Comscore Tracker

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus yang Lembut dan Gak Bantat

Untuk bikinnya, cuma butuh empat telur lho #LokalIDN

Dengan rasanya yang legit dan teksturnya yang lembut, bolu menjadi pilihan kue favorit yang disajikan sebagai hidangan manis yang disantap setelah makan. Di Indonesia, bolu tersedia dalam berbagai macam seperti bolu ketan hitam, bolu pisang, dan bolu klemben.

Yang membedakan adalah bahan tambahan yang dicampurkan ke dalam adonan bolu. Seperti bolu ketan hitam yang terbuat dari tepung ketan hitam, gula pasir, dan telur. Kamu pun bisa memilih untuk dikukus atau dipanggang, lho.

Berikut ini resep membuat bolu ketan hitam kukus yang anti bantat dan kempes. Yuk, coba bikin sendiri di rumah!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus yang Lembut dan Gak Bantatilustrasi bahan membuat bolu (youtube.com/CR COOK)

Bahan-bahan:

  • 175 gram tepung ketan hitam
  • 125 gram gula pasir
  • 4 butir telur
  • 100 ml minyak sayur
  • 1 sachet santan instan
  • 1/2 sdt vanili
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 1 sdt cokelat bubuk

2. Campurkan telur, gula pasir, emulsifier, dan vanili secukupnya

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus yang Lembut dan Gak Bantatilustrasi membuat kue (youtube.com/CR COOK)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan wadah. Lalu masukkan telur satu per satu, gula pasir, dan emulsifier secukupnya sesuai takaran. Kemudian, campur bahan-bahan ini menggunakan mikser dengan kecepatan tinggi.

Pastikan bahan-bahan tercampur secara merata dengan mengaduk adonan selama beberapa menit. Adonan yang mengembang ditandai dengan tekstur yang kental dan warnanya yang berubah menjadi putih seperti busa.

Baca Juga: Resep Brownies Ketan Hitam, Aroma Harumnya Bikin Jatuh Hati 

3. Masukkan tepung ketan hitam secara perlahan

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus yang Lembut dan Gak Bantatilustrasi memasukkan tepung ketan hitam (youtube.com/CR COOK)

Setelah adonan mengembang, maka selanjutnya tambahkan tepung ketan hitam yang dituangkan secara perlahan. Di tahap ini, kamu bisa mengecilkan kecepatan mikser menjadi paling rendah atau cukup mengaduknya dengan spatula.

Usahakan jangan terlalu sering mengaduk menggunakan mikser agar tekstur bolu tidak bantat saat dikukus. Lalu, tambahkan santan instan dan minyak sayur ke dalam adonan.

4. Aduk adonan dengan teknik aduk balik

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus yang Lembut dan Gak Bantatilustrasi mengaduk adonan bolu (youtube.com/CR COOK)

Setelah itu, lakukan teknik aduk balik untuk mencampur semua bahan secara merata. Teknik ini dilakukan dengan cara mengambil adonan dari bawah ke atas. Lakukan secara perlahan-lahan hingga merata.

Saat mengaduk, pastikan tidak ada endapan minyak pada adonan karena bisa menyebabkan teksturnya menjadi bantat. Di tahap ini, kamu disarankan untuk menggunakan spatula dibandingkan dengan mikser.

5. Kukus bolu ketan hitam selama 30 menit dengan api kecil

Resep Bolu Ketan Hitam Kukus yang Lembut dan Gak Bantatilustrasi adonan bolu ketan hitam (youtube.com/CR COOK)

Di tahap terakhir, tuang adonan ke dalam loyang tulban yang sudah diolesi mentega. Sebelum adonan dimasukkan, usahakan untuk memanaskan kukusannya terlebih dahulu.

Setelah itu, kukus adonan selama 30 menit dengan api kecil saja. Pastikan tutup kukusannya dibungkus dengan kain bersih agar uap airnya tidak menetes pada bolu.

Setelah matang, angkat dan diamkan sebentar hingga suhunya turunan. Lalu, pindahkan di atas piring. Dengan cara pembuatan dan bahan-bahan yang mudah, bolu ketan hitam kukus cocok sebagai pilihan camilan yang legit dan lembut untuk keluarga.

Baca Juga: 5 Kreasi Bolu Sarang Semut Paling Unik, Nikmat Bukan Main

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya