Comscore Tracker

Resep Kue Kacamata Warna-warni, Teksturnya Kenyal dan Lembut

Perpaduan rasa, tekstur, dan tampilannya gak ngebosenin

Bentuknya yang menyerupai sebuah mata membuat kue jadul ini diberi nama kue kacamata, kue putri noong, dan kue mata roda. Layaknya mata, kue kacamata terdiri dari lapisan singkong kenyal dan lembut yang di tengahnya diberi potongan buah pisang.

Saat akan disajikan, kue kacamata diberi taburan kelapa parut yang sedikit asin. Perpaduan ini membuat kue kacamata ini masih populer. Terlebih, saat ini kue kacamata bisa dikreasikan dengan beragam pewarna makanan yang membuat tampilannya lebih menarik.

Untuk membuat kue kacamata warna-warni caranya gak begitu jauh berbeda dengan kue kacamata biasa. Bedanya hanya terletak pada penambahan pewarna makanan saja.

Buat kamu yang tertarik untuk membuatnya, simak resep kue kacamata warna-warni yang nikmat dan sedap dipandang di bawah ini, yuk. Dijamin ketagihan, deh!

1. Siapkan bahan-bahannya

Resep Kue Kacamata Warna-warni, Teksturnya Kenyal dan Lembutilustrasi singkong (freepik.com/Freepik)

Bahan-bahan:

  • 600 gram singkong
  • 125 gram gula pasir
  • 100 gram kelapa parut
  • 30 ml santan kental
  • 4 buah pisang kepok
  • 2 sdm margarin, lelehkan
  • 1 sdt vanili bubuk
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt pewarna makanan kuning
  • 1/2 sdt pewarna makanan hijau
  • 1/2 sdt pewarna makanan merah muda
  • daun pisang secukupnya

2. Buat adonan kue kacamata dari singkong

Resep Kue Kacamata Warna-warni, Teksturnya Kenyal dan Lembutilustrasi membuat adonan kue kacamata (instagram.com/yuliani_motega)

Setelah dikupas dan dicuci, singkong harus diparut menggunakan parutan kelapa untuk membuat kue kacamata warna-warni. Selesai diparut, peras singkong menggunakan saringan atau kain bersih untuk menghilangkan airnya. Ini dilakukan agar adonan kue kacamata warna-warni yang dibuat gak terlalu lembek.

Setelah itu, campurkan parutan singkong bersama gula pasir, santan kental, margarin, vanili bubuk, dan setengah sendok teh garam di wadah. Kemudian, aduk seluruh bahan hingga tercampur dengan rata.

Kalau sudah, bagi adonan menjadi tiga bagian di dalam wadah berbeda, lalu beri pewarna makanan yang berbeda pada masing-masing adonan. Aduk hingga pewarna makanan tercampur rata dengan adonan.

3. Bungkus adonan kue kacamata

Resep Kue Kacamata Warna-warni, Teksturnya Kenyal dan Lembutilustrasi membungkus kue kacamata (instagram.com/rondut)

Ambil adonan kue kacamata berwarna kuning, merah muda, dan hijau dengan ukuran 1-2 sendok makan. Letakkan di atas daun pisang yang telah dipotong dan ratakan secara memanjang. Pastikan setiap tepi adonan menempel satu sama lain.

Selanjutnya, letakkan setengah potong pisang di tengah adonan kue kacamata warna-warni yang telah ditata di atas daun pisang. Gulung secara perlahan hingga seluruh adonan menutupi seluruh permukaan potongan pisang.

Terakhir, bungkus adonan, seperti membungkus lontong, dan sematkan potongan lidi di kedua ujungnya. Lakukan cara yang sama untuk seluruh sisa adonan kue kacamata warna-warni.

Baca Juga: Resep Kue Thumprint Pandan, Kue Kering Favorit untuk Isian Toples!

4. Kukus kelapa parut dan kue kacamata

Resep Kue Kacamata Warna-warni, Teksturnya Kenyal dan Lembutilustrasi mengukus kue kacamata (instagram.com/yuliani_motega)

Sebelum mengukus adonan kue, campurkan kelapa parut dan setengah sendok teh garam di atas potongan daun pisang terlebih dulu. Kemudian, aduk hingga tercampur rata dan bungkus.

Setelah itu, kukus kelapa parut yang telah dibungkus daun pisang menggunakan panci bersama adonan kue kacamata warna-warni biar gak mudah basi. Kemudian, kukus selama kurang lebih 30 menit hingga matang.

5. Kue kacamata siap untuk dinikmati

Resep Kue Kacamata Warna-warni, Teksturnya Kenyal dan Lembutilustrasi kue kacamata warna-warni (instagram.com/rondut)

Keluarkan kelapa parut dan kue kacamata warna-warni yang telah matang dari panci kukusan. Buka bungkusan daun pisangnya, lalu potong-potong kue kacamata warna-warni menggunakan pisau yang dilapisi dengan plastik agar tidak melengket.

Tata potongan kue kacamata warna-warni di atas piring bersama taburan kelapa parut yang telah dikukus. Perpaduan cita rasa manis dan asin dengan tekstur yang kenyal membuat kue kacamata warna-warni ini paling enak dinikmati bersama segelas teh.

Gimana, kamu tertarik membuat kue kacamata warna-warni ini, gak, nih? Dari penampilannya saja sudah menarik banget. Kalau sudah penasaran, langsung saja mempraktikkan resep di atas, ya.

Baca Juga: Resep Kue Cantik Manis, Kue Tradisional Lezat Berbahan Mutiara

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

The beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya