Comscore Tracker

Resep Potato Tomato Soup yang Nagih, Cocok Disantap untuk Sarapan

Ditambah roti semakin nikmat, lho!

Dengan banyaknya resep menu sarapan simpel di media sosial, saat ini kamu tak perlu khawatir telat ke kantor karena memasak di pagi hari. Misalnya, menu potato tomato soup yang ringan, segar, serta mudah dibuatnya.

Berbahan dasar kentang dan tomat, sup ini cukup mengenyangkan saat disantap sebagai menu sarapan, lho. Ini dia resep potato tomato soup yang rasanya semakin nikmat saat disajikan dengan roti.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Potato Tomato Soup yang Nagih, Cocok Disantap untuk Sarapanilustrasi kentang (unsplash.com/lmablankers)

Saat akan membuat potato tomato soup, pastikan kalian menyiapkan bahan-bahan berikut ini, ya!

  • ½ buah kentang ukuran sedang
  • 2 buah tomat
  • 1 siung bawang putih
  • 1/4 bawang bombay
  • 5 sdm air atau secukupnya
  • 1 sdm mentega
  • Lada secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya

 

2. Potong dadu kentang dan tomat

Resep Potato Tomato Soup yang Nagih, Cocok Disantap untuk Sarapanilustrasi mempersiapkan bahan masakan (unsplash.com/conscious_design)

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong bahan utama yakni kentang dan tomat berbentuk dadu atau sesuai selera. Lalu, rebus kentang yang sudah dipotong menggunakan panci dengan api sedang.

Kemudian, cincang bawang putih dan bawang bombay. Kalau kamu ingin sup lebih bertekstur dan renyah, maka bawang bombay cukup diiris tipis saja.

Baca Juga: 5 Sup Ayam Khas Amerika Utara, Segar Kuahnya Bikin Ketagihan!

3. Tumis bawang putih dan bawang bombay

Resep Potato Tomato Soup yang Nagih, Cocok Disantap untuk Sarapanilustrasi memasak (unsplash.com/conscious_design)

Masukkan bawang putih dan bawang bombay yang sudah dicincang menggunakan pan dengan sedikit minyak goreng atau mentega. Tumis hingga mengeluarkan bau harum.

Lalu tambahkan tomat, tumis hingga layu atau lembek. Setelah itu, tambahkan air secukupnya, tunggu mendidih.

Ada dua pilihan dalam mengolah kentang di tahap ini, menggunakan blender atau cukup ditumbuk kasar. Untuk sup yang lebih bertekstur, cukup hancurkan kentang dengan sendok saat dimasak.

4. Masak tomat dan kentang bersamaan

Resep Potato Tomato Soup yang Nagih, Cocok Disantap untuk Sarapanilustrasi memasak (unsplash.com/lecreuset)

Sebelum dimasak, gunakan blender untuk menghaluskan tumisan tomat dan kentang rebus agar menghasilkan tekstur sup yang lembut. Kalau kamu ingin tekstur sup yang kasar, maka cukup dihancurkan dengan sendok saat dimasak.

Setelah dihaluskan, masak kembali kedua bahan tersebut dengan api sedang. Lalu, tambahkan gula, garam, dan lada secukupnya sesuai dengan selera. Setelah mendidih, angkat potato tomato soup dan taruh di dalam mangkuk.

5. Cara penyajian

Resep Potato Tomato Soup yang Nagih, Cocok Disantap untuk Sarapanpotato tomato soup (instagram.com/rbfoodandlife)

Kalau hanya sup saja, tampaknya akan kurang lengkap dan kurang mengenyangkan saat disantap sebagai menu sarapan. Oleh karena itu, sup ini akan lebih nikmat saat disantap dengan pitta bread atau garlic naan bread.

Namun kalau kalian tidak punya jenis roti di atas, maka cukup sediakan dua lembar roti tawar, lalu potong dadu dan masak di atas pan dengan menggunakan mentega secukupnya.

Bagi kamu yang tidak terbiasa sarapan dengan nasi atau makanan berat lainnya, tampaknya potato tomato soup ini cocok untuk disantap di pagi hari. Meskipun sederhana, sup ini memiliki cita rasa yang segar, gurih, dan asin.

Baca Juga: 9 Fakta Sup Kacang Merah, Sup Paling Sehat di Tiongkok

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya