Comscore Tracker

Resep Aci Telur yang Viral, Bisa Jadi Ide Camilan di Rumah

Semakin enak dinikmati selagi hangat, lho!

Akhir-akhir ini, kita tak pernah kehabisan ide untuk membuat camilan sendiri di rumah. Aci adalah salah satu camilan khas yang cukup populer dan disukai di Indonesia. Berbagai resep kreasi aci bahkan tersedia untuk dicoba.

Aci telur adalah salah satu kreasi aci yang sedang tren saat ini. Dengan cara pembuatan dan bahan-bahan yang mudah ditemukan di dapur, kamu pasti bisa membuatnya. Cocok untuk camilan saat hujan, begini cara membuat aci telur yang sedap!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Aci Telur yang Viral, Bisa Jadi Ide Camilan di Rumahilustrasi bahan-bahan yang diperlukan saat memasak (unsplash.com/toddquackenbush)

Bahan-bahan:

  • 2,5 sdm tepung tapioka
  • 1 sdt kencur bubuk
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 1 sdt bubuk cabai
  • 1 batang daun bawang
  • 2 butir telur
  • 1 sdm mentega
  • penyedap secukupnya
  • garam secukupnya
  • 250 ml air

2. Campurkan semua bahan dalam wadah

Resep Aci Telur yang Viral, Bisa Jadi Ide Camilan di Rumahilustrasi saat memasak (unsplash.com/conscious_design)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan wadah untuk mencampurkan semua bahan. Masukkan tepung tapioka, kencur bubuk, bawang putih bubuk, dan daun bawang sesuai takaran.

Untuk menambah cita rasa, tambahkan cabai bubuk, garam, penyedap rasa, dan air secukupnya. Aduk hingga semua bahan tercampur rata, pastikan adonan tidak menggumpal.

3. Masukkan bahan lain ke dalam adonan

Resep Aci Telur yang Viral, Bisa Jadi Ide Camilan di Rumahilustrasi bahan-bahan yang disiapkan saat memasak (unsplash.com/mvdheuvel)

Selain aci, telur, dan daun bawang, kamu juga bisa menambahkan variasi bahan-bahan lain sesuai dengan selera. Kamu bisa menambahkan sosis, bakso, keju, atau makaroni.

Semakin banyak bahan-bahan yang ditambahkan, maka tekstur dan cita rasa aci telur semakin beragam. Tak hanya itu, kamu bisa menambahkan jenis sayuran lain juga, lho.

Baca Juga: 5 Resep Jajanan Aci yang Praktis dan Murah, Cocok untuk Tanggal Tua

4. Masak telur dan aci dalam wajan

Resep Aci Telur yang Viral, Bisa Jadi Ide Camilan di Rumahilustrasi saat memasak (unsplash.com/conscious_design)

Setelah adonan aci tercampur, oleskan mentega secukupnya pada wajan untuk menggoreng telur. Supaya telur tercampur dengan adonan aci, aduk-aduk hingga menyerupai scrambled egg.

Masukkan adonan aci, lalu aduk dengan telur orak-orak hingga merata. Saat adonan sedikit mengental, tambahkan bawang goreng di atasnya sebagai tambahan topping.

5. Aci telur siap disajikan, deh!

Resep Aci Telur yang Viral, Bisa Jadi Ide Camilan di Rumahilustrasi aci telur (twitter.com/eruliafeht)

Setelah matang, angkat aci telur dan pindahkan ke piring. Aci telur paling cocok disantap selagi hangat saat musim hujan seperti saat ini. 

Kamu bisa menambahkan saus cabai atau bubuk cabai di atasnya untuk menambah tingkat kepedasan. Namun, pastikan kamu memasak aci telur hingga matang agar tidak sakit perut, ya.

Cara pembuatan dan bahan membuat aci telur yang diperlukan cukup mudah, kan? Jadi, tak perlu bingung memilih camilan saat bosan atau sedang hujan di rumah. Yuk, berkreasi sendiri di rumah!

Baca Juga: Resep Cilok Goang, Cilok Pedas dengan Kuah Segar Asal Tasikmalaya

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya