Resep Es Pisang Ijo Karamel ala Rumahan, Cocok buat Buka Puasa

Buatnya bisa lebih praktis tanpa perlu dikukus dulu, nih!

Saat berbuka puasa, segar rasanya kalau berbuka dengan es. Di Indonesia sendiri terdapat beraneka ragam kudapan manis yang selalu menjadi primadona saat bulan Ramadan, seperti es pisang ijo misalnya.

Kalau kamu belum tahu, es pisang ijo merupakan kudapan berbahan dasar pisang raja, ambon, atau kepok yang berasal dari Makassar, Sulawesi Selatan. Namun, kini kamu tidak perlu jauh-jauh ke Makassar untuk menjajal es pisang ijo, nih.

Tentu kamu bisa membuat sendiri di rumah, lho. Kalau umumnya kudapan ini identik dengan sirup warna merah khas Makassar, berikut resep es pisang ijo dengan saus karamel yang aroma dan rasanya tidak kalah menggugah selera.

1. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es pisang ijo

Resep Es Pisang Ijo Karamel ala Rumahan, Cocok buat Buka Puasailustrasi bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat es pisang ijo (youtube.com/Devina Hermawan)

Bahan kulit pisang ijo:

  • pisang raja atau kepok secukupnya
  • 125 gram tepung terigu protein sedang
  • 25 gram tepung kanji
  • 1 butir telur
  • 200 ml susu
  • 50 ml jus pandan
  • ½ sdt garam
Bahan bubur sumsum:
  • 40 gram tepung beras
  • 10 gram tepung beras ketan
  • 250 ml susu
  • 250 ml santan
  • 3-5 lembar daun pandan
  • garam secukupnya
Bahan saus karamel:
  • 100 gram gula semut
  • 100 gram gula pasir
  • 50 gram mentega
  • 250 ml susu
  • 1 sdm tepung maizena

2. Rebus pisang terlebih dahulu selama 5-10 menit

Resep Es Pisang Ijo Karamel ala Rumahan, Cocok buat Buka Puasailustrasi saat merebus pisang (youtube.com/Devina Hermawan)

Pertama-tama, kamu perlu merebus pisang sebagai salah satu bahan dasar dari kudapan manis khas Makassar ini. Rebusnya cukup selama 5-10 menit. 

Di sini, kamu bisa memilih jenis pisang sesuai selera atau yang ada di dapur saja supaya lebih praktis. Bisa pisang kepok, raja, atau nangka.

Untuk jumlah pisang yang digunakan, bisa disesuaikan dengan ukuran atau jenisnya. Setelah direbus, taruh di atas piring atau wadah lalu diamkan sebentar. Kalau suhunya sudah turun, kupas pisang dari kulitnya.

3. Campurkan semua bahan untuk membuat kulit pisang ijo

Resep Es Pisang Ijo Karamel ala Rumahan, Cocok buat Buka Puasailustrasi saat mencampurkan semua bahan untuk membuat kulit pisang ijo (youtube.com/Devina Hermawan)

Supaya lebih praktis, kulit pisang ijo di sini tidak perlu menggunakan tepung beras dan dikukus seperti pada umumnya. Tetapi, cukup dimasak menggunakan teflon seperti kulit panekuk.

Ambil wadah atau mangkuk besar, kemudian masukkan seluruh bahan untuk membuat kulit pisang ijo seperti tepung terigu, tepung kanji, telur, susu, jus pandan, dan garam sesuai takaran.

Kalau ingin warna yang lebih hijau, kamu bisa menambahkan adonan kulit dengan ekstrak pandan. Lalu, aduk sampai semua tercampur rata dengan balloon whisk atau spatula.

Baca Juga: Resep Pallu Butung, Makanan Khas Sulawesi yang Mirip Es Pisang Ijo

4. Masak kulit pisang ijo dengan menggunakan teflon

Resep Es Pisang Ijo Karamel ala Rumahan, Cocok buat Buka Puasailustrasi saat memasak kulit pisang ijo (youtube.com/Devina Hermawan)

Untuk jenis teflon, kamu bisa memakai jenis apa pun atau crepe pan yang khusus untuk membuat crepe. Kalau untuk ketebalan kulit pisang ijo, bisa disesuaikan dengan selera masing-masing.

Pastikan kulit pisang ijo tidak berlubang saat dimasak supaya hasilnya lebih bagus. Setelah matang, segera bungkus pisang supaya kulitnya tidak kering.

Lakukan sampai pisang dan adonan kulit habis. Setelah itu, tutup pisang ijo yang sudah siap dengan plastik supaya tidak kering.

5. Campurkan semua bahan untuk membuat bubur sumsum

Resep Es Pisang Ijo Karamel ala Rumahan, Cocok buat Buka Puasailustrasi saat mencampurkan semua bahan untuk membuat bubur sumsum (youtube.com/Devina Hermawan)

Setelah pisang selesai digulung, selanjutnya membuat bubur sumsum sebagai pendamping es pisang ijo. Siapkan panci, lalu masukkan semua bahan seperti tepung beras, tepung beras ketan, susu, santan, daun pandan, dan garam secukupnya.

Aduk terus sampai semua bahan tercampur rata dan tidak menggumpal dengan balloon whisk. Masak sampai bubur sumsum kental atau mendidih. Pastikan bubur sumsum benar-benar matang. Sembari itu, siapkan panci lain untuk memasak saus karamelnya.

Masukkan semua bahan seperti gula palem, gula pasir, mentega, tepung maizena, dan susu sesuai takaran. Aduk sampai semua bahan tercampur rata. Tunggu sampai saus karamel mengental dan mendidih.

6. Cara penyajian es pisang ijo

Resep Es Pisang Ijo Karamel ala Rumahan, Cocok buat Buka Puasailustrasi saat menyajikan es pisang ijo (youtube.com/Devina Hermawan)

Siapkan mangkuk. Kemudian ambil bumbur sumsum dan taruh di paling bawah. Setelah itu, tambahkan es batu atau es serut. Kalau ingin menyantap kudapan ini versi hangat, kamu tidak perlu menambahkan es.

Lalu, jangan lupa memotong-motong pisang ijo sesuai selera. Bisa memanjang atau bulat. Tata pisang ijo di atas mangkuk. Yang terakhir, siram dengan saus karamel.

Selain saus karamel, kamu bisa menggunakan jenis saus lain yang kamu suka, lho. Es pisang ijo sebenarnya identik dengan sirup warna merah khas Makassar, tetapi dengan saus karamel pun rasanya tetap segar dan nikmat.

Sebelum disantap, jangan lupa untuk mengaduk es pisang ijo supaya saus karamelnya tercampur rata. Dengan resep di atas, kini kamu bisa membuat sendiri es pisang ijo di rumah sebagai kudapan manis untuk berbuka puasa.

Baca Juga: Resep Kolak Biji Salak Ubi Ungu yang Mudah dan Pastinya Lezat

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topik:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya