Comscore Tracker

10 Kesalahan Dalam Memasak yang Tak Sadar Sering Orang Lakukan

Hayo ngaku kamu pernah juga kan?

Jago masak memang gak mudah. Ada saja tantangannya.

Tidak peduli apakah kamu seorang yang jago masak atau masih amatiran, kamu pasti pernah melakukan kesalahan di dapur. Setidaknya satu kali kamu pernah melakukan kesalahan-kesalahan ini. Berikut ini adalah kesalahan yang tergolong umum namun tanpa sadar sering kamu lakukan saat memasak.

1. Salah menggunakan minyak.

10 Kesalahan Dalam Memasak yang Tak Sadar Sering Orang Lakukanverywell.com

Ada beberapa jenis minyak yang berbeda, contohnya saja minyak zaitun. Kamu mungkin yang awam tentang urusan minyak. Minyak zaitun sebaiknya digunakan untuk menumis atau menggoreng yang prosesnya cepat karena minyak zaitun tidak bisa digunakan untuk suhu yang terlalu panas. Minyak zaitun yang kamu gunakan untuk proses memasak yang lama akan membuat minyak tersebut pecah dan nutrisinya hilang.

2. Memasak daging tidak pada suhu yang tepat.

10 Kesalahan Dalam Memasak yang Tak Sadar Sering Orang Lakukanstyle.hnonline.sk

Daging yang ingin kamu masak langsung dari pasar berbeda dengan daging yang baru keluaar dari kulkas. Daging yang langsung kamu beli dan masak lebih memiliki kematangan yang merata. Tidak seperti daging yang baru keluar dari kulkas. Untuk itu, sebelum memasak daging yang baru keluar dari kulkas, kamu perlu mendiamkannya paling tidak 30 menit agar sesuai dengan suhu ruangan.

3. Kamu tidak menggunakan air yang cukup saat merebus pasta.

10 Kesalahan Dalam Memasak yang Tak Sadar Sering Orang Lakukanvix.com

Apakah kamu pernah mengalami pasta yang saling menempel satu sama lain? Hal itu dikarenakan kamu tidak menggunakan air yang cukup saat merebusnya. Kamu mungkin ingin mengakalinya dengan minyak zaitun, tapi ternyata minyak tidak bisa membantu seperti air.

4. Kamu tidak mencicipi makananmu sebelum menyajikannya.

10 Kesalahan Dalam Memasak yang Tak Sadar Sering Orang Lakukanlivestrong.com

Penting untuk mencicipi dahulu makanan yang sudah kamu masak sebelum kamu mencoba menyajikannya. Mungkin tidak apa-apa jika hanya kamu yang memakannya. Masalahnya adalah saat kamu menyajikannya untuk orang lain, kamu perlu memastikan masakan tersebut memiliki komposisi rasa yang pas.

5. Kamu tidak memotong daging dengan benar.

10 Kesalahan Dalam Memasak yang Tak Sadar Sering Orang Lakukantitissyamsiahblog.wordpress.com

Memotong daging yang salah bisa menyebabkan dagingmu kenyal. Begini tipsnya, kamu harus memotong daging melawan arah seratnya agar daging menjadi empuk saat sudah dimasak. Memotong daging searah dengan serat akan membuat daging jadi alot.

Baca Juga: 7 Trik Memasak dari Juri MasterChef untuk Para Pemula, Berani Coba?

6. Kamu memasak bawang putih terlalu lama.

10 Kesalahan Dalam Memasak yang Tak Sadar Sering Orang Lakukanbugarfit.com

Jika kamu ingin memasak dengan suhu tinggi, maka sebaiknya kamu memasukkan bawang putih pada pertengahan memasak dan bukan di awal. Memasaknya di awal dengan suhu tinggi akan membuatnya gosong.

7. Memasak telur orak-arik dengan api yang terlalu tinggi.

10 Kesalahan Dalam Memasak yang Tak Sadar Sering Orang Lakukanbawarchi.com

Memang memasak telur dengan api tinggi akan membuatnya cepat matang, tapi bisa membuat telur orak-arikmu menjadi kering dan tidak mengembang. Sebaiknya kamu memasak telur dengan api sedang agar mendapat tekstur yang tepat.

8. Membalik daging terlalu sering.

10 Kesalahan Dalam Memasak yang Tak Sadar Sering Orang Lakukanwoman.at

Yang benar adalah kamu membalik daging saat permukaannya sudah masak. Jika kamu sering membaliknya, justru matangnya tidak akan merata. Semakin jarang kamu membalik dagingnya maka itu semakin baik.

9. Kamu tidak membaca resep sampai selesai.

10 Kesalahan Dalam Memasak yang Tak Sadar Sering Orang Lakukanthebabybirds.net

Membaca resep adalah hal paling utama bagi pemula, tapi kebanyakan kesalahan yang terjadi adalah kamu tidak membacanya sampai selesai. Saat kamu sudah membacanya sampai selesai maka kamu akan tahu apa yang harus kamu lakukan saat memasak.

10. Kamu kurang memberikan bumbu atau kebanyakan memberikannya.

10 Kesalahan Dalam Memasak yang Tak Sadar Sering Orang Lakukanartikel.pricearea.com

Yang terakhir ini pasti sering dilakukan oleh siapa saja. Keasinan, kemanisan, terlalu asam atau bahan hambar. Ini semua dikarenakan kamu tidak melakukan pengukuran yang benar saat memasak. Sebagian orang memang menggunakan alat bantu untuk mengukur bumbu dengan benar, sebagian lagi menggunakan insting atau sistem kira-kira dalam memasak. Apapun cara yang kamu pakai, pastikan kamu mencicipinya dulu agar kamu tahu apa yang kurang atau kelebihan.

Baca Juga: Siap Jadi Penguasa Dapur? Ini 8 Website Keren Buat Kamu yang Baru Belajar Memasak!

yummy-banner

Topic:

Berita Terkini Lainnya