Comscore Tracker

Resep Kue Mangkok Tepung Beras yang Lembut dan Mekar Sempurna

Teksur, aroma, dan rasanya nikmat banget!

Menjadi salah satu kue tradisional yang masih tetap eksis hingga saat ini, kue mangkok tepung beras sekilas mirip dengan bolu kukus. Dengan bentuk yang sama, nyatanya baik kue mangkok atau pun bolu kukus dibuat dengan bahan dan cara yang berbeda.

Perbedaan yang mencolok terletak pada penggunaan tape, tepung beras, dan tepung terigu pada pembuatan kue mangkok, sedangkan bolu kukus dibuat hanya menggunakan tepung terigu saja. Perbedaan ini membuat tekstur, aroma, dan rasanya turut berbeda.

Membuat kue mangkok tepung beras memang agak sedikit lebih rumit. Gak jarang, kue mangkok tepung beras yang telah kita buat memiliki tekstur yang padat dan gak mekar seperti yang dijual.

Untuk mengatasinya, tentu dibutuhkan teknik khusus untuk membuat kue mangkok tepung beras yang lembut dan mekar sempurna. Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan, salah satunya seperti mengikuti resep kue mangkok tepung beras berikut ini. Simak yuk!

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Resep Kue Mangkok Tepung Beras yang Lembut dan Mekar Sempurnailustrasi bahan untuk membuat kue (pexel.com/Los Muertos Crew)

Bahan-bahan:

  • 180 gr tepung beras
  • 120 gr tape singkong, haluskan
  • 160 gr gula pasir
  • 4 sdm tepung terigu protein sedang
  • 1 sdt ragi instan
  • 1/2 sdt baking powder (double acting)
  • 1/2 sdt garam
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 300 ml air
  • pewarana makanan secukupnya

2. Buat adonan kue mangkok

Resep Kue Mangkok Tepung Beras yang Lembut dan Mekar Sempurnailustrasi membuat adonan kue mangkok tepung beras (instagram.com/cookingwithlenny)

Pertama-tama, campurkan tepung beras, tape singkong, gula pasir, tepung terigu protein sedang, ragi instan, garam, dan air menggunakan chopper, blender ataupun whisk. Campurkan seluruh bahan dengan kecepatan sedang hingga adonan benar-benar lembut dan gak menggumpal. 

Tambahkan vanili bubuk dan baking powder (double acting) agar kue mangkok tepung beras lebih mengembang. Aduk seluruh bahan hingga benar-benar tercampur rata menggunakan spatula.

Baca Juga: Resep Kue Mangkok ala Ny. Liem, Mekarnya Menggugah Selera

3. Saring dan diamkan adonan kue mangkok

Resep Kue Mangkok Tepung Beras yang Lembut dan Mekar Sempurnailustrasi menyaring adonan kue (instagram.com/echi_raffani)

Sebaiknya saring adonan kue mangkok tepung beras untuk memastikan gak ada bahan yang menggumpal di dalam adonan. Selanjutnya, tutup wadah adonan dengan kain bersih atau plastik wrap, lalu diamkan selama kurang lebih 45 menit hingga adonan mengembang.

Jika adonan telah mengembang, aduk kembali untuk menghilangkan udara yang terperangkap di dalam adonan. Kemudian bagi adonan kue mangkok tepung beras menjadi beberapa bagian di dalam mangkuk yang berbeda. Beri 2-3 tetes pewarna makanan di setiap adonan dan aduk-aduk kembali hingga tercampur rata.

4. Tuang adonan ke dalam cetakan, lalu kukus

Resep Kue Mangkok Tepung Beras yang Lembut dan Mekar Sempurnailustrasi kue mangkok yang telah dikukus (instagram.com/mbokke_syazasyam)

Sebelum adonan dimasukkan ke dalam cetakan plastik, aduk adonan kue mangkok setiap kali akan dituangkan untuk memastikan gak ada udara dan buih yang tersimpan di dalam adonan. Setelah itu, tuangkan adonan ke dalam cetakan plastik. Tuangkan adonan kue mangkok tepung beras hingga memenuhi cetakan plastik.

Hindari untuk mendiamkan adonan terlalu lama di suhu ruangan. Karena itu, pastikan panci kukusan telah dipanaskan selama 15 menit terlebih dulu dan tutup panci kukusan telah dilapisi dengan kain bersih.

Setelah adonan dituang ke dalam cetakan, langsung masukkan seluruh cetakan berisi adonan kue mangkok tepung beras ke dalam panci kukusan. Kukus kue mangkok tepung beras selama kurang lebih 25 menit menggunakan api besar.

5. Kue mangkok tepung beras siap dinikmati!

Resep Kue Mangkok Tepung Beras yang Lembut dan Mekar Sempurnailustrasi kue mangkok tepung beras (instagram.com/dhora_kusumadewi)

Setelah kue mangkok tepung beras matangkeluarkan dari panci kukusan dan biarkan dingin di suhu ruangan. Jika telah kue telah dingin, keluarkan kue mangkok tepung beras dari cetakan plastik secara perlahan dengan bantuan gagang sendok makan. 

Kue mangkok tepung beras yang kamu buat dengan resep ini dijamin bakal lebih lembut dan mekar dengan sempurna. Apalagi saat dinikmati bersama segelas teh hangat atau pun kopi hangat bersama keluarga, rasanya jadi makin nikmat.

Jika kamu gak punya stok tape singkong, kamu bisa mengganti tape singkong dengan nasi atau pun tanpa menggunakan keduanya. Caranya bikinnya tetap sama, kok. Selamat mencoba!

Baca Juga: 6 Camilan Berbahan Dasar Tepung Beras, Punya Cita Rasa yang Nikmat

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

The beginner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya