Comscore Tracker

Catat Nih, 6 Makanan yang Sebaiknya Gak Dicuci Sebelum Diolah

Yakin nih gak dicuci gak apa-apa?

Setiap makanan yang akan dimasak atau diolah memang sebaiknya dicuci dan dibersihkan dari segala kotoran yang menempel agar gak bikin sakit perut kalau dimakan. Tapi dari sekian banyak bahan makanan yang harus dicuci sebelum dimasak, ternyata bahan-bahan makanan ini sebaiknya gak dicuci sebelum dimasak.

Kira-kira apa saja ya?

1. Daging unggas

Catat Nih, 6 Makanan yang Sebaiknya Gak Dicuci Sebelum Diolahcarinanorthqualitymeats.com.au

Apakah kamu biasanya mencuci daging ayam sebelum dimasak?

Kalau iya, sebaiknya kamu hentikan kebiasaan ini.

Gak cuma menyingkirkan bakteri atau patogen di daging, tapi mencuci daging ayam sebelum dimasak justru bisa meningkatkan risiko kontaminasi dengan meratakan semua bakteri ke seluruh bagian ayam. Satu-satunya cara yang bakal menyingkirkan bakteri di daging ayam adalah dengan memasaknya matang.

2. Daging merah

Catat Nih, 6 Makanan yang Sebaiknya Gak Dicuci Sebelum Diolahcookist.com

Sama kayak daging ayam, karena alasan menyebar bakteri, sebenarnya kamu malah menambah kelembapan daging saat mencucinya. Kelembapan tambahan ini bakal menciptakan uap saat dimasak yang bakal berpengaruh sama citarasa masakan. Jadi kalau kamu tetap pengen mencucinya, gunakan air mengalir dan keringkan dengan paper towel sebelum memasaknya untuk menghilangkan ekstra air di daging.

Jangan lupa untuk membersihkan tempat & wadah dagingnya biar bakterinya gak kemana-mana.

3. Pre-washed salad

Catat Nih, 6 Makanan yang Sebaiknya Gak Dicuci Sebelum Diolahrawpixel.com/104975

Kalau kamu suka makan salad dan beli salad, perhatikan kemasannya. Kalau sudah ada tulisan pre-washed artinya kamu gak perlu mencucinya kembali. Hemat waktu & air saja, beb. Mendingan persiapkan makanan yang lain dan simpan salad yang sudah dicuci ini di dalam kulkas.

Baca Juga: 7 Resep Masakan Italia buat Pemula, Gak Kalah Enak Sama Restoran Mewah

4. Jamur

Catat Nih, 6 Makanan yang Sebaiknya Gak Dicuci Sebelum Diolahrawpixel.com/104974

Kayak daging, jamur bisa berubah rasa dan konsistensinya kalau terkena air dalam waktu yang lama. Gak bikin bahaya sih, cuma bakal jadi benyek dan gak enak gitu. Lebih baik bersihkan dengan paper towel yang basah karena jamur ini gampang banget menyerap air.

5. Telur

Catat Nih, 6 Makanan yang Sebaiknya Gak Dicuci Sebelum Diolahrawpixel.com/435801

Percaya atau tidak, ada loh orang yang mencuci semua telurnya sebelum disimpan ke dalam kulkas atau wadah karena geli melihat kotoran-kotoran menempel di cangkangnya.

Padahal kamu gak perlu khawatir lho, telur-telur ini memiliki lapisan pelindung yang bisa membentengi diri dari bakteri luar sehingga dalamnya tetap aman. Yang kamu perlukan hanya mengawasi kondisi kuning telur sebelum dimasak. Kuning telur yang baik ketika dipecah akan tetap utuh bulat dan tidak berbau aneh.

Kalau telurmu pas dibuka sudah pecah kuningnya dan baunya gak enak, buang aja daripada kamu keracunan salmonella.

6. Pasta

Catat Nih, 6 Makanan yang Sebaiknya Gak Dicuci Sebelum Diolahrawpixel.com/87762

Pasta memang jarang bisa bikin kita sakit, tapi bukan berarti kita harus mencucinya tiap kali usai dimasak. Mencuci pasta matang cuma bakal bikin saus lebih susah untuk tercampur rata di dalam hidangannya. Tapi kalau beras, quinoa, memang harus selalu dicuci sebelum dimasak biar rasanya oke dan konsistensinya pas.

Siapa bilang semua bahan-bahan harus dicuci sebelum dimasak? Next time kalau ada yang protes kenapa kamu gak mencuci daging pas mau masak, tunjukkan saja artikel ini biar mereka tercerahkan.

Baca Juga: Gunakan 5 Bahan Halal Ini Sebagai Pengganti Alkohol Dalam Masakan 

Jaladriana Photo Community Writer Jaladriana

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You