Comscore Tracker

5 Kesalahan Saat Memanggang Makanan yang Masih Sering Dilakukan

Kesalahan bisa memengaruhi kualitas makanan lho

Saat ini, masyarakat tengah keranjingan dengan olahan makanan panggang. Mereka gemar mendatangi restoran yang memperbolehkan mereka memanggang makanan sendiri. Restoran semacam grill dan barbeque pun mulai menjamur.

Dengan berubahnya kebiasaan ini, tentu tidak ada salahnya untuk sekalian belajar tentang cara memanggang makanan yang benar. Memanggang dengan cara yang benar akan memengaruhi kualitas makanan yang kita konsumsi. Hal ini juga berpengaruh pada kadar nutrisi yang ada di makanan, lho.

Seringnya, masyarakat kita masih sering melakukan kesalahan saat memanggang makanan. Kurangnya pengetahuan membuat hal ini masih sering terjadi.

Berikut 5 kesalahan yang masih sering terjadi saat memanggang makanan.

1. Memilih cara memanggang yang salah

5 Kesalahan Saat Memanggang Makanan yang Masih Sering Dilakukancloudfront.net

Sebelum memanggang, kenali dahulu metode dan bahan bakar dari alat yang kita gunakan. Alat panggang berbahan dasar gas dan arang tentunya memiliki tata cara panggang yang berbeda.

Alat panggang yang apinya dihasilkan dari gas memiliki tingkat panas yang lebih konsisten. Sementara arang yang menghasilkan panas tidak konsisten wajib kita perlakukan lebih hati-hati. Kita perlu tahu waktu yang tepat untuk menaruh makanan yang akan dipanggang agar hasilnya tetap maksimal.

2. Membalik daging terlalu cepat

5 Kesalahan Saat Memanggang Makanan yang Masih Sering Dilakukanbuythermopro.com/

Sebaiknya, kita jangan terlalu sering menyentuh daging begitu menaruhnya di atas panggangan. Biarkan daging tersebut bertahan lebih lama di atas panggangan.

Daging memang membutuhkan waktu yang agak lama untuk matang saat dipanggang. Oleh karena itu, kita tidak boleh terlalu cepat membaliknya. Hal ini justru bisa membuat daging rusak karena masih menempel di tempat panggangan.

Baca Juga: 4 Cara Alternatif Memanggang Kue Tanpa Oven, Hasilnya Tetap Nikmat!

3. Terlalu sering membuka penutup alat panggang

5 Kesalahan Saat Memanggang Makanan yang Masih Sering Dilakukanepicurious.com

Bagi pemula, kita sering khawatir dengan tingkat kematangan makanan. Oleh karena itu, kita jadi sering mengecek makanan yang dipanggang terlalu sering.

Cara ini sebetulnya salah karena jika kita terlalu sering membuka tutup alat pemanggang, makanan justru menjadi lebih lambat matang. Hal ini karena panas di dalam alat pemanggang itu tidak stabil akibat tutup yang terlalu sering dibuka.

4. Terlalu lama membersihkan alat pemanggang

5 Kesalahan Saat Memanggang Makanan yang Masih Sering Dilakukanytimg.com

Membersihkan alat pemanggang sebetulnya mudah. Kita tinggal menambah minyak zaitun agar pemanggang siap digunakan dalam waktu dekat lagi.

Biasakan juga membersihkan alat pemanggang saat masih panas dengan brush yang tersedia. Seringnya, kita masih menunggu hingga dingin yang justru membuat sisa makanan sulit dibersihkan.

5. Menganggap semua sayuran punya waktu matang yang sama

5 Kesalahan Saat Memanggang Makanan yang Masih Sering Dilakukanepicurious.com

Saat memanggang sayuran, perhatikan betul jenis sayuran yang ada. Tidak semua sayuran punya waktu yang sama untuk mencapai tingkat kematangan saat dipanggang.

Sayuran seperti asparagus dan kentang jelas tidak bisa dipanggang secara bersamaan. Kedua sayuran ini membutuhkan waktu yang berbeda agar bisa matang.

Itu tadi kesalahan-kesalahan yang masih sering terjadi saat memanggang makanan. Jangan diulangi, ya!

Baca Juga: 5 Tips Makan untuk Vegetarian Pemula

Sri Mulyati Photo Community Writer Sri Mulyati

Seorang penumpang yang biasa duduk di dekat jendela

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You