Comscore Tracker

Resep Kue Nanas ala Filipina, Legitnya Tahan sampai 5 Hari!

Aroma kuenya wangi dan gak ngebosenin

Nanas merupakan salah satu buah yang dapat diolah menjadi isian dalam pembuatan kue. Selain dijadikan nastar, nanas juga jauh lebih lezat saat diolah menjadi kue nanas ala Filipina atau yang lebih dikenal sebagai pineapple pie.

Cukup gunakan bahan sederhana, kamu bisa membuat kue nanas yang mudah dipraktikkan di rumah, lho. Simak resep dan cara pembuatannya di bawah ini.

1. Bahan-bahan yang diperlukan

Resep Kue Nanas ala Filipina, Legitnya Tahan sampai 5 Hari!bahan-bahan yang diperlukan (pixabay.com/kerdkanno)

Bahan isian:

  • 500 gram nanas yang sudah matang
  • 180 gram gula pasir
  • 150 gram tepung maizena
  • 600 ml air
  • pewarna makanan secukupnya

Bahan kulit:

  • 250 gram tepung terigu
  • 90 ml air 
  • 50 gram gula pasir
  • 27 gram susu bubuk
  • 6 sdm margarin
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdt baking powder

Bahan olesan:

  • 1 butir kuning telur.

2. Kupas dan potong nanas jadi beberapa bagian

Resep Kue Nanas ala Filipina, Legitnya Tahan sampai 5 Hari!nanas (pixabay.com/engin_akyurt)

Siapkan nanas yang sudah matang, lalu kupas dan cuci bersih dengan air mengalir. Potong nanas menjadi kecil-kecil agar mudah untuk dihaluskan.

Setelah itu, masukkan potongan nanas, gula pasir, tepung maizena, garam, dan air ke dalam food processor. Kemudian, haluskan hingga semua bahan menyatu, lalu tuang ke dalam panci.

3. Masak nanas hingga menjadi seperti selai

Resep Kue Nanas ala Filipina, Legitnya Tahan sampai 5 Hari!cara membuat kue nanas (steffisrecipes.com)

Masak adonan isian dengan api kecil sambil diaduk. Kalau warnanya kurang menyala, kamu bisa menambahkan pewarna makanan. Aduk kembali hingga teksturnya menjadi seperti selai, lalu angkat dan diamkan adonan sampai suhu ruang.

Sambil menunggu adonan isian dingin, siapkan wadah bersih lalu masukkan 90 ml air, 50 gram gula pasir, dan 1/2 sendok teh garam. Aduk hingga rata dan gulanya larut sempurna.

Baca Juga: 5 Camilan Enak dari Nanas Kukus, Bisa Jadi Kue yang Lezat!

4. Campurkan semua bahan untuk kulit

Resep Kue Nanas ala Filipina, Legitnya Tahan sampai 5 Hari!cara membuat kue nanas (pixabay.com/hewq)

Siapkan wadah baru, lalu tambahkan 250 gram tepung terigu dan 1 sendok teh baking powder, lalu aduk rata. Masukkan susu bubuk, 90 gram margarin yang sudah dicampur dengan mentega, aduk rata lagi.

Selanjutnya, tambahkan larutan gula dan garam, lalu aduk rata dan masukkan adonan ke dalam plastik. Istirahatkan adonan selama 15 menit agar lebih mengembang sempurna.

5. Pipihkan adonan menggunakan rolling pin

Resep Kue Nanas ala Filipina, Legitnya Tahan sampai 5 Hari!cara membuat kue nanas (pixabay.com/akirevarga)

Siapkan loyang, oles tipis-tipis margarin pada permukaannya. Ambil adonan dari plastik, lalu bagi menjadi dua bagian. Pastikan ada bagian yang besar dan kecil dengan perbandingan 2:1.

Pipihkan adonan besar menggunakan rolling pin, lalu masukkan ke dalam loyang yang sudah dioles tipis dengan margarin. Tuang adonan nanas di atasnya, rapikan supaya adonan menjadi merata.

6. Panggang kue nanas selama 40 menit

Resep Kue Nanas ala Filipina, Legitnya Tahan sampai 5 Hari!kue nanas atau pineapple pie (sugarampsprinkle.com)

Pipihkan adonan kecil selebar loyang, lalu letakkan di atasnya dan rapikan. Tusuk permukaan adonan dengan garpu agar adonan tidak bergelembung saat di panggang.

Selanjutnya, oles permukaan adonan dengan kuning telur, balur tipis-tipis saja, ya. Panaskan oven, panggang selama 40 menit dengan suhu 170 derajat Celsius. Jika sudah matang, angkat dan diamkan selama suhu ruang. Kue nanas ala Filipina siap disajikan.

Gimana, membuatnya gak sulit, kan? Kue nanas nikmat dan legit khas Filipina ini bisa banget kamu jadikan camilan penghilang bosan. Selamat mencoba!

Baca Juga: Resep Kue Nastar 1 Kg, Cocok untuk Suguhan dan Hamper Lebaran

Tamara Febriyanti Photo Verified Writer Tamara Febriyanti

Be youself and do what you like 💜

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya