Comscore Tracker

10 Tips Membuat Selai Nanas yang Tahan Lama, Perhatikan Cara Masaknya

Perhatikan pula cara penyimpanannya

Nastar identik sebagai salah satu kue kering dengan isian selai nanas yang wajib ada saat Idulfitri. Namun, kebanyakan orang kini mulai membuat nastar untuk camilan atau teman saat minum teh sehari-hari.

Selai nanas tentu menjadi kunci kelezatan dari nastar yang kita buat. Cara membuat selai nanas pun sebenarnya tak terlalu sulit.

Sayangnya, selai nanas sering kali mudah berjamur dan lengket saat matang Untuk menghasilkan selai nanas yang awet dan berserat, berikut beberapa tips membuat selai nanas. Simak sebelum membuat nastar, ya!

1. Pilih buah nanas yang ranum, berwarna kuning tua, aromanya wangi, dan tidak ada cacat. Nanas madu sangat direkomendasikan!

10 Tips Membuat Selai Nanas yang Tahan Lama, Perhatikan Cara Masaknyailustrasi nanas yang telah matang (pexels.com/Carlo Martin Alcordo)

2. Kupas nanas dengan membuang bagian matanya agar tidak gatal di lidah saat dikonsumsi. Cuci hingga benar-benar bersih

10 Tips Membuat Selai Nanas yang Tahan Lama, Perhatikan Cara Masaknyailustrasi nanas yang telah dikupas (instagram.com/c_cinlie)

3. Pastikan alat atau wadah membuat selai nanas kering dan bersih. Jangan memakai yang berbahan alumunium karena akan mempengaruhi rasa dan warna selai

10 Tips Membuat Selai Nanas yang Tahan Lama, Perhatikan Cara Masaknyailustrasi alat-alat memasak (pexels.com/Kelly L)

4. Untuk membuat selai yang berserat, cukup parut atau cacah nanas. Hindari menghaluskan dengan blender karena tekstur jadi seperti bubur dan berair

10 Tips Membuat Selai Nanas yang Tahan Lama, Perhatikan Cara Masaknyailustrasi nanas yang telah diparut (instagram.com/rendangandrice)

5. Masak nanas hingga mengental, lalu masukkan gula. Memasukkan gula belakangan akan membuat tekstur nanas lebih kesat

10 Tips Membuat Selai Nanas yang Tahan Lama, Perhatikan Cara Masaknyailustrasi saat memasak selai nanas (instagram.com/c_cinlie)

Baca Juga: 6 Fakta Manisnya Nastar, Kue Lezat untuk Camilan Hari Raya

6. Untuk membuat selai nanasnya tahan lama, kamu bisa menaburi lagi gula di bagian atasnya setelah dimasukkan ke dalam wadah

10 Tips Membuat Selai Nanas yang Tahan Lama, Perhatikan Cara Masaknyailustrasi selai nanas yang telah dimasukkan ke dalam wadah (instagram.com/c_cinlie)

7. Selain nanas, kamu juga bisa memadukannya dengan pepaya atau tambahkan bahan aroma lain, seperti kayu manis, lemon, dan vanili bubuk

10 Tips Membuat Selai Nanas yang Tahan Lama, Perhatikan Cara Masaknyailustrasi potongan nanas, kayu manis, dan gula (instagram.com/thepetitechef)

8. Garam juga berperan sebagai pengawet alami. Tambahkan sejumput garam saat proses memasak selai. Tenang, gak bakal mempengaruhi rasa, kok

10 Tips Membuat Selai Nanas yang Tahan Lama, Perhatikan Cara Masaknyailustrasi garam (pexels.com/Tara Winstead)

9. Supaya tidak lengket, aduk selai hingga ke dasar wajan terutama saat hampir matang. Cukup masak dengan api sedang

10 Tips Membuat Selai Nanas yang Tahan Lama, Perhatikan Cara Masaknyailustrasi saat memasak selai nanas (instagram.com/itsbitebite)

10. Saat matang, diamkan selai hingga suhu turun. Simpan di wadah kedap udara dan taruh ke dalam kulkas. Jauhkan dari makanan berbau tajam

10 Tips Membuat Selai Nanas yang Tahan Lama, Perhatikan Cara Masaknyailustrasi selai nanas yang telah dimasukkan ke dalam wadah (instagram.com/c_cinlie)

Dengan tips-tips di atas, tak sulit membuat selai nanas untuk isian nastar, kan? Karena selai nanas merupakan kunci kelezatan dari nastar, tentu kamu harus memperhatikan bahan hingga proses memasaknya, nih.

Baca Juga: 5 Ide Olahan Berbuka dari Sisa Selai Nanas yang Gampang Dibikin

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya