Comscore Tracker

Resep dan Tips Membuat Sambal Pencit yang Nikmat, Begini Caranya!

Cocok disantap dengan lauk dan nasi hangat

Bagi orang Indonesia, makan tanpa sambal selayaknya peribahasa "Bagaikan sayur tanpa garam" alias kurang lengkap. Dengan kegemaran orang Indonesia terhadap saus pedas ini, tak heran bila terdapat banyak jenis sambal yang populer sebagai pendamping lauk.

Nah, salah satunya sambal pencit atau mangga muda yang identik dengan perpaduan cita rasa asam serta pedas yang nikmat. Jenis sambal ini bahkan sangat populer di Jawa Timur sebagai pelengkap ayam atau bebek goreng, lho.

Meski begitu, kamu bisa membuat sambal pencit sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat. Pedas dan segar, berikut resep dan tips membuat sambal pencit supaya terasa lebih lezat saat dicocol dengan lauk.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep dan Tips Membuat Sambal Pencit yang Nikmat, Begini Caranya!ilustrasi bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat sambal pencit dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Bahan-bahan:

  • 25 buah cabai rawit
  • 15 buah cabai keriting merah
  • 6 siung bawang merah, belah dua
  • 3 siung bawang putih, belah dua
  • 1 buah tomat, potong
  • 2 buah terasi
  • 300 gram buah mangga mengkal, kupas dan parut
  • ½ sdt garam
  • 1 sdm gula pasir
  • minyak goreng secukupnya

2. Tumis bahan-bahan sambal pencit

Resep dan Tips Membuat Sambal Pencit yang Nikmat, Begini Caranya!ilustrasi saat menumis bahan-bahan untuk sambal pencit dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Bila kamu menggunakan bawang merah dan bawang putih berukuran besar, sebaiknya dipotong-potong terlebih dahulu atau dibelah menjadi dua bagian. Ini bertujuan supaya saat ditumis, bawang merah maupun bawang putih matang secara merata.

Setelah itu, panaskan minyak goreng secukupnya untuk menumis bahan. Masukkan bawang merah, bawang putih, cabai rawit, dan cabai keriting merah. Tumis hingga sedikit mengering, lalu tambahkan juga terasi dan tomat yang sudah dipotong dadu.

3. Ulek bahan sambal pencit yang sudah ditumis

Resep dan Tips Membuat Sambal Pencit yang Nikmat, Begini Caranya!ilustrasi saat menghaluskan sambal dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah matang dan harum, angkat dan taruh bahan-bahan di atas ulekan. Namun, bila kamu ingin lebih cepat, bisa juga memakai food processor untuk menghaluskan bahan. Beri garam dan gula pasir secukupnya atau bisa disesuaikan dengan selera, ya.

Selanjutnya, haluskan atau ulek sambal sesuai tekstur yang diinginkan. Sembari itu, kupas mangga mengkal atau setengah matang, lalu parut atau dicincang dengan pisau. Kemudian, aduk parutan mangga mengkal dengan sambal hingga merata. 

Baca Juga: Resep Sambal Mangga, Rasa Asam dan Segarnya Menggoyang Lidah

4. Cara membuat sambal pencit lebih awet

Resep dan Tips Membuat Sambal Pencit yang Nikmat, Begini Caranya!ilustrasi saat menumis bahan-bahan untuk sambal pencit dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Meski kamu pernah menemui sambal pencit yang terbuat dari bahan-bahan mentah, tetapi menumis cabai, bawang, dan tomat sebelum diulek ternyata bisa membuat sambal lebih tahan lama, lho. Sambal dadak biasanya cenderung lebih cepat berair dan tidak awet.

Namun, bila kamu menyukai sambal dadak atau mentah, pastikan untuk mengurangi porsi bawang merah dan bawang putih supaya lebih nikmat dan rasa bawangnya tidak dominan. Jenis sambal dengan bahan mentah seperti ini cukup populer di Tanah Sunda.

5. Cara memilih mangga yang tepat

Resep dan Tips Membuat Sambal Pencit yang Nikmat, Begini Caranya!ilustrasi saat mengupas mangga untuk membuat sambal pencit dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Sebenarnya, tingkat kematangan mangga untuk membuat sambal pencit bisa disesuaikan dengan selera. Sebagian orang justru cenderung menyukai cita rasa sambal yang dominan asam atau sebaliknya ada juga yang lebih menggemari yang sedikit manis, nih.

Namun, mangga mengkal adalah pilihan yang terbaik untuk digunakan sebagai pelengkap sambal pencit karena tingkat kematangannya yang pas dan setengah matang, tidak terlalu asam, dan teksturnya garing. Warna mangga mengkal biasanya cenderung kuning pucat.

Nah, cara terbaik supaya sambal pencit tidak mudah berair dan lebih awet adalah dengan menumis bahan-bahannya terlebih dahulu sebelum diulek, seperti resep di atas, lho. Saus pedas ala Indonesia ini paling cocok disantap dengan lauk dan nasi hangat.

Baca Juga: 7 Cara Budi Daya Jeruk Sambal di Rumah, Ternyata Mudah!

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya