Comscore Tracker

10 Kesalahan saat Membuat Kue Kering yang Jarang Disadari

Jangan sampai kue kering buatanmu gagal

Siapa yang suka menyantap kue kering sembari menyesap teh hangat? Kue kering menjadi kudapan andalan yang biasa dinikmati bersama kopi atau susu hangat saat bersantai di sore hari.

Uniknya, kue kering juga bisa dipadukan dengan aneka topping kesukaanmu, seperti kismis, choco chips, kacang-kacangan, dan selai. Namun, tentu saja membuat kue kering itu susah-susah gampang.

Meski tampak simpel dengan mencampur semua bahan, menguleni, dan membentuk, tapi kesalahan sepele ternyata bisa membuat kue kering buatanmu gagal, lho. Yuk, cek apa saja kesalahan yang perlu dihindari saat membuat kue kering!

1. Mengocok dengan mikser berkecepatan tinggi terlalu lama mempengaruhi tekstur kue kering. Tak harus mikser, kamu bisa memakai garpu atau spatula

10 Kesalahan saat Membuat Kue Kering yang Jarang Disadariilustrasi saat mengocok adonan dengan mixer (pexels.com/Taryn Elliott)

2. Berhenti mengaduk saat sudah tidak ada tepung yang menempel pada wadah. Mengaduk terlalu lama akan membuat tekstur kue keringmu keras

10 Kesalahan saat Membuat Kue Kering yang Jarang Disadariilustrasi saat mengaduk adonan dengan balloon whisk (pexels.com/Andres Ayrton)

3. Sebaliknya, kurang lama dalam mengaduk bisa membuat adonan menggumpal. Ini tentu berpengaruh terhadap hasil dari kue keringmu

10 Kesalahan saat Membuat Kue Kering yang Jarang Disadariilustrasi saat mengaduk adonan dengan balloon whisk (pexels.com/ Ron Lach)

4. Perhatikan aturan mentega dalam resep membuat adonan supaya kue keringmu tidak gagal. Dicairkan atau cukup suhu ruangan, ya?

10 Kesalahan saat Membuat Kue Kering yang Jarang Disadariilustrasi bahan-bahan untuk membuat kue kering (pexels.com/MART PRODUCTION)

5. Karena rasa asin mentega terkadang kurang cukup, kamu bisa menambahkan garam secukupnya agar cita rasa kue kering lebih gurih

10 Kesalahan saat Membuat Kue Kering yang Jarang Disadariilustrasi garam (pexels.com/Tara Winstead)

Baca Juga: 10 Tips Membuat Kastengel yang Renyah dan Gurih, Antigagal! 

6. Jangan terlalu banyak menyentuh adonan dengan telapak tangan agar teksturnya tidak keras. Gunakan ujung jari karena suhunya lebih hangat

10 Kesalahan saat Membuat Kue Kering yang Jarang Disadariilustrasi saat menguleni adonan dengan tangan (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

7. Menata terlalu rapat di loyang bisa membuat kue keringmu hancur atau menempel, lho. Beri jarak yang cukup untuk mengembang

10 Kesalahan saat Membuat Kue Kering yang Jarang Disadariilustrasi saat menata kue kering di loyang (pexels.com/Felicity Tai)

8. Mengoleskan mentega terlalu banyak di dasar loyang bisa membuat kue kering mudah gosong. Sebaiknya pakai kertas roti atau cooking spray

10 Kesalahan saat Membuat Kue Kering yang Jarang Disadariilustrasi loyang telah dilapisi kertas roti (pexels.com/Tara Winstead)

9. Usahakan untuk mendinginkan adonan sebelum dipanggang agar teksturnya lebih renyah. Pastikan adonan terbungkus rapat

10 Kesalahan saat Membuat Kue Kering yang Jarang Disadariilustrasi adonan kue kering (pexels.com/Klaus Nielsen)

10. Jangan mengandalkan timer saat memanggang karena tak semua oven memiliki panas merata. Pastikan cek secara berkala agar tidak gosong, ya!

10 Kesalahan saat Membuat Kue Kering yang Jarang Disadariilustrasi saat hendak memanggang kue kering (pexels.com/SHVETS production)

Membuat kue kering untuk camilan atau teman minum teh sebenarnya tidak terlalu sulit. Kamu hanya perlu teliti terhadap detail kecil saat mencampur bahan, menguleni, membentuk, dan memanggang. Yuk, nikmati waktu luangmu dengan membuat kue kering sendiri di rumah.

Baca Juga: Resep Kue Bagea, Kue Kering dari Timur Indonesia

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya