Comscore Tracker

Resep Praktis Gimbap Lipat, Makanan yang Lagi Ngetren di Korea

Cocok dijadikan bekal

Bagi para pencinta drama Korea, pasti sudah tidak asing dengan hidangan yang satu ini. Gimbap adalah hidangan yang berasal dari Korea yang terbuat dari nasi, potongan sayuran, daging, telur, yang kemudian digulung dalam selembar nori atau rumput laut kering.

Hidangan ini disajikan untuk dimakan saat piknik, acara outdoor, dan dapat disajikan sebagai makan siang bersama dengan kimchi ataupun ramyun.

Seringkali dibuat dengan cara digulung, kali ini gimbap hadir dengan bentuk persegi dan dibuat dengan cara dilipat. Buat yang penasaran, yuk simak resepnya!

1. Siapkan bahan-bahannya

Resep Praktis Gimbap Lipat, Makanan yang Lagi Ngetren di KoreaInstagram.com/tulip_kitchen0122

Bahan-bahan (untuk 3 gimbap) :

  • 3 butir telur ayam
  • 1 kaleng beef luncheon
  • 3 lembar slice cheese
  • 1 mangkuk nasi
  • 3 lembar nori ukuran besar (rumput laut kering)
  • 6 sdt minyak goreng
  • ½ sdt garam
  • Sejumput lada bubuk

2. Panggang beef luncheon dan buat telur dadar

Resep Praktis Gimbap Lipat, Makanan yang Lagi Ngetren di KoreaInstagram.com/tulip_kitchen0122

Keluarkan beef luncheon dari kaleng, potong-potong beef luncheon sesuai selera, lalu goreng di atas teflon yang sudah dipanaskan dengan menggunakan minyak goreng.

Setelah itu, buat telur dadar dengan menggunakan tiga butir telur ayam. Jangan lupa untuk menambahkan garam dan lada bubuk. Kemudian, kocok telur hingga merata. Lalu, goreng telur hingga matang.

Spam sapi bisa diganti dengan sosis ataupun kornet. Kamu juga bisa menggunakan telur yang diorak-arik atau diberi bumbu tambahan. Sesuaikan saja dengan selaramu!

Baca Juga: Gak Perlu ke Korea, Begini Cara Mudah Bikin Tuna Samgak Gimbap

3. Gunting nori, lalu atur isian di atas nori

Resep Praktis Gimbap Lipat, Makanan yang Lagi Ngetren di KoreaInstagram.com/gimjigyeong9

Siapkan nori dengan ukuran besar yang telah digunting bagian tengahnya lebih dulu. Letakkan selembar slice cheese di atas nori, kemudian letakkan nasi dan ratakan di atas nori. Gunakan nasi secukupnya dan tidak terlalu banyak agar mudah saat dilipat.

Selanjutnya, letakkan dua potong beef luncheon yang telah digoreng. Terakhir, letakkan telur dadar yang sudah dipotong dengan bentuk persegi di atas nori

4. Lipat gimbap

Resep Praktis Gimbap Lipat, Makanan yang Lagi Ngetren di KoreaInstagram.com/hae_jin7934

Biar lebih enak, kamu juga bisa menambahkan mayonnaise dan saos sambal di atas beef luncheon atau dengan menambahkan sayuran seperti selada dan wortel.

Setelah itu, lipat salah satu sisi kimbap mengikuti guntingan nori atau searah jarum jam di empat sisinya, lakukan dengan hati-hati agar isinya tidak tumpah. Tekan-tekan sedikit gimbap agar benar-benar menyatu dengan nori.

5. Gimbap lipat siap disajikan

Resep Praktis Gimbap Lipat, Makanan yang Lagi Ngetren di KoreaInstagram.com/piece017

Agar hasilnya lebih rapi saat dipotong dan disajikan, kamu bisa bungkus gimbap terlebih dahulu dengan menggunakan plastik wrap atau kertas roti. Gimbap lipat siap disajikan!

Sajikan gimbap lipat dalam kotak bekal untuk makan siang di kantor atau dinikmati bersama semangkuk ramyun juga enak. Selamat mencoba!

Baca Juga: 10 Jenis Gimbap Ini Memiliki Ragam Keunikan yang Berbeda, Lezat Semua!

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

Ig : tiamo_tiara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya