Comscore Tracker

Resep Tumis Teri ala Korea yang Praktis, Cuma Butuh 5 Menit!

Lauk saat mendadak lapar di tengah malam

Tentu sebal rasanya kalau lapar menyerang secara mendadak saat tengah malam. Namun, saat membuka lemari es, stok bahan makanan yang ada cukup terbatas.

Jangan khawatir, kamu bisa memasak tumis teri ala Korea dengan bahan-bahan yang sederhana, nih. Meski di Korea masakan ini hanya sebagai makanan pendamping saja, tetapi rasanya tidak kalah lezat saat dicampur nasi putih hangat.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Tumis Teri ala Korea yang Praktis, Cuma Butuh 5 Menit!ilustrasi bahan-bahan (instagram.com/moonsungsil)

Bahan-bahan:

  • 4 siung bawang putih
  • 2 buah cabai hijau
  • 2 buah cabai merah
  • 1 buah daun bawang
  • 200 gram teri nasi
  • 1 sdm kecap asin
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm sirup jagung
  • 1 sdm air
  • biji wijen panggang secukupnya

2. Sangrai teri nasi sampai berwarna kecokelatan

Resep Tumis Teri ala Korea yang Praktis, Cuma Butuh 5 Menit!ilustrasi saat menyangrai teri (instagram.com/jmom_table)

Sebelum memasak, pastikan kamu memilih ikan teri berkualitas yang tentu bisa dilihat dari kondisinya yang tidak hancur, kepalanya masih utuh, dan benar-benar kering. Kalau kesulitan mendapatkan ikan teri nasi, kamu bisa menggunakan jenis jengki atau medan.

Sebelum dicampur dengan bumbu, kamu perlu menyangrai teri nasi terlebih dahulu. Panaskan wajan dengan api kecil saja. Kemudian, masukkan teri nasi dan sangrai sampai warnanya berubah menjadi kecokelatan. Angkat dan sisihkan.

3. Potong cabai, daun bawang, dan bawang putih

Resep Tumis Teri ala Korea yang Praktis, Cuma Butuh 5 Menit!ilustrasi saat memotong bawang putih (youtube.com/rosemerry)

Sebelum dicampur dengan teri nasi, potong-potong cabai merah, cabai hijau, daun bawang, dan bawang putih terlebih dahulu sesuai selera. Bagi kamu yang suka masakan pedas bisa juga ditambah dengan cabai rawit, nih.

Setelah itu, siapkan wajan atau pan dengan minyak goreng secukupnya. Cukup pakai api sedang saja supaya tidak hangus. Kemudian, masukkan potongan bawang putih, cabai merah, daun bawang, dan cabai hijau. Tumis sampai mengeluarkan aroma yang harum.

Baca Juga: Resep Tumis Kailan dan Tahu Sutra, Lauk Simpel yang Lezat

4. Racik saus dalam mangkuk kecil

Resep Tumis Teri ala Korea yang Praktis, Cuma Butuh 5 Menit!ilustrasi saat meracik saus dalam mangkuk (youtube.com/rosemerry)

Makanan pendamping di Korea sebenarnya cukup sederhana, lho. Bahkan, tumis teri ini hanya membutuhkan beberapa bumbu atau saus yang biasa diracik terlebih dahulu dalam mangkuk kecil.

Bumbu atau saus tumis teri ala Korea ini hanya membutuhkan kecap asin, sirup jagung, gula pasir, air, dan taburan biji wijen panggang. Aduk dengan sendok sampai semuanya tercampur rata. Jika sudah, tuangkan ke dalam wajan.

5. Aduk rata saus dan teri nasi

Resep Tumis Teri ala Korea yang Praktis, Cuma Butuh 5 Menit!ilustrasi saat memasak tumis teri (instagram.com/jmom_table)

Saat bumbu atau saus mendidih, barulah kamu tambahkan teri nasi yang telah disangrai. Aduk dengan spatula sampai teri nasi dan sausnya tercampur secara merata. Setelah saus dirasa telah meresap, angkat dan sisihkan.

Di Korea, tumis teri menjadi makanan pendamping yang wajib ada di meja makan. Selain bahan-bahan di atas, kamu juga bisa menambahkan kacang-kacangan ke dalam tumisan teri supaya tekstur dan rasanya kian beragam.

Sebelum disantap, kamu bisa mengaduk tumis teri dan nasi putih hangat terlebih dahulu sampai tercampur merata. Buat kamu yang kerap merasa lapar saat tengah malam, tumis teri ala Korea ini bisa menjadi solusi dengan bahan-bahan yang sederhana.

Baca Juga: 5 Olahan Ikan Teri Crispy, Garingnya Bikin Betah Ngunyah

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya