Comscore Tracker

Resep Bubur Candil, Rasa Klasik dan Legitnya Bikin Kangen!

#MasakItuGampang Legitnya bikin nagih

Bubur candil atau bubur biji salak adalah salah satu bubur yang digemari. Pada saat bulan puasa, biasanya bubur ini banyak ditemui di penjual takjil bersama dengan jenis bubur lainnya. Bulatan candil yang lembut dan lumer di mulut akan terbayang jika melihat bubur ini, apalagi ketika bulan puasa pasti langsung beli.

Ternyata membuat bubur candil tidak sesulit yang dibayangkan lho. Apalagi dengan membuat sendiri, kita bisa nambah sesuka hati. Wah, cek langkah-langkah membuatnya yuk!

1. Menyiapkan bahan yang diperlukan

Resep Bubur Candil, Rasa Klasik dan Legitnya Bikin Kangen!epicurious.com

Bahan A (candil):

  • 200 gr tepung ketan
  • 1/4 sdt garam
  • Air hangat secukupnya

Bahan B (kuah):

  • 200 gr gula merah (sisir)
  • 3 sdm gula pasir
  • 2 lembar daun pandan
  • 750 ml air
  • Garam secukupnya
  • 2 sdm tepung maizena (larutkan dengan sedikit air)

Bahan C (siraman):

  • 200 ml santan kental
  • Garam secukupnya

2. Membuat adonan candil

Resep Bubur Candil, Rasa Klasik dan Legitnya Bikin Kangen!playingwithflour.com

Biasanya beberapa orang mencampur tepung ketan dengan tepung sagu atau tapioka. Candil yang dibuat dengan tepung ketan, akan menghasilkan tekstur yang kenyal namun tetap empuk. 

Adonan candil dibuat dengan mencampur tepung dengan garam terlebih dahulu. Kemudian uleni dengan tambahkan air hangat sedikit demi sedikit hingga adonan kalis dan bisa dibentuk.

3. Membentuk adonan menjadi bulat dan merebusnya

Resep Bubur Candil, Rasa Klasik dan Legitnya Bikin Kangen!kimchimari.com

Adonan yang telah kalis dibentuk menjadi bulatan dengan ukuran kira-kira sebesar buah kelengkeng. Sembari membulati adonan, didihkan air untuk merebus bulatan sehingga dapat menghemat waktu. Setelah air mendidih, masukkan bulatan candil dan rebus hingga bulatan mengapung. Setelah itu, tiriskan hingga dingin.

4. Membuat kuah gula

Resep Bubur Candil, Rasa Klasik dan Legitnya Bikin Kangen!amirahwaznahku.blogspot.com

Kuah dibuat dengan mendidihkan bahan B kecuali larutan maizena. Masukkan seluruh bahan ke dalam panci hingga larut dan mendidih. Setelah itu, masukkan larutan maizena dan bulatan candil yang telah matang ke dalamnya.

Larutan maizena digunakan untuk mengentalkan kuah. Aduk rata hingga kuah mengental dan meletup-letup. Setelah matang, bubur candil siap disajikan.

5. Sajikan bubur candil dengan saus siraman

Resep Bubur Candil, Rasa Klasik dan Legitnya Bikin Kangen!berbagiresep.org

Siraman santan dibuat dengan mencampur santan dengan sedikit garam, supaya lebih gurih. Masak santan dengan api kecil sambil terus diaduk-aduk agar santan tidak pecah. Setelah candil telah disajikan di mangkuk, siram dengan siraman santan sebelum disantap.

Selamat mencoba !

Siwi Tristanti Photo Verified Writer Siwi Tristanti

^^

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya