Comscore Tracker

Resep Bolu Marmer Labu Kuning Kukus, Teksturnya Lembut Banget!

Camilan keluarga yang legit dan nikmat

Di Indonesia, bolu cukup digemari sebagai camilan atau hidangan manis yang disantap setelah makan. Bolu berbahan dasar tepung terigu, telur, mentega, dan gula pasir. Seiring perkembangan zaman, jenis bolu kian beragam dengan penambahan bahan-bahan lain.

Labu kuning sangat cocok dipadukan dengan adonan bolu marmer karena teksturnya yang lembut. Kamu cukup mengukus dan menghaluskan labu kuning, lalu mencampurnya dengan adonan bolu marmer.

Gak perlu oven, berikut resep bolu marmer labu kuning kukus yang lumer di mulut. Dijamin praktis dan gak pakai ribet!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Bolu Marmer Labu Kuning Kukus, Teksturnya Lembut Banget!ilustrasi bahan-bahan saat membuat kue (unsplash.com/towfiqu999999)

Bahan-bahan:

  • 250 gram labu kuning
  • 4 butir telur
  • 160 gram gula pasir
  • 1/2 sdt emulsifier
  • 180 gram tepung terigu
  • 20 gram susu bubuk
  • 100 ml minyak sayur
  • 1 bungkus susu kental manis
  • 1 sdt cokelat bubuk

2. Potong dan kukus labu kuning

Resep Bolu Marmer Labu Kuning Kukus, Teksturnya Lembut Banget!ilustrasi saat mengukus labu kuning (youtube.com/kimam kitchen)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengupas labu kuning dari kulitnya, lalu potong berbentuk dadu. Jika sudah, kukus labu kuning hingga matang dan teksturnya empuk.

Setelah matang, haluskan labu kuning dengan chopper atau menggunakan saringan yang ditekan dengan sendok. Pastikan saat hendak dihaluskan labu kuning sudah dingin, ya.

3. Campurkan telur, gula pasir, dan SP

Resep Bolu Marmer Labu Kuning Kukus, Teksturnya Lembut Banget!ilustrasi saat mencampur telur, gula pasir, dan SP (youtube.com/kimam kitchen)

Ambil wadah, lalu masukkan telur satu per satu, gula pasir, dan emulsifier secukupnya sesuai takaran. Di sini, kamu bisa mencampur bahan-bahan menggunakan mikser atau balloon whisk.

Pastikan di tahap ini kamu mengaduk adonan hingga mengembang, kental, dan berwarna putih pucat. Kemudian, tambahkan tepung terigu dan susu bubuk yang sudah disaring agar adonan tidak menggumpal.

Baca Juga: Resep Bolu Kukus Keju yang Lembut, Mirip Roti Mahal di Restoran!

4. Aduk merata adonan dengan spatula

Resep Bolu Marmer Labu Kuning Kukus, Teksturnya Lembut Banget!ilustrasi saat mengaduk adonan (youtube.com/kimam kitchen)

Setelah ditambahkan tepung terigu dan susu bubuk, aduk adonan dengan spatula agar semua bahan tercampur rata. Masukkan minyak sayur dan susu kental manis. Aduk kembali hingga tercampur rata.

Di tahap terakhir, masukkan labu kuning kukus yang sudah dihaluskan. Pastikan mengaduk adonan hingga ke dasar wadah agar tidak ada bahan yang mengendap. Hal ini bisa menyebabkan bolu menjadi bantat saat dikukus.

5. Aduk adonan cokelat untuk memperindah tampilan bolu

Resep Bolu Marmer Labu Kuning Kukus, Teksturnya Lembut Banget!ilustrasi adonan cokelat untuk bolu marmer (youtube.com/kimam kitchen)

Untuk mempercantik bolu marmer, ambil mangkuk kecil, lalu tambahkan enam sendok adonan kuning. Jangan lupa untuk mencampurnya dengan bubuk cokelat atau pasta cokelat.

Setelah itu, siapkan loyan tulban yang sudah diolesi mentega dan diberi taburan tepung terigu agar tidak lengket. Kemudian, tuang adonan cokelat di bagian bawah terlebih dahulu.

Selanjutnya, tuang adonan kuning di atasnya. Lakukan secara bergantian hingga masing-masing adonan habis. Untuk membuat corak pada adonan, kamu bisa menggunakan sendok atau tusuk sate.

6. Kukus bolu selama 30 menit dengan api kecil

Resep Bolu Marmer Labu Kuning Kukus, Teksturnya Lembut Banget!ilustrasi adonan bolu marmer saat hendak dikukus (youtube.com/kimam kitchen)

Kukus adonan dengan api kecil selama 30 menit. Pastikan tutup kukusannya dibungkus dengan kain bersih agar uap airnya tidak menetes pada adonan.

Untuk mengetahui bolu yang dikukus sudah matang atau belum, kamu bisa menggunakan tusuk sate untuk memastikan teksturnya. Setelah matang, diamkan sebentar hingga suhunya turun. 

Bolu marmer labu kuning siap disajikan untuk camilan keluarga yang legit. Dengan tambahan labu kuning, tekstur dari bolu marmer ini semakin lembut dan padat, lho. Yuk, cobain bikin sendiri di rumah.

Baca Juga: Resep Bolu Tiramisu Kukus yang Lembut, Enaknya Berlapis-lapis!

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya