gula pasir
  • 1/2 sendok teh minyak sayur
  • 1/4 sendok teh baking powder
  • 65-70 gram/ml susu cair (sesuaikan dengan tekstur adonan) 

2. Isi:

  • 1 kentang besar / 2 kentang kecil
  • 2 sendok makan krim (bisa diganti susu)
  • garam dan lada secukupnya
  • 150 gram keju mozarella

2. Kupas kentang dan rebus hingga lunak

Resep Potato Cheese Bread ala Luvita Ho, Simpel Tanpa Ovenilustrasi merebus kentang (pixabay.com/bluebudgie)

Tambahkan sejumput garam pada rebusan kentang agar memiliki rasa. Kentang yang sudah lunak dihaluskan dengan saringan untuk menghasilkan kentang yang halus sempurna. Selanjutnya campurkan semua bahan isian kecuali keju sampai rata.

Baca Juga: Resep Pancake Kentang tanpa Kentang yang Lezat ala Yunhyeong IKON

3. Membuat adonan kulit

Resep Potato Cheese Bread ala Luvita Ho, Simpel Tanpa Ovenilustrasi membuat adonan kulit (pixabay.com/dni2012)

Tepung protein tinggi dicampur dengan baking powder, garam, dan juga gula. Tambahkan sedikit minyak sayur untuk melembabkan adonan. Setelah campuran merata, masukkan krim atau susu secara perlahan sambil diaduk.

Adonan siap untuk diuleni sekitar lima menit hingga mencapai permukaan yang sudah halus dan dapat ditarik. Adonan ditutup dan didiamkan selama setengah jam, fungsinya agar memudahkan saat menggiling adonan. 

4. Menggabungkan isian dengan kulit roti

Resep Potato Cheese Bread ala Luvita Ho, Simpel Tanpa Ovenilustrasi menggiling adonan (pixabay.com/webandi)

Adonan yang sudah didiamkan, kemudian dipipihkan dengan rolling pin atau sejenisnya untuk membentuk kulit yang tipis dan berbentuk bulat sempurna. Jika sudah, masukkan keju dan kentang yang ditumpuk secara bergantian. Terakhir, tutup kulit dengan mencubit ke arah tengah. Jangan sampai ada yang sobek.

5. Memasak roti dengan teflon

Resep Potato Cheese Bread ala Luvita Ho, Simpel Tanpa Ovenmasak roti dengan teflon (youtube.com/Luvita Ho)

Hidupkan api yang paling kecil dan oleskan mentega dan sedikit minyak. Sisi yang  membungkus isian diletakkan menghadap api. Panaskan masing-masing sisi hingga berwarna agak kecoklatan. Kurang lebih dimasak 8-10 menit tiap bagiannya.

6. Potato cheese bread siap dinikmati

Resep Potato Cheese Bread ala Luvita Ho, Simpel Tanpa Ovencuplikan YouTube Luvita Ho (youtube.com/Luvita Ho)

Jika kedua sisi sudah mencapai kematangan yang sempurna, angkat roti dengan hati-hati. Perpaduan keju mozarella dan kentang sudah siap dinikmati. Bisa juga ditambahkan isian lain seperti tumisan daging, daun bawang atau sosis ke dalam adonan kentang untuk varian rasa yang lebih menggugah selera.

Potato cheese bread siap menjadi menu santapan sore hari sambil minup kopi dan teh. Cara membuatnya pun simpel tanpa perlu oven dan mixer.

Baca Juga: Resep Hot Dog Kentang yang Nikmat, Bakal Laris Dijual Nih!

Shafira Raihana Photo Verified Writer Shafira Raihana

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Indiana Malia

Berita Terkini Lainnya