Comscore Tracker

Gampang Dibuat, 5 Energy Bar Ini Pas Dikonsumsi Kamu yang Mudah Capek

Gampang banget kamu sontek nih!

Di sela-sela kegiatan atau pekerjaan yang padat dan berat, kamu tentu sering merasakan penurunan energi. Untuk itu, dalam rangka meningkatkan energi biasanya kita harus mengkonsumsi makanan yang kaya nutrisi.

Bagi kamu yang super sibuk dan punya sedikit waktu luang untuk memasak, membuat energi bar atau yang biasa disebut granola, adalah salah satu pilihan terbaik.

Nah, di bawah ini ada beberapa macam granola yang wajib dikonsumsi kamu yang mudah merasa lelah karena dibuat tanpa pemanis buatan dengan bahan-bahan yang menyehatkan.

Nggak cuma terbuat dari bahan-bahan yang sehat dan mudah didapat, 5 energi bar di bawah ini juga gampang dibuat sendiri di rumah lho! 

1. Tropical coconut granola bar

Gampang Dibuat, 5 Energy Bar Ini Pas Dikonsumsi Kamu yang Mudah CapekModernhoney.com

Sesuai namanya, granola satu ini dibuat dengan beragam campuran bahan dan bauh-buahan tropis. Oat, madu, minyak kelapa, dipadukan kurma, parutan kelapa, serta potongan nanas atau mangga kering, makanan satu pasti dijamin cocok buat kamu yang menyukai cita rasa manis, asam, dan gurih. 

Bar satu ini baik dikonsumsi untuk menambah energi sebab kaya gizi di antaranya adalah karbohidrat, fruktosa, glukosa, dan sukrosa dari kurma yang terkenal sebagai energy booster. Selain itu, serat dalam buah-buahan lain, yakni nanas dan mangga tentunya juga baik untuk perncernaan. 

2. Peanut butter chocolate bar

Gampang Dibuat, 5 Energy Bar Ini Pas Dikonsumsi Kamu yang Mudah CapekMomlovesbaking.com

Yup, granola selanjutnya pasti cocok banget untuk kamu penggemar cokelat dan selai kacang. Dibuat dengan mencampur oat dan selai kacang alami dan juga dark chocolate, camilan satu ini juga bermanfaat me-recharge energi dan semangat kamu nih! 

Cokelat hitam atau dark chocolate adalah bahan makanan yang sangat potensial meningkatkan stamina, karena kandungan kafein dan teobromin di dalamnya. Eits, gak perlu khawatir makanan satu ini bakal membuatmu gemuk karena cokelat semakin gelap warnanya maka semakin sedikit gula di dalamnya. Jadi, mengonsumsi granola dengan cokelat hitam aman untuk kamu yang diet kok! 

Baca Juga: Resep Granola Cookies, Camilan Renyah Rendah Kalori untuk WFH

3. Apricot granola bar

Gampang Dibuat, 5 Energy Bar Ini Pas Dikonsumsi Kamu yang Mudah CapekCitronlimette.com

Nggak cuma cokelat hitam, selanjutnya kamu juga bisa mengkreasikan granola dengan aprikot dan white choco chips. Kombinasi antara aprikot kering yang kenyal dan choco chip yang manis nggak bikin bar jadi enek pastinya. 

FYI, jumlah cairan di seluruh tubuh bergantung pada kalium serta natrium. Nah, aprikot ini mengandung kalium tinggi yang bisa menjaga keseimbangan elektrolit dan memastikan energi tersalurkan ke seluruh tubuh. Jadi, aprikot granola bar ini bisa kamu jadikan camilan sebagai cadangan energi. 

4. Cranberry walnut bar

Gampang Dibuat, 5 Energy Bar Ini Pas Dikonsumsi Kamu yang Mudah CapekModernhoney.com

Nggak cuma almond, granola bar juga bisa kamu padukan dengan kacang yang punya segudang manfaat, yakni kenari. Seperti kacang lain, kalori dalam kacang kenari sebagian besat disusun dari lemak. Ini membuat kenari menjadi makanan padat energi dan kalori, tanpa meningkatkan obesitas. 

Selain itu, buah cranberry kering yang menjadi pendamping, juga kaya akan polifenol yang bagus untuk kesehatan jantung, serta menjaga sistem imun tubuh. 

5. Almond chocochips bar

Gampang Dibuat, 5 Energy Bar Ini Pas Dikonsumsi Kamu yang Mudah CapekLifemadesimplebakes.com

Last but not least, kreasi isian granola selanjutnya yang mudah dibuat dan menyehatkan, yakni almond dak cokelat chip. Almond terkenal sangat kaya gizi, karena tinggi magnesium dan protein yang mampu mempertahankan energimu seharian. Nggak cuma itu, dikemas penuh dengan vitamin E, kacang almond ini punya manfaat baik untuk kesehatan kulitmu, guys

Cara membuat granola bar

Gampang Dibuat, 5 Energy Bar Ini Pas Dikonsumsi Kamu yang Mudah CapekModernhoney.com/

Nah, untuk cara membuatnya, granola energy bar ini tergolong simpel dan mudah untuk dibuat sendiri karena bisa dimasak tanpa oven. Berikut langkah-langkahnya :

  • Siapkan wadah, campurkan bahan-bahan kering seperti oat, buah kering, kacang-kacangan, serta cokelat chip. Kamu bisa mencincang kacang-kacangan secara manual, atau menggunakan food processor. 
  • Dalam wadah terpisah, campurkan bahan basah seperti madu, minyak kelapa, butter atau margarin, serta selai. Aduk hingga tercampur rata.
  • Tuang adonan basah, dan campurkan ke dalam wadah bahan kering. 
  • Setelah tercampur rata, siapkan loyang dan olesi  dengan margarin. Beri kertas roti, dan olesi kembali dengan butter atau margarin di atas kertas. 
  • Tuang adonan ke dalam loyang, tekan hingga memadat. 
  • Masukkan adonan tersebut ke dalam kulkas hingga mengeras. 
  • Setelah kurang lebih 1 jam, keluarkan, dan potong-potong granola dengan ukuran sesuai selera. Selesai, granola siap dinikmati.

Gimana, sangat mudah bukan? Sudah siap membuat sendiri di rumah, guys?

Download aplikasi makanan Yummy App untuk mendapatkan beragam referensi resep masakan sesuai dengan selera kamu, lengkap dengan cara memasaknya hanya di Google Play Store dan App Store.

Baca Juga: 5 Fakta Whey Protein, Protein Terbaik untuk Tingkatkan Massa Otot

Sinta Wijayanti Photo Verified Writer Sinta Wijayanti

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Antonius Putu Satria

Berita Terkini Lainnya