Comscore Tracker

5 Tips Meningkatkan Selera Makan Sahur Selama Bulan Ramadan

#RamadanMasaKini Jadi gak malas untuk sahur lagi deh!
“Makan sahurlah kalian, sesungguhnya di dalam sahur terdapat berkah”(HR. Bukhori Muslim)

Sahur adalah sunah puasa. Selama menjalankan ibadah puasa dianjurkan untuk makan sahur pada dini hari agar tubuh tetap fit ketika menjalani aktivitas di siang hari.

Namun, ada beberapa orang termasuk kamu yang kurang bersemangat ketika harus bangun dini hari untuk makan sahur. Nah, itu artinya kamu harus punya tips meningkatkan selera makan sahur selama bulan Ramadan. Apa saja ya tips-nya? Yuk, ikuti 5 tips berikut.

1. Menyiapkan makanan sahur yang meningkatkan selera makan

5 Tips Meningkatkan Selera Makan Sahur Selama Bulan Ramadanpexels.com/Valeria Boltneva

Menyiapkan menu makan sahur yang menggugah selera bisa bikin kamu semangat makan sahur lho. Menu makanan yang enak dapat meningkatkan selera makan sehingga kamu tidak sabar untuk menyantapnya. Jenis makanan yang menggugah selera untuk menu makan sahur bisa kamu pilih sendiri sesuai dengan makanan favorit kamu.

2. Makan sahur bersama akan lebih seru

5 Tips Meningkatkan Selera Makan Sahur Selama Bulan Ramadanpexels.com/rawpixel.com

Selain menu makan sahur yang enak, kamu juga bisa makan sahur bersama-sama agar lebih seru. Makan sahur bersama dengan orang-orang terdekat seperti keluarga akan menambah kedekatan satu sama lain. Dan tidak hanya keseruan yang kamu dapat, tapi kamu juga dapat berkahnya lho. Asyik kan?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Minuman Segar yang Cocok Diminum Saat Sahur!

3. Menambah variasi menu makan sahur agar tidak monoton

5 Tips Meningkatkan Selera Makan Sahur Selama Bulan Ramadanpexels.com/Trang Doan

Menambah variasi menu makan sahur adalah salah satu alternatif yang bisa kamu coba. Jadi menyiapkan makan sahur tidak hanya makanan berat saja tapi juga sediakan menu tambahan seperti buah, kue, dan olahan makanan lainnya. Dengan pilihan yang bervariasi akan menambah selera makan kamu saat berada di meja makan. Menu makanan tidak monoton, makan sahur pun lancar.

4. Menyiapkan minuman hangat yang membuat badan lebih segar

5 Tips Meningkatkan Selera Makan Sahur Selama Bulan Ramadanpexels.com/Valeria Boltneva

Ketika sahur pasti masih menyisakan rasa malas karena sisa-sisa ngantuk dari tidur yang belum full. Tubuh masih terasa lemas dan butuh asupan yang menyegarkan. Nah, kamu juga harus sediakan minuman hangat sebagai asupan cairan yang menghangatkan tubuh sehingga terasa segar kembali. 

5. Tanamkan dalam diri jika tidak makan sahur, siang harinya akan terasa lemas menjalani aktivitas

5 Tips Meningkatkan Selera Makan Sahur Selama Bulan Ramadanpixabay.com/PublicDomainPictures

Membangun semangat untuk makan sahur juga harus dimulai dari dalam diri. Meningkatkan selera makan sahur selama bulan Ramadan juga dapat dilakukan dengan memahami pentingnya makan sahur di malam hari agar aktivitas di siang hari tetap berjalan lancar. Selain makan sahur adalah sunah puasa, makan sahur adalah kebutuhan untuk kebaikan diri sendiri.

Nah, itu tadi 5 tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan selera makan sahur selama bulan Ramadan. Semangat mencoba ya.

Baca Juga: [LINIMASA] Fakta dan Data Arus Mudik Lebaran 2019

Susi Yanti Nurraini Photo Community Writer Susi Yanti Nurraini

Keep shining, keep inspiring! engineer, writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You