Comscore Tracker

Resep Udang Bakar Madu Khas Resto Pakai Teflon, Cuma 10 Menit Masaknya

Pencinta udang pastinya gak bisa menolak, nih!

Udang adalah salah satu jenis seafood paling digemari yang dikenal tinggi akan protein. Selain diketahui tinggi protein dan rasanya yang lezat, udang tentu juga banyak dikonsumsi karena harganya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan kepiting maupun lobster.

Di Indonesia, ada banyak teknik untuk mengolah udang menjadi hidangan yang lezat. Salah satunya dibakar dan diolesi dengan bumbu ala restoran Sunda. Tetapi, tentu saja kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan bahan dan peralatan yang mudah. 

Hanya butuh sekitar 10 menit saja, ini dia resep memasak udang bakar madu khas restoran Sunda dengan teflon ala Devina Hermawan. Yuk, coba bikin di rumah!

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Udang Bakar Madu Khas Resto Pakai Teflon, Cuma 10 Menit Masaknyailustrasi bahan-bahan untuk marinasi dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Bahan utama:

  • 500 gr udang utuh
  • ⅓ sdt garam
  • ¼ sdt merica
  • 1 buah jeruk nipis

Bahan saus madu:

  • 3 sdm madu
  • 2 sdm saus tomat
  • 2 sdm saus sambal rasa bawang putih
  • 1 sdm saus tiram
  • 2 sdm margarin
  • 2 sdm air

2. Marinasi udang dengan garam, merica, dan jeruk nipis

Resep Udang Bakar Madu Khas Resto Pakai Teflon, Cuma 10 Menit Masaknyailustrasi saat proses marinasi udang dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Tak perlu dikupas, tetapi cukup bersihkan udang dengan memotong ujung kepalanya atau bagian yang tajam. Setelah itu, belah punggung udang dengan pisau untuk membersihkan kotorannya. Ulangi hingga semua udang benar-benar bersih.

Kemudian, siapkan mangkuk untuk proses marinasi udang. Masukkan garam, merica, dan perasan jeruk nipis. Roll jeruk nipis terlebih dahulu supaya airnya lebih mudah keluar. Aduk merata dengan spatula, lalu diamkan selama beberapa menit.

Baca Juga: 5 Olahan Udang Khas Jepang dengan Cita Rasa Autentik, Oishi!

3. Racik saus madu dalam mangkuk

Resep Udang Bakar Madu Khas Resto Pakai Teflon, Cuma 10 Menit Masaknyailustrasi saat meracik saus madu dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Bila kamu memakai udang yang berukuran besar, hindari memasaknya secara bersamaan dengan saus supaya dagingnya matang dengan sempurna. Maka dari itu, racik saus untuk bumbu bakar pada mangkuk yang berbeda sembari udang dimarinasi.

Tambahkan madu, saus tomat, saus sambal rasa bawang putih, saus tiram, dan margarin. Bila kamu menyukai aroma bawang putih, bisa juga menambahkan bawang putih cincang. Gunakan margarin yang sudah dalam suhu ruang supaya lebih mudah diaduk.

4. Masak udang yang sudah dimarinasi dengan teflon

Resep Udang Bakar Madu Khas Resto Pakai Teflon, Cuma 10 Menit Masaknyailustrasi saat memasak udang dengan teflon dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Gunakan teflon berukuran besar supaya proses memasak udang lebih mudah. Beri minyak goreng secukupnya, kemudian masukkan udang yang sudah dimarinasi satu per satu. Lalu beri jarak saat memasak udang karena jenis seafood ini mengeluarkan banyak air.

Selain itu, hal ini juga bertujuan supaya memberi aroma terpanggang pada udang meskipun kamu memasaknya dengan memakai teflon. Masak udang terlebih dahulu hingga setengah matang, kemudian barulah masukkan saus madu.

5. Masak sebentar udang dan saus madu

Resep Udang Bakar Madu Khas Resto Pakai Teflon, Cuma 10 Menit Masaknyailustrasi saat menuangkan saus madu pada udang dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Bila saus madu sudah dicampurkan dengan udang, maka cukup dimasak sebentar supaya saus yang cenderung bercita rasa manis ini tidak gosong. Selain itu, memasak madu pada suhu yang tinggi juga dikhawatirkan akan mengurangi nutrisi yang terkandung, lho.

Namun pada pembuatan saus, madu bisa diganti dengan kecap manis atau golden syrup. Setelah udang matang dan saus meresap dengan sempurna, angkat dan suguhkan dengan nasi hangat untuk lauk makan keluarga, nih.

Dengan proses memasak yang membutuhkan waktu sekitar 10 menit, kamu bisa membuat udang bakar saus madu ini untuk lauk bekal sekolah maupun ngantor, lho. Tentunya bahan-bahan yang digunakan juga mudah dan simpel, nih. Yuk, coba bikin sendiri di rumah!

Baca Juga: 11 Tips Membuat Udang Krispi ala Bu Rudy yang Renyah Tahan Lama

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya