Comscore Tracker

10 Tips Membuat Teri Krispi yang Renyah dan Tahan Lama, Gampang!

Ikan teri perlu direbus dulu supaya renyah

Ikan teri menjadi salah satu jenis seafood yang kerap digunakan sebagai topping nasi goreng. Bahkan, saat ditaburkan di atas nasi hangat, ikan teri akan membuat nafsu bertambah. Nah, kamu bisa membuat teri krispi dengan baluran tepung yang super renyah, nih.

Meskipun terlihat mudah, tetapi cara memasak yang salah bisa membuat teri kurang renyah dan tidak awet, lho. Pas banget, ini beberapa tips membuat teri kripsi yang renyah dan tahan lama untuk stok di rumah ala Devina Hermawan. Ternyata harus direbus dulu!

1. Biar renyah, rebus teri dengan cuka dan penyedap selama sekitar 5-7 menit. Cek airnya jangan sampai kurang, ya!

10 Tips Membuat Teri Krispi yang Renyah dan Tahan Lama, Gampang!ilustrasi saat akan merebus teri dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

2. Selain itu, merebus teri juga bisa hilangkan bau amis yang menyengat serta mengurangi rasa asin pada ikan, lho

10 Tips Membuat Teri Krispi yang Renyah dan Tahan Lama, Gampang!ilustrasi saat merebus teri dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

3. Saring teri yang sudah direbus, lalu diamkan selama beberapa menit hingga suhunya turun 

10 Tips Membuat Teri Krispi yang Renyah dan Tahan Lama, Gampang!ilustrasi saat menyaring teri yang sudah direbus dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

4. Gunakan api sedang saat memanaskan minyak goreng, ya. Setelah minyak goreng panas, barulah kecilkan api supaya teri bisa kering perlahan

10 Tips Membuat Teri Krispi yang Renyah dan Tahan Lama, Gampang!ilustrasi saat memanaskan minyak goreng dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

5. Untuk bahan pelapis teri, gunakan tepung tapioka dan tepung beras dengan perbandingan 1:1. Beri baking powder supaya lebih renyah

10 Tips Membuat Teri Krispi yang Renyah dan Tahan Lama, Gampang!ilustrasi saat menambahkan tepung untuk baluran teri dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Baca Juga: Resep Nasi Bakar Ikan Teri yang Rasanya Pulen dan Gurih Abis

6. Masukkan teri saat masih lembap supaya lebih mudah terlapisi tepung. Aduk rata dengan tangan hingga teri terlapisi tepung dengan sempurna

10 Tips Membuat Teri Krispi yang Renyah dan Tahan Lama, Gampang!ilustrasi saat memasukkan teri ke dalam tepung dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

7. Hindari menggunakan tepung sisa yang sudah menggumpal atau digunakan sebelumnya supaya teri gak alot dan tetap renyah

10 Tips Membuat Teri Krispi yang Renyah dan Tahan Lama, Gampang!ilustrasi saat memasukkan teri ke dalam tepung dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

8. Saat teksturnya mengering di bagian luar, kamu bisa mengecilkan api kompor. Goreng teri dengan api kecil supaya kering secara perlahan

10 Tips Membuat Teri Krispi yang Renyah dan Tahan Lama, Gampang!ilustrasi saat menggoreng teri dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

9. Untuk menambah cita rasa dari teri kripsi, beri daun jeruk, bawang putih, dan cabai rawit yang dipotong tipis

10 Tips Membuat Teri Krispi yang Renyah dan Tahan Lama, Gampang!ilustrasi saat memotong tipis daun jeruk dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

10. Tambahkan pelengkap saat gak ada lagi gelembung pada minyak goreng. Goreng hingga bawang putih berwarna kekuningan

10 Tips Membuat Teri Krispi yang Renyah dan Tahan Lama, Gampang!ilustrasi saat menggoreng teri dari tangkapan layar YouTube Devina Hermawan (youtube.com/Devina Hermawan)

Dengan mengikuti tips dari Devina Hermawan di atas,  kamu tidak perlu khawatir teri krispimu kurang renyah dan tidak tahan lama, nih. Pastikan kamu juga menyimpannya dalam wadah tertutup atau stoples kaca supaya tidak mudah melempem, ya!

Baca Juga: 5 Resep Mudah dan Nikmat Teri ala Asia, Jepang sampai Indonesia

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya